Konser Virtual ''Indonesia Gue Keren'' di Tiga Negara Jelang Hari Kemerdekaan

Konser Virtual ''Indonesia Gue Keren'' di Tiga Negara Jelang Hari Kemerdekaan
info gambar utama

Kawan GNFI, tren konser virtual boleh jadi marak belakangan ini selama pandemi Covid-19. Konser-konser itu diinisiasi atas kebutuhan khusus, ada yang untuk penggalangan dana atau donasi, atau hanya untuk hiburan semata.

Boleh jadi, inilah jawaban bagi para penggila konser, karena selama pandemi ini sangat sulit menyaksikan konser musik.

Jika dulunya untuk menonton konser musik terhalang dengan jarak dan biaya tiket yang tak murah, kini bisa dibilang pandemi Covid-19 membuat semua orang dapat menyaksikan konser virtual dari balik gawai mereka. Gratis pula!

Tak ada lagi batasan jumlah tiket atau persiapan menonton konser yang merepotkan. Kita tinggal duduk manis di depan layar gawai/ponsel, smart TV, atau laptop.

Konser virtual juga memberikan pencerahan secara psikologis, mengingat selama pandemi Covid-19 sebagian masyarakat butuh hiburan.

Bahkan karya baru para musisi yang sebelumnya lazim didengarkan langsung dari konser, kini bisa didengar secara cuma-cuma di berbagai platform, pada Youtube misalnya.

Ide konser virtual nyatanya juga mendatangkan keuntungan tersendiri di industri digital, dan hal itu membuat penyelenggara konser (EO/promotor) menjadi makin inovatif soal konsep penyelenggaraannya.

Konser virtual ''Indonesia Gue Keren''

Salah satu pembatalan konser pada tahun ini juga dialami Smartfren, perusahaan jaringan telekomunikasi itu sedianya akan menggelar Smartfren WOW Concert pada tahun ini.

Namun akhirnya dengan tren konser virtual, Smartfren kembali merencanakan menggelar konser tersebut dengan format virtual pada 8 Agustus 2020, atau menjelang perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-75.

Menariknya, konser virtual ini akan tayang secara resmi pada televisi di tiga negara, yakni di Inggris, Korea Selatan, dan tentunya di Indonesia.

Mengusung tema ''Indonesia Gue Keren'', ini merupakan semangat yang menjadi dasar penyelenggaraan konser virtual ini. Lain itu, seiring dengan situasi pandemik Covid-19 yang kini beralih ke era New Normal, konser ini menjadi salah satu cara beradaptasi dengan tatanan baru di industri hiburan.

Berbagai kegiatan yang sebelumnya dilakukan secara offline kini menjadi online; ruang gerak yang terbatas serta harus mengikuti protokol-protokol kesehatan. Oleh karena itu, konser virtual ini diharapkan bisa memberikan semangat baru, inspirasi, dan hiburan kepada masyarakat Indonesia.

Smartfren WOW Virtual Concert 2020 akan menampilkan sederet musisi Internasional dan musisi kenamaan Indonesia. Konser ini rencananya bakal bisa juga disaksikan di saluran televisi SCTV, dan secara live streaming pada platform digital Vidio.com, serta pada platform digital Smartfren (Youtube, Facebook, dan Instagram).

Konser virtual ini juga memberikan peluang bagi para penonton untuk ikut berpartisipasi melalui layar interaktif selama acara berlangsung, yang direncanakan mulai pukul 8 malam WIB.

''Smartfren WOW Virtual Concert 2020 hadir menjawab kerinduan para pengguna Smartfren dan segenap anak muda Indonesia akan hiburan interaktif dan kolaboratif yang melibatkan artis-artis internasional,'' kata Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren, dalam konferensi pers virtual Smartfren WOW Virtual Concert 2020, Rabu (15/7/2020).

''...Smartfren konsisten menjadi penggerak untuk konten-konten berkualitas seperti WOW Concert ini yang bisa di-streaming secara langsung ataupun kapan saja nantinya lewat jaringan 4G dan pilihan layanan terbaik Smartfren yang unlimited ataupun paket layanan kuota yang besar.”

konferensi pers Smartfren WOW virtual concert
info gambar

Jajaran musisi yang bakal tampil

Konser virtual ini akan dimeriahkan oleh artis Internasional seperti HONNE yang merupakan musisi dari Inggris yang merajai berbagai tangga lagu dunia dalam setahun terakhir. Ada pula EVERGLOW, grup musik pop dari Korea Selatan.

Sementara musisi-musisi top Tanah Air yang berkontribusi antara lain; Agnez Mo, Andi Rianto, Ari Lasso, Dewa 19, Dipha Barus, Gading Marten & Gempita, Once Mekel, Raisa, dan Tiara Andini. Acara bakal dipandu oleh Daniel Mananta, Luna Maya, dan Okky Lukman.

Secara umum, konser ini akan berlangsung selama empat jam yang dimulai pre show-nya pada pukul 6 sore di kanal Vidio.com, dan acara puncaknya pada pukul 8 malam di SCTV.

Nantinya para pengguna layanan Smartfren bisa tampil bareng dengan beberapa artis di atas panggung secara interaktif saat Smartfren WOW Virtual Concert 2020 berlangsung.

''Konser ini sekaligus mengajak segenap bangsa untuk tetap utuh dan bersama-sama kita menjaga anjuran pemerintah mengatasi pandemi global ini. Saatnya kita bangkit dan bersatu, tetap semangat, jangan menyerah, optimis, produktif dan terus berkarya tanpa batas. Indonesia Kuat, Indonesia Bisa, Indonesia Maju, Indonesia Gue Keren!” pungkas Djoko.

Baca juga:

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Mustafa Iman lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Mustafa Iman.

Terima kasih telah membaca sampai di sini