Siapa Sangka! Indonesia Menjadi Salah Satu Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

Siapa Sangka! Indonesia Menjadi Salah Satu Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia
info gambar utama

Emas merupakan komoditas yang tak pernah kehilangan pesona. Hingga kini, permintaan emas tidak pernah surut. Jika diperhatikan, permintaan emas di dunia selalu mengalami lonjakan. Keterbatasan cadangannya membuat harga logam ini mulia semakin berkilau, harganya selalu mengalami kenaikan hampir setiap tahun.

Selama beberapa dekade, produsen emas terbesar ditempati oleh Afrika Selatan. Puncaknya, pada 1970 ladang emas di negara tersebut menghasilkan lebih dari 1.000 ton atau sekitar dua kali lipat dari gabungan produksi dunia di luar Afrika Selatan.

Maka tak heran, negara yang sempat terkenal dengan politik apartheid itu menjadi negara paling makmur di benua Afrika. Produk Domestik Bruto (PDB) Per Kapita negara ini hampir menyamai beberapa negara Eropa bahkan jauh melampaui mayoritas negara-negara Asia.

Namun sejak 2007, posisinya harus tergeser oleh Cina. Setelah turun dari peringkat atas, produksi emas Afrika Selatan terus menyusut hingga akhirnya disalip oleh negara-negara lain. Saat ini, posisi teratas di Benua Afrika diambil alih oleh Ghana dengan total produksi sebesar 149 juta ton, selisih 37 juta ton dari total produksi Afrika Selatan yang hanya mencapai 117 juta ton.

Grafik Negara Penghasil Emas Terebesar di Dunia
info gambar

Merujuk data British Geologocal Survey (BGS) 2018, yang dirilis awal tahun 2019 berikut urutan negara penghasil Emas Terbesar di Dunia.

1. Cina

Belakangan ini, Cina semakin menegaskan diri sebagai negara penghasil emas terbesar di dunia. Total produksi 2018 mencapai 401 juta ton. Wilayah penghasil emas terbesar di Cina terdapat di provinsi Shandong, Henan, Jianxi, Yunan dan Fujian

2. Australia

Australia menempati peringkat kedua sebagai negara penghasil emas terbesar, produksinya mencapai 313 juta ton. Australia Selatan, Australia Barat dan New South Wales menjadi tiga wilayah penghasil emas terbesar di Australia

3. Rusia

Negara yang terkenal memiliki temperatur udara yang sangat dingin ini memproduksi sebesar 279 juta ton. Tambang emas terbesar di Rusia berada di daerah Chutka, Voro, Olypiada dan Khabrovsk.

4. Amerika Serikat

Negara adidaya ini memproduksi emas sebanyak 211 juta ton. Negara bagian Nevada menjadi wilayah penyumbang emas. selain Nevada, Utah, Colorado dan Alaska juga menjadi wilayah penghasil emas terbesar di Amerika Serikat.

5. Kanada

Total produksi emas Kanada pada 2018 mencapai 184 juta ton, pemasok emas terbesar bagi negara ini terdapat di wilayah Ontario, Quebec dan British Columbia. Di Ontario, tepatnya di tambang Red Lake, terdapat tambang emas terbesar di Kanada yang menyumbang hampir 50% dari total produksi emas negara tersebut.

6. Ghana

Belakangan ini, Ghana mengalami peningkatan produksi emas hampir tiap tahun, terbukti negara ini mampu menyalip Afrika Selatan dalam hal kapasitas produksi. Pada 2018 Ghana menghasilkan 149 juta ton. Wilayah penghasil emas terbesar di negara tersebut berada di daerah bagian barat laut dan barat daya.

7. Peru

Negara ketujuh yang menjadi produsen emas terbesar di dunia adalah Peru. Total produksinya mencapai 142 juta ton. Tambang emas terbesar di negara ini berlokasi di La Libertad, Cajamarca, Yanacocha, Arequipa dan Apurimac.

8. Indonesia

Indonesia menempati peringkat ke-8 sebagai negara penghasil emas terbesar, total produksinya mencapai 135 juta ton. Tambang Grasberg, yang berada di Papua menjadi daerah penyumbang emas terbesar di Indonesia.

9. Meksiko

Pada 2018 Meksiko memproduksi sebanyak 118 juta ton emas, Sinaloa menjadi wilayah penyumbang emas terbesar di Meksiko.

10. Afrika Selatan

Setelah sempat berjaya pada akhir 1960-an, kini produksi emas Afrika Selatan semakin menunjukkan tren yang menurun. Pada 2018 total produksinya hanya mencapai 117 juta ton.

Produksi Emas Indonesia

Berdasarkan daftar di atas, pada 2018 Indonesia menempati urutan ke-8 sebagai negara penghasil emas terbesar di dunia sekaligus menjadi yang terbesar di ASEAN. Total produksi Indonesia mencapai 135 juta ton, angka itu naik sekitar 36 juta ton dari periode sebelumnya.

Terdapat beberapa daerah yang menjadi sumber tambang emas di antaranya Papua yang menjadi markas dari salah satu perusahaan tambang terbesar di dunia, Freeport. Lalu ada Maluku Utara yang menjadi tempat beroperasinya tambang Gosowong. Saat ini tambang tersebut dikelola oleh PT Nusa Halmahera Minerals (NHM). Selanjutnya Nusa Tenggara Barat (NTB), tepatnya di Pulau Sumbawa. Tambang besar yang ada di pulau ini adalah Tambang Batu Hijau milik Grup Medco (Amman Mineral).

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IA
YF
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini