Balitbangtan Kembangkan Teknologi Perpanjang Umur Telur Ayam

Balitbangtan Kembangkan Teknologi Perpanjang Umur Telur Ayam

Ilustrasi Telur © Metrobali

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Telur ayam memiliki umur simpan yang singkat, sehingga pengaturan pasokan sulit dilakukan dan fluktuasi harga sulit dicegah. Teknologi penanganan untuk mengatasi hal itu pun diperlukan.

"Umur simpan yang singkat ini akhirnya menyebabkan sulitnya mengantisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat di saat permintaan meningkat," ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Fadjry Djufry dikutip Antara.

Fluktuasi harga tersebut, menurut Fadjry, pada dasarnya bukan karena kurangnya produksi nasional, namun terutama disebabkan oleh umur simpan telur yang singkat. Telur hanya memiliki umur simpan sekitar tujuh sampai 14 hari pada suhu ruang.

Untuk itu, Balitbangtan melalui Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen (BBPascapanen) mengembangkan teknologi penanganan telur ayam yang dapat memperpanjang umur simpan. Teknologi penanganan telur tersebut ialah dengan cara melapisi telur menggunakan bahan khusus.

Bahan itu selain dapat memperpanjang umur simpan, juga dapat mempertahankan kesegarannya. Kepala Balai BB Pascapanen Prayudi Syamsuri mengatakan, peningkatan umur simpan ditentukan oleh penanganan telur yang baik dari sejak ditelurkan di kandang hingga siap didistribusikan sehingga sanitasi dan higienitas kandang sangat penting untuk diperhatikan.

"Telur yang dipanen harus segera disortir dan dipisahkan dari yang kotor maupun retak dan abnormal," katanya.

Oleh karena itu, menurut Prayudi, pemberian lapisan khusus (coating) pada telur dapat meningkatkan umur simpan telur menjadi 30 hari di suhu ruang, atau hingga 40 hari di ruangan ber-AC. Lapisan khusus yang dapat digunakan dalam penanganan telur adalah bahan alami berbasis protein serta larutan kapur.

Telur ayam yang sudah diberi lapisan khusus untuk memperpanjang umur penyimpanan hasil inovasi Badan Litbang Pertanian. Foto: Balitbangtan Kementan
Telur ayam yang sudah diberi lapisan khusus untuk memperpanjang umur penyimpanan hasil inovasi Badan Litbang Pertanian. Foto: Balitbangtan Kementan

Teknologi coating telur, dikombinasikan dengan pengaturan suhu yang lebih rendah seperti suhu AC atau suhu lemari pendingin (kulkas), dapat diterapkan jika umur simpan yang dibutuhkan lebih panjang lagi. Misalnya, saat stok telur perlu didistribusikan lebih jauh dari sentra penghasil telur atau saat mengantisipasi peningkatan permintaan di mana persiapan pasokan perlu dilakukan lebih awal.


"Implementasi teknologi ini relatif mudah dan tidak membutuhkan investasi besar," ujar Prayudi.

Sumber: Antara

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
6 PTN Indonesia Masuk Daftar Kampus Terbaik Asia 2020 Versi THE Sebelummnya

6 PTN Indonesia Masuk Daftar Kampus Terbaik Asia 2020 Versi THE

Sebelum Jadi NKRI, Indonesia Punya 7 Negara Bagian, 7 Presiden, dan 7 Bendera Selanjutnya

Sebelum Jadi NKRI, Indonesia Punya 7 Negara Bagian, 7 Presiden, dan 7 Bendera

Indah Gilang  Pusparani
@indahgilang

Indah Gilang Pusparani

http://www.indahgilang.com

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.