Sejarah Hari Ini (20 Juni 1957) - Penyerahan Empat Unit Helikopter di Bandung

Sejarah Hari Ini (20 Juni 1957) - Penyerahan Empat Unit Helikopter di Bandung
info gambar utama

Pada 20 Juni 1957, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Suryadi Suryadarma, menghadiri sebuah acara di pangkalan udara Husein Sastranegara di Bandung, Jawa Barat.

Acara yang dihadiri oleh dirinya yang berpangkat Laksamana Muda Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) itu ialah penyerahan dan peresmian sejumlah unit helikopter.

Terdapat empat unit helikopter buatan Bell Helicopter Corporation, Texas, Amerika Serikat, tersebut.

Laksamana Muda Udara, Suryadarma, berjabat tangan dengan Direktur Indoplano, Kusmargono, dalam acara penyerahan dan peresmian helikopter terbaru Angkada Udara Republik Indonesia.
info gambar

Sesi penyerahan empat unit helikopter untuk AURI dilakukan oleh Kusmargono, Direktur Indoplano yang menjadi agen Bell Helicopter Corporation.

Helikopter yang diserahkan bisa ditumpangi dua penumpang saja.

Spesifikasi lainnya, helikopter tersebut mempunyai daya jelajah 144 kilometer per jam, kecepatan maksimum 160 kilometer per jam, kecepatan naik untuk terbang 324 meter per menit, terbang di ketinggian sampai 14.950 kaki dan capaian terbangnya hingga 246 meter.


Referensi: Star Weekly | Subdisjarah Diswatpersau, "Sejarah TNI Angkatan Udara: 1950-1959"

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini