FOTO: Bus 'Social Distancing' Pertama di Indonesia dari Ungaran

FOTO: Bus 'Social Distancing' Pertama di Indonesia dari Ungaran
info gambar utama

Pandemi Corona belum berakhir. Banyak ahli menyatakan bahwa virus mengerikan ini baru akan pergi jika vaksinnya ditemukan. Dan ini masih perlu waktu. Selagi 'menunggu', maka kita lah yang perlu bersabar dan membiasakan diri dengan kenormalan baru, selagi terus waspada. Dunia transportasi umum, memang menjadi salah satu yang paling terdampak. Salah satunya adalah transportasi darat, di mana bus umum dilarang mengisi muatan penuh. Hal ini pun membuat perusahaan karoseri bus pun menyesuaikan kenormalan baru, dengan mendesain bus yang memberi rasa aman bagi penumpang.

Karoseri bus Laksana, yang berasal dari Ungaran belum lama ini meluncurkan bus yang mengadopsi konfigurasi social distancing, yang menggunakan konfigurasi kursi 1-1-1. Di mana bus terdiri dari tiga bagian, kiri, tengah dan kanan, masing-masing satu kursi. Konfigurasi kursi seperti ini dibuat agar ada jarak antar penumpang sehingga meminimalisasi penyebaran virus corona di dalam kabin bus. Bus standar yang ada di Indonesia selama ini hanya memakai sistem satu lorong, dengan kombinasi seat 1-2, 2-2 atau 2-3.

Tak hanya itu, bus design baru ini juga dilengkapi air purifier yang bisa memfilter udara dan ada juga lampu ultraviolet (UV) yang menurut penelitian bisa menjauhkan virus Corona. Pemaparan sinar UV ini juga hanya dilakukan saat sebelum dan sesudah bus beroperasi. Sehingga penumpang akan menaiki bus yang sudah bersih tanpa terganggu dari sinar yang dipancarkan lampu UV.

“Penambahan lain yaitu adanya jendela geser yang bisa dibuka manual. Penambahan jendela ini untuk mempercepat sirkulasi udara saat bus dibersihkan. Penyesuaian lainnya yaitu kami hilangkan bagasi di plafon kabin,” kata Export Manager Karoseri Laksana, Werry Yulianto, seperti dikutip Kompas.com.

View this post on Instagram

Naik Bus Dimasa Pandemi ini, kenapa tidak? #JanganKawatirSahabatLaksana, kami menghadirkan inovasi dan solusi desain Bus dimasa Pandemi ini. Kami perkenalkan Legacy SR2 #SocialDistancingBus #kangennaikbus #laksanakaroseri #laksanabus #KaroseriLaksana #karoseribus #newconcept #newnormal #covid19 #infiniteinnovation #laksanabuscommunity

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus) on

Inovasi terbaru tersebut diaplikasikan pada bus milik PO Sumber Alam yang bermarkas di Purworejo, Jawa Tengah. Pemilik PO Sumber Alam Anthony Steven Hambali, saat dihubungi MobilKomersial.com mengatakan, dibuatnya bus dengan konfigurasi kursi yang berbeda ini merupakan ide dari pihaknya, yang kemudian “dogodok” bersama dengan pihak Karoseri Laksana. Dirinya juga menceritakan, proses pembuatan bus dimulai dari bulan April, yang kemudian ada gagasan untuk mengubah konfigurasi kursi penumpang dan penambahan HEPA Filter, serta lampu UV. Selama proses tersebut, pihak Karoseri Laksana juga melakukan riset, untuk menerapkan jarak serta penempatan elemen tambahan, agar bus dapat maksimal dipergunakan saat new normal.

==

Sumber:

Maulana, Aditya. “Laksana Luncurkan Bus Social Distancing Dengan Konfigurasi Kursi 1-1-1.” KOMPAS.com, Kompas.com, 4 July 2020, otomotif.kompas.com/read/2020/07/04/124200015/laksana-luncurkan-bus-social-distancing-dengan-konfigurasi-kursi-1-1-1.

Mobilkomersial.com. “PO Sumber Alam Gaet Laksana Luncurkan Bus Social Distancing.” Mobilkomersial.com, mobilkomersial.com/read/4093/PO-Sumber-Alam-Gaet-Laksana-Luncurkan-Bus-Social-Distancing.

Ilm. “Karoseri Laksana Hadirkan Bus 'Social Distancing', Inovasi Kala Pandemi.” Bus, Bus-Truck.id, 5 July 2020, bus-truck.id/bus/karoseri-laksana-hadirkan-bus-social-distancing-inovasi-kala-pandemi/10222.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Laksana Luncurkan Bus Social Distancing dengan Konfigurasi Kursi 1-1-1", https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/04/124200015/laksana-luncurkan-bus-social-distancing-dengan-konfigurasi-kursi-1-1-1.
Penulis : Muhammad Fathan Radityasani
Editor : Aditya Maulana



Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Laksana Luncurkan Bus Social Distancing dengan Konfigurasi Kursi 1-1-1", https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/04/124200015/laksana-luncurkan-bus-social-distancing-dengan-konfigurasi-kursi-1-1-1.
Penulis : Muhammad Fathan Radityasani
Editor : Aditya Maulana

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini