Inilah 10 Merek Paling Bernilai di Indonesia 2020

Inilah 10 Merek Paling Bernilai di Indonesia 2020
info gambar utama

Brand Finance bekerja sama dengan Majalah SWA pada awal Juni 2020 lalu merilis daftar 100 Most Valuable Brand 2020 atau perusahaan paling bernilai di Indonesia pada tahun 2020. Pemeringkatan brand value dilakukan dengan memperhitungkan brand strength index, brand royalty rate, dan brand revenue. Selain itu yang diperhatikan dalam penilaian ini mencakup corporate brand dan product brand.

Pada tahun ini, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali meraih peringkat pertama, dan menjadi perusahaan paling bernilai di Indonesia. Artinya, ini menjadi kali keenam Telkom meraih pencapaian ini. Hasil riset dan penilaian Brand Finance mencatat, brand value Telkom berdasarkan data kinerja bisnis tahun 2019 mencapai 4,76 miliar dollar AS, naik 3% persen dibanding tahun sebelumnya yaitu 4,61 miliar dollar AS. Di kancah regional, Telkom mendapat posisi pertama di Asia Tenggara, dan peringkat 33 di dunia.


Sementara itu Bank Rakyat Indonesia berada di peringkat kedua, sekaligus menjadi bank dengan merek paling bernilai di Indonesia pada riset yang diterbitkan oleh Brand Finance: Banking 500 2020. Dalam riset tersebut, valuasi merek Bank BRI ditaksir mencapai 3,5 Miliar Dollar. Bank BRI menduduki peringkat ke 81 dari 500 bank terbaik di dunia dan menjadi peringkat teratas merek bank paling bernilai di Indonesia. Valuasi merek BRI pun meningkat dibanding tahun 2019, dimana pada tahun lalu nilai merek BRI menurut versi Brand Finance tercatat sebesar 3,2 Miliar Dollar.

Sumber: SWA | Brand Finance

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini