Bukit Pink, Jadikan Mandalika Sebagai Sirkuit MotoGP Terindah di Dunia

Bukit Pink, Jadikan Mandalika Sebagai Sirkuit MotoGP Terindah di Dunia
info gambar utama

Kawan GNFI, sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) semakin mempercantik diri untuk menyambut MotoGP Indonesia 2021.

Dalam akun Instagram resmi Mandalika Grand Prix Association (MGPA) yang diunggah pada Sabtu (6/6/2020), diketahui bahwa kini sedang dilakukan proses pembangunan salah satu sisi yang membuat pemandangan sekitar sirkuit jauh lebih indah.

Pembangunan itu adalah menjadikan bukit di sisi barat tribun utama menjadi warna pink, alias merah jambu. Pink Hill--nama lainnya--tentunya bakal menjadi pemandangan bagi pada pebalap ketika akan menyentuh garis finis yang dipesonakan oleh bukit yang memukau.

"Kabar baik di bulan ini datang dari Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan beserta BPDAS NTB telah mendatangkan 5,000 dari 40,000 bibit bunga kertas atau yang kita kenal sebagai tanaman bougenville berwarna merah muda," tulis akun @themandalikagp.

Kumpulan tanaman bougenville itulah yang nantinya akan membentuk bukit pink. Akun tersebut juga menjelaskan bahwa langkah ini masih merupakan langkah awal sebelum nantinya bukit itu akan benar-benar terlihat elok.

Kawan GNFI dapat melihatnya melalui ilustrasi gambar yang disematkan pada akun tersebut.

"Ini masih tahap awal loh, masih ada sekitar 35,000 bibit lagi! Luar biasa bukan? Nantinya bunga-bunga berwarna merah muda nan cantik ini akan menghiasi bukit yang berada di area Mandalika International Street Circuit. Wah jadi makin indah deh sirkuit kebanggaan kita!"

Dari atas bukit ini, penonton pun dapat menyaksikan balapan seluas 360 derajat.

'''Dari bukit pink yang berada di tikungan, penonton bisa melihat pembalap start dan finish,'' kata Direktur Konstruksi dan Operasional, Anak Agung Ngurah Wirawan, beberapa waktu lalu.

Pink Hill Mandalika dibangun dengan biaya sekira Rp5 miliar yang dialokasikan oleh anggaran CSR BUMN. Selain itu, di sisi timur kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata Mandalika seluas 1.200 hektar, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) juga menyiapkan lahan untuk wisata glamour camping (glamping) berkapasitas 1.000 kemah.

"Lahan glamping itu memang disiapkan untuk jambore komunitas otomotif atau perkemahan keluarga wisatawan pecinta outdoor,'' terang Ngurah.

Dengan lokasi di bibir pantai, ITDC menyiapkan 12 shelter untuk dijadikan lokasi darurat seandainya terjadi musibah tsunami.

Sirkuit MotoGP Terindah di Dunia

Bukit pink sejatinya akan melengkapi pengakuan CEO Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta, yang mengatakan bahwa sirkuit Mandalika adalah sirkuit MotoGP terindah di dunia.

Dalam kunjungannya ke kawasan tersebut Oktober tahun lalu, Ezpeleta melihat langsung kemajuan pembangunan sirkuit yang dibangun oleh Mandalika Vinci Grand Project, BUMN asal Prancis.

Ezpeleta tak bisa menyembunyikan kekagumannya atas sirkuit yang berjalan sesuai rencana tersebut.

''Sebagai sirkuit jalan raya pertama di dunia, sirkuit ini menjadi landmark yang sangat indah,'' katanya, menukil Tempo.co.

Secara umum, sirkuit Mandalika akan menjadi trek balap dengan panjang 4,3 kilometer dan memiliki 17 tikungan yang bakal dilakoni oleh para pebalap sekira 24-27 putaran.

Ezpeleta juga menyebut proyek sirkuit Mandalika memiliki keunikan tersendiri. Pertama, sirkuit ini dibangun di lokasi yang cukup indah, dan kedua, sirkuit ini berada di negara yang penduduknya merupakan penggemar terbesar olahraga balap MotoGP.

Sudah bukan rahsia lagi jika Indonesia merupakan pasar utama bagi Dorna Sport untuk menyelenggarakan ajang MotoGP. Dengan jutaan penggemar di negeri ini, tentunya akan menawarkan atmosfer yang cukup kuat saat perlombaan dilangsungkan pada 2021 nanti.

Selain MotoGP, ajang balap lain seperti Superbike World Championship (WSBK) dan Formula 1 (F1) direncanakan juga bakal digelar di sirkuit ini saban tahunnya.

Sementara proses pengembangan proyek yang dipercayakan kepada ITDC, diharapkan berjalan sesuai jadwal dan terus menunjukkan perkembangan yang positif.

Proses pembangunan yang saat ini dilakukan, seperti dilaporkan Indosport, bakal mematuhi protokol pencegahan virus Corona (Covid-19), sehingga dapat menjaga rasa aman dan nyaman bagi para pekerja dalam menjalankan tugasnya.

Gelaran MotoGP Mandalika yang dijadwalkan pada Oktober 2021, juga diharapkan dapat mendongkrak industri pariwisata yang saat ini tengah terjun bebas.

Mendapat Kepercayaan Penuh Dorna Sport

Seperti pernah diberitakan sebelumnya, Dorna Sport menyetujui dan memperpanjang kontrak MotoGP Indonesia menjadi 10 tahun penyelenggaraan pada April lalu, setelah sebelumnya hanya mendapatkan kontrak 5 tahun. Terhitung mulai tahun 2021.

Perpanjangan penyelenggaraan ini, dikatakan tak lepas dari posisi Mandalika sebagai salah satu area wisata potensial di Indonesia.

Mandalika juga masuk dalam program Bali Baru yang dicanangkan pemerintah beberapa waktu lalu yang berada dalam kategori Kawasan Ekonomi Khusus.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini