Tren Mobile Legend, Developer Indonesia Bikin Gim Serupa

Tren Mobile Legend, Developer Indonesia Bikin Gim Serupa

Hero yang akan ada dalam gim MOBA Battle of Satria Dewa © Dolanan Keren

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Gim bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) kini memang sangat digandrungi kalangan anak muda, baik di Indonesia maupun internasional. Bahkan saking tersohornya, gim MOBA juga kini menjadi salah satu cabang olahraga baru dengan jenis e-sports.

Indonesia sendiri telah mencetak prestasi pada pertandingan cabang olahraga e-sports saat Asian Games 2018 dan Sea Games 2019 silam. Itu artinya kemampuan para ‘atlet’ e-sports Indonesia patut dipertimbangkan.

Melihat peluang yang masih besar pada pasar gim MOBA ini, pengembang gim lokal juga pada akhirnya mengambil kesempatan dan peluang ini. Mengingat anak muda Indonesia masih sangat berpotensi untuk terus memainkan gim MOBA.

Faktanya, salah satu gim MOBA terpopuler di dunia seperti Mobile Legends saja sudah diunduh lebih dari 100 juta di Playstore dan Appstore, 31 juta diantaranya digemari orang Indonesia.

Dari data itu, artinya kesempatan untuk menarik minat para penggemar masih terbuka lebar. Apalagi jika ditambah dengan sedikit aksen kearifan lokal yang akan menambah keunikan tersendiri pada gim.

Berikut dua gim MOBA hasil karya anak bangsa yang disebut-sebut akan menyaingi Mobile Legends.

Lokapala: Saga of Six Realms

Setelah versi Open Betanya rilis pada Februari 2020 lalu, gim Lokapala kini sudah merilis versi stabilnya sejak 20 Mei 2020 lalu.

Gim Lokapala merupakan gim MOBA pertama buatan asli Indonesia yang dibesut oleh Anantarupa Studios selaku developer dan Melon Indonesia selaku publisher.

Hingga saat ini Lokapala sudah diunduh lebih dari 100 ribu kali di Playstore dan diperkirakan angka tersebut masih terus bertambah.

Selain itu Lokapala juga merupakan kandidat gim lokal yang akan dipertandingkan di Piala Presiden 2020 nanti.

Sentuhan kearifan lokal akan terasa jika Kawan GNFI memainkan gim ini. Unsur-unsur sejarah dan kebudayaan asal Indonesia sangat ditonjolkan. Bahkan beberapa karakter hero diadaptasi dari para petinggi kerajaan Majapahit.

Seperti Ksatriya bernama Nala (Fighter) berperan sebagai Laksamana Angkatan Laut dari Majapahit yang akan membantu Jinno (Tanker) selaku mahapatih.

Jika Kawan GNFI mengenal istilsh hero, maka Lokapala menyebutnya dengan Ksatriya. Secara keseluruhan, Anantarupa sebagai developer, memberikan enam role yang bisa dipakai oleh pemain, yaitu Assassin, Fighter, Mage, Marksman, Support, dan Tank.

Mengutip Brilio, hingga saat ini sudah terdapat 15 Ksatriya yang sudah dirilis dan diungkap bahwa jumlahnya akan terus bertambah. Semuanya menggunakan karakter-karakter unik tokoh legendaris Indonesia.

Battle of Satria Dewa

Kawan GNFI mungkin pernah tahu soal film Semesta Satria Dewa. Selain diproduksi menjadi film, ternyata kisahnya juga diadopsi dalam gim Battle of Satria Dewa.

Gim MOBA kedua asli buatan Indonesia ini hasil besutan BANG Idea Indonesia yang bekerja sama dengan salah satu pengembang gim Semisoft dan perusahaan animasi Lumine.

Battle of Satria Dewa memiliki kelebihan lain yaitu dengan menawarkan gaya brawler, fokus pada team fight, dan tidak akan ada levelling grinding.

Sebenarnya, gim ini belum dirilis secara resmi dan baru akan dilakukan pada Desember 2020 mendatang.

Meski masih lama, sejak Januari 2020 BANG Idea Indonesia sudah menjual beberapa merchandise khusus dan sudah memberikan sedikit bocoran dengan merilis trailer-nya.

Tidak seru sepertinya kalau gim asli Indonesia tidak menonjolkan karakter-karakter khas, ya. Dari bocoran yang diberikan, gim ini akan menghadirkan karakter-karakter Semesta Satria Dewa yang pasti akan langsung dikenal oleh Kawan GNFI.

Seperti Gatot Kaca, Arjuna, Yudhistira, Bharatayudha, Bima, Nakula, Sadewa, Srikandi, dan Kurusetra.

Bukan tanpa alasan nama karakter dalam gim dibuat ‘sangat Indonesia’. Pemilik BANG Ideas Indonesia, Ricky Wijaya mengungkapkan bahwa Battle of Satria Dewi tidak hanya dibuat sekadar gim, tapi memiliki tujuan untuk mengembangkan industri kreatif sekaligus ikut menjaga kebudayaan Indonesia, terutama Pewayangan.

‘’Tak hanya itu, Battle of Satria Dewa akan menjadi cikal bakal game yang menghadirkan IP legend Indonesia pertama di dunia MOBA,’’ kata Ricky dikutip CNBC Indonesia.

Makin tidak sabar, nih, untuk coba MOBA khas Indonesia ini.

--

Sumber: CNBC Indonesia | Mainmain.id | Suara.com | Brilio.net | Hitekno.com | Instagram @lokapala_moba | Instagram @battlesatriadewa

--

Baca Juga:

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Akses Video Streaming Terbaik Ada di Papua Sebelummnya

Akses Video Streaming Terbaik Ada di Papua

Gunakan Bahan Makanan yang Terbuang Percuma, Resto Indonesia di Jerman Jadi Idaman Selanjutnya

Gunakan Bahan Makanan yang Terbuang Percuma, Resto Indonesia di Jerman Jadi Idaman

Dini Nurhadi Yasyi
@dininuryasyi

Dini Nurhadi Yasyi

fiksidini.wordpress.com

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.