UGM Melejit ke Peringkat 254 Dunia, Terbaik di Indonesia Versi QS WUR 2021

UGM Melejit ke Peringkat 254 Dunia, Terbaik di Indonesia Versi QS WUR 2021
info gambar utama

Quacquarelli Symonds (QS), Lembaga pemeringkatan universitas dunia, baru saja merilis peringkat QS World University Ranking (WUR) 2021. Peringkat UGM melejit ke posisi 254 dunia, naik 66 peringkat dibandingkan QS WUR 2020.

UGM berhasil mengukuhkan diri sebagai universitas terbaik di Indonesia menurut QS WUR 2021, ini adalah kali pertamanya UGM berhasil menembus peringkat 300 besar dunia sejak tahun 2014.

Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof. Panut Mulyono, menyambut baik kinerja universitas tahun ini.

“Walaupun ranking bukan tujuan utama yang kita kejar, namun capaian ini adalah prestasi yang sangat membanggakan bagi UGM. Hasil ini membuktikan kepada dunia bahwa UGM mampu bersaing secara global. Capaian ini merupakan hasil kerja keras semua pemangku kepentingan,” kata Panut dikutip dari laman UGM.

Pemeringkatan QS didasarkan pada enam kriteria utama, yaitu academic reputation, employer reputation, citations per faculty, faculty-students ratio, international faculty, dan international students.

Dirilis oleh QS, selain UGM ada 7 universitas di Indonesia yang masuk dalam perankingan, yaitu Universitas Indonesia di peringkat 305, Institut Teknologi Bandung di peringkat 313, Universitas Airlangga di peringkat 521-530, Institut Pertanian Bogor di peringkat 531-540, Institut Teknologi Sepuluh Nopember di peringkat 751-800, Universitas Bina Nusantara di peringkat 801-1000, dan Universitas Padjadjaran di peringkat 801-1000.

Daftar Kampus Indonesia. Foto: TopUniversities
info gambar

Melejitnya peringkat UGM adalah hasil kerja keras dalam melakukan perbaikan di sisi internal, mulai dari program courses untuk mahasiswa asing, meningkatkan jumlah pengajar, mendorong penelitian, hingga membangun kerja sama yang baik dengan berbagai mitra dalam negeri maupun luar negeri.

"Hal tersebut tidak akan membuat kami lengah karena perbaikan kualitas Tridarma harus selalu dilakukan disamping persaingan ke depan tentunya akan semakin ketat," pungkas Prof. Indra Wijaya, Kepala Kantor Jaminan Mutu UGM dikutip laman UGM.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini