Gurita Terdalam Dunia Ada di Palung Jawa

Gurita Terdalam Dunia Ada di Palung Jawa
info gambar utama

Seekor gurita tertangkap kamera hidup di kedalaman 4,3 Mil atau 6.920 meter di bawah permukaan laut Palung Jawa. Ini merupakan temuan gurita terdalam pertama di dunia.

Gurita ini ditemukan oleh kelompok peneliti Ekspedisi Five Deeps, yaitu adalah proyek yang melihat pemodal Texas Victor Vescovo menggunakan kapal selam ke sektor terdalam dari lima samudera utama di Bumi.

Dilaporkan oleh Kumparan, tim peneliti melaporkan temuan itu di jurnal Marine Biology. Mereka mengatakan gurita yang tertangkap kamera merupakan spesies gurita Grimpoteuthis atau populer dengan nama gurita “Dumbo”.

Nama Dumbo sendiri terinspirasi dari tokoh kartun Disney karena bentuk sirip gurita tersebut mirip dengan telinga karakter gajah Dumbo.

Kelompok peneliti tersebut berhasil menjepret gurita tersebut di kedalaman 5.760 meter dan 6.920 meter di Palung Jawa setelah satu setengah tahun menjelajahi dasar laut Samudera Hindia. Kedua hewan tersebut memiliki panjang masing-masing 43 cm dan 35 cm.

"Seperti biasa, kami merekam banyak hal [dalam ekspedisi]. Tapi kemudian tiba-tiba di tengah penyelaman sekitar 6.000 meter, gurita Dumbo ini hanya terbang dengan kamera," ujar Dr Alan Jamieson, ahli Ekologi Laut sekaligus pemimpin ekspedisi, seperti dikutip dari lansiran CNN.

Dr Jamieson. Foto: BBC
info gambar


Jepretan penampakan gurita Dumbo diabadikan menggunakan sistem kamera otonom dari kapal yang dilepaskan di dasar laut. Di kedalaman nyaris 7 ribu meter, kamera hanya menangkap gambar selama empat menit.

"Dan benda ini (gurita) keluar dari kegelapan, merangkak ke kamera. Yakni dumbo octopus yang lainnya," jelas Dr Jamieson dikutip dari lansiran Detik.

Dr Jamieson menjelaskan bahwa hewan yang dapat hidup di kedalaman seperti itu memerlukan adaptasi khusus karena tekanan bawah laut yang tinggi.

“Mereka perlu melakukan adaptasi pada sel dalam tubuh mereka. Jika kita ibaratkan sel seperti balon, sel akan hancur ketika berada pada tekanan tinggi. Jadi, mereka perlu semacam kecerdasan biokimia untuk memastikan dapat hidup,” jelasnya seperti diberitakan oleh BBC.

Gurita Dumbo. Foto: BBC/NOAA Ocean Exploration & Research
Gurita Dumbo. Foto: BBC/NOAA Ocean Exploration & Research



Jamieson berharap penemuan timnya ini mampu mengubah persepsi masyarakat tentang mahkluk yang hidup di laut dalam yang kerap dianggap sebagai monster yang seram dan menakutkan.

"Ini hanyalah gurita kecil yang lucu, dan dia melakukan apa yang biasa gurita lakukan. Tidak ada yang aneh tentang itu," pungkas Jamieson dikutip dari lansiran Detik.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini