Belum Sah Jadi Orang Indonesia Kalau Belum Tahu Kepanjangan Singkatan Ini

Belum Sah Jadi Orang Indonesia Kalau Belum Tahu Kepanjangan Singkatan Ini

Kaligrafi Tulisan Indonesia © visiostyle/Shutterstock

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Menurut Kawan GNFI, apa saja ciri khas orang Indonesia?

Belum merasa makan kalau belum makan nasi?

Mie instan jadi lauk nasi?

Atau ada lagi?

GNFI tambah ya. Kawan GNFI harus tahu dulu kepanjangan singkatan-singkatan ini supaya semakin sah jadi orang Indonesia tulen.

Petani (Penyangga Tatanan Negara Indonesia)

Petani
Petani di Ubud, Bali (5/09/2014) © FiledIMAGE/Shutterstock

Bukan berarti kata ‘petani’ dari kata ‘tani’ ini salah ya. Namun tersohornya Indonesia sebagai negara agraris, dengan suburnya lahan pertanian, membuat profesi petani mempunyai peran penting.

Bahkan di era perjuangan menuju kemerdekaan, profesi petani kala itu sangat mendominasi di kalangan masyarakat. Bung Karno juga ingin mengangkat derajat petani untuk melawan penjajah dengan pemikiran revolusioner yang berbasis pada buruh pabrik.

Bung Karno juga menganggap petani sebagai tulang punggung bagi identitas Indonesia. Oleh karena itu Bung Karno juga lah yang memberikan sebuah kepanjangan khusus untuk kata ‘petani’, yakni sebagai Penjaga Tatanan Negara Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Bung Karno pertama kali pada tahun 1952 di tengah penggaungan swasembada pangan untuk menjaga stabilitas nasional. Oleh karena itu petani selalu dipandang spesial sebagai penjaga ketahanan pangan. Bahkan sampai hari ini ya.

Perkedel (Persatuan Kentang dan Telur)

Perkedel
Perkedel © Foodiz.id

Sebenarnya perkedel sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu frikadel. Frikadel juga termasuk makanan asli Eropa yang penampakannya mirip perkedel punya kita sekarang. Di Jerman dan Denmark, frikadel menjadi salah satu makanan khas di sana.

Makanya ada beberapa sebutan untuk makanan ini seperti frikadeller, frikadellen, buletten, fleischkuechle, dan fleishpflanzerl. Tergantung dari negara mana, tapi bahan dari makanan ini cenderung sama di setiap negara.

Makanan Eropa ini terbuat dari lumatan daging cincang yang kemudian digoreng. Diperkirakan saat Indonesia dijajah oleh Belanda, frikadel sempat dibuat di Indonesia. Hanya saja bagi warga Indonesia, daging sangat sulit didapat sehingga makanan ini dibuat dengan memanfaatkan kentang dari hasil pertanian.

Sedangkan telur digunakan agar adonan kentang yang dihancurkan tadi tetap melekat saat digoreng. Sehingga cenderung mudah untuk dibentuk.

Hingga sekarang perkedel ternyata berkembang ya. Kreasi masyarakat Indonesia melahirkan berbagai perkedel jenis lainnya, seperti perkedel jagung, ubi jalar, dan tahu.

Basa-Basi (Bahas Sana Bahas Sini)

Ilustrasi Basa-Basi
Ilustrasi Basa-Basi © silabuu.blogspot.com

Kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), basa-basi diartikan sebagai adat sopan santun; tata krama pergaulan. Arti lainnya adalah ungkapan yang digunakan hanya untuk sopan santun dan tidak untuk menyampaikan informasi.

Namun, ternyata ada yang menyebutkan kalau basa-basi juga berasal dari kepanjangan 'bahas sana bahas sini'. Memang tidak ditemukan etimologi kata tersebut secara keilmuan. Tapi tetap masuk akal ya. Namanya juga basa-basi, bukan diskusi dan persentasi yang cenderung menyampaikan informasi.

Kalau sesuai dengan KBBI, ternyata basa-basi dapat diartikan sebagai sikap dan perlakuan baik. Karena sebenarnya basa-basi memang diperlukan untuk memulai sebuah obrolan dan menghormati orang yang sedang bersama kita.

Meskipun orang tersebut baru kita kenal. Toh, diawal kita memang berniat baik untuk menjadi relasi dengan orang tersebut ya. Intinya adalah mulai dulu pembicaraan, bukan soal isi dari pembicaraan itu. Ibaratnya, Kawan GNFI sudah buka pintu selanjutnya ya tinggal masuk lewat pintu tersebut.

Putu (Perdagangan Umum Tenaga Uap)

Kue Putu
Kue Putu © Fauzan Maududdin/Shutterstock

Siapa yang di komplek rumahnya masih sering lewat pedagang kue putu?

Kue putu ini sebenarnya berasal dari bahasa Jawa. Sebelumnya dikenal sebagai kue puthu bumbung. Ciri khasnya adalah suara khas seperti orang bersiul yang nyaring dan panjang yang keluar dari semburan udara yang berasal dari lubang kukusan kue ini.

Ada beberapa versi yang menyebutkan asal muasal kue putu hingga menjadi kudapan tradisional khas Indonesia. Ada yang menyebut dari masa kolonial Belanda, ada pula yang mengira ini berasal dari China yang kemudian terjadi akulturasi dengan selera masyarakat Jawa.

Meski begitu bahan baku kue putu, yaitu tepung beras dan gula merah, serta taburan kelapa ini sudah menjadi bahan dasar kuliner khas Indonesia dan Asia.

Jadi, kepanjangan putu sebagai 'perdagangan umum tenaga uap' itu lebih kepada pengertian secara umum, singkat, dan padat akan proses pembuatan kuenya.

Benjol (Bengkak-Menonjol)

Benjol
Benjol kerap terjadi di dahi atau kepala © motherandbaby.co.id

Kalau sesuai KBBI benjol diartikan sebagai bengkak atau bincul pada dahi atau kepala. Sedangkan dalam dunia kesehatan benjol disebut dengan edema.

Benjol bisa terjadi disebabkan oleh bengkak pada jaringan pembuluh darah karena benturan yang terjadi. Pada saat benturan itu terjadi, kulit kepala manusia yang memiliki suplai darah yang melimpah itu akan luka sehingga akan menyebabkan pendarahan di bawah kulit pada daerah yang terkena benturan.

Normalnya, benjol ini akan segera kempes dalam hitungan jam atau paling lama tiga hari. Tapi kalau Kawan GNFI merasa benjolan tersebut tidak kunjung kempes dan menimbulkan rasa sakit yang berlebihan, lebih baik konsultasikan ke dokter, ya.

Doi (Dia Orang Istimewa)

Dia Orang Istimewa
Ilustrasi © Just dance/Shutterstock

Sebenarnya istilah doi pertama kali dan kerap dikenal berasal dari bahasa Inggris yaitu Digital Object Identifier (DOI). Ini merupakan alat pengenal permanen yang digunakan pada suatu dokumen elektronik.

Penggunaannya adalah untuk memberikan catatan ilmiah atau artikel yang mengenali angka-angka secara unik yang dapat digunakan oleh seseorang untuk menempatkan rincian catatan dan salinan elektronik. Sistem DOI lebih ke penggunaan metadata.

Pengertian ‘doi’ sebagai kepanjangan dari ‘Dia Orang Istimewa’ sebenarnya bahasa informal saja karena sebetulnya tidak sesuai dengan kaidah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Istilah ini biasanya digunakan untuk menyebutkan seseorang yang “spesial” yang sering digunakan oleh perempuan yang sedang membicarakan kekasihnya atau gebetannya.

HVS (Hout Vrij Schrift)

Kertas HVS
Kertas HVS © Nikida Store/Bukalapak

Hout Vrij Schrift sendiri memiliki arti kertas tulis dari bahasa Belanda. Atau sering juga diartikan sebagai kertas bebas serat kayu. Kalau sudah tahu begini, memang pengucapannya jadi belibet ya.

Orang Indonesia sebenarnya sudah biasa menyebut ‘kertas HVS’ yang identik dengan kertas yang digunakan untuk mencetak. Kalau sudah kebiasaan begini memang sulit untuk menghindarinya.

Jadi, sudah sah ya jadi orang Indonesia?

--

Sumber: Wikipedia | KBBI Daring | Kumparan | Semaranginside.com | Hai.grid.id | Bobo.grid.id | Borobudurnews.com | Portaljember.Pikiranrakyat.com | Instagram Republika

--

Baca Juga:

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga13%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang6%
Pilih Tak PeduliTak Peduli6%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi31%
Pilih TerpukauTerpukau44%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Pisang Impor Lewat, Pisang Agung Semeru Lumajang Lebih Kaya Nutrisi Sebelummnya

Pisang Impor Lewat, Pisang Agung Semeru Lumajang Lebih Kaya Nutrisi

Sejarah Hari Ini (15 Juli 1985) - Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama Selanjutnya

Sejarah Hari Ini (15 Juli 1985) - Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama

Dini Nurhadi Yasyi
@dininuryasyi

Dini Nurhadi Yasyi

fiksidini.wordpress.com

1 Komentar

  • cantika dewi

    Sangat banyak sekali istilah penting yang ada di Indonesia, oleh karena itu saya bangga sekali menjadi orang indonesia mengenal banyak istilah. Meskipun saya belum paham akan beberapa istilah penting di Indonesia, namun saya akan tetap mencari tahu hal tersebut.

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.