Tak Kalah dari Segitiga Bermuda, Ini 5 Perairan Paling Angker di Indonesia

Tak Kalah dari Segitiga Bermuda, Ini 5 Perairan Paling Angker di Indonesia
info gambar utama

Kawan GNFI, jika mendengar tentang keangkeran sebuah perairan atau laut, tentunya nama Segitiga Bermuda yang bakal teringat dan terbanyang.

Tak dimungkiri memang, di lokasi tersebut menyimpan begitu banyak kisah misteri yang membuatnya sebagai salah satu lokasi paling angker di dunia.

Konon, sejak zaman perang dunia II, banyak kapal laut dan juga pesawat udara yang jatuh kemudian tenggelam dan bahkan sampai menghilang tidak bisa ditemukan. Semua terjadi tanpa diketahui musabab kejadian itu.

Nah, jika membicarakan soal laut angker, ternyata di Indonesia juga memiliki perairan yang terkenal sangat angker, kawan. Banyak kejadian aneh dan juga mengerikan yang terjadi dikaitkan dengan mitos setempat.

Kecelakaan tragis pesawat terbang dan kapal laut sering terjadi di lokasi-lokasi ini. Boleh jadi kejadiannya mirip dengan yang terjadi di Segitiga Bermuda.

Berikut beberapa perairan di Indonesia yang dikatakan angker yang kami sarikan dari beberapa sumber.

Segitiga Masalembo

Segitiga masalembo
info gambar

Segitiga Masalembo bisa dikatakan sebagai segitiga bermuda versi Indonesia. Seperti halnya segitiga bermuda, di segitiga masalembo sering terjadi kecelakaan kapal laut atau bahkan kapal udara.

Sebut saja tenggelamnya kapal Tampomas II pada 1981, atau kapal Senopati Nusantara di tahun 2006. Lain itu ada KM Sumber Awal tahun 2007, KM Teratai Prima 2009, dan juga pesawat Adam Air yang jatuh di sana pada tahun 2007.

Aliran air yang berada di kawasan tersebut dikatakan memiliki arus air berbeda dengan kawasan lainnya. Bahkan, sering terjadi badai yang mengerikan secara tiba-tiba.

Konon, kawasan Segitiga Masalembo adalah sebuah kerajaan jin dan mengerikan. Mereka suka sekali menenggelamkan apa saja yang lewat di kawasan tersebut.

Selat Karimata

Selat Karimata
info gambar

Selanjutnya ada Selat Karimata. Selat yang menurut cerita menjadi salah satu perairan yang tergolong angker.

Konon ceritanya, di lokasi selat ini ada penguasa bernama Ratu Junjung Buih yang memimpin kerajaan Selat Karimata.

Lain itu, tercatat banyak terjadi kecelakaan di Kawasan ini yang menurut beberapa orang sangat tidak wajar. Misalnya, tahun 2014 lalu pesawat Air Asia jatuh dan menewaskan ratusan korban jiwa di dalamnya.

Meski beberapa penyebab ilmiah tentang jatuhnya pesawat ini sudah dibeberkan oleh ahlinya, namun masyarakat sekitar masih percaya jika hal mistis ikut juga berperan dalam jatuhnya pesawat Air Asia di Selat Karimata.

Selat Bali

Selat Bali
info gambar

Lalu ada Selat Bali yang sejak lama terkenal menyimpan banyak sekali misteri. Dikabarkan, jika selat ini banyak sekali menyimpan makhluk gaib yang akan dengan senang hati siap menenggelamkan korbannya ke dasar laut.

Salah satu kecelakaan mengerikan yang terjadi di sini pada tahun 2016, yakni sebuah Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Rafelia 2 tenggelam di Selat Bali.

Hasil investigasi dari Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyebutkan penyebab dari tenggelamnya Rafelia 2 karena stabilitas kapal pada saat berangkat sudah tidak memenuhi kriteria stabilitas kapal yang baik.

Tapi tak sedikit pula yang percaya jika ulah dari makhluk gaib di sana juga menjadi penyebabnya.

Laut China Selatan

Laut china selatan
info gambar

Wilayah yang sering diributkan karena letak posisinya ini ternyata juga terkenal cukup menyeramkan. Bahkan, dalam beberapa tahun sudah ada ratusan kecelakaan kapal yang ada di sana.

Beberapa cerita menyebutkan bahwa Laut China Selatan ini lebih horor ketimbang Segitiga Bermuda.

Kawasan Laut China Selatan memiliki iklim yang tidak stabil. Bahkan setiap saat bisa terjadi badai mengerikan yang membuat kapal bahkan pesawat runtuh ke lautan.

Para peneliti juga menemukan kontur dasar laut yang mengerikan di perairan ini, salah satunya adalah lubang naga atau ''Dragon hole'' yang merupakan salah satu sinkhole terdalam di dunia.

Laut Selatan

Laut selatan
info gambar

Nah, kalau perairan yang satu ini sudah bukan rahasia lagi. Laut selatana atau yang lebih populer dengan ''segoro kidul'' terkenal sangat horor dan berbahaya. Sudah banyak korban yang terseret ke dalam laut.

Laut selatan juga merupakan daerah yang disebut paling angker di Indonesia. Bahkan banyak orang setempat yang rela memberikan sesajen dan tumbal kepada sosok yang dianggap penguasa laut tersebut, yakni Nyi Roro Kidul untuk menghindari bencana dan malapetaka.

Nah kawan, demikian daftar perairan di Inodnesia yng menurut legenda atau mitos memiliki aura mistis yang sangat mendalam.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini