Indonesia Jadi Salah Satu Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia

Indonesia Jadi Salah Satu Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia
info gambar utama

Beras merupakan satu pangan yang paling banyak dikonsumsi di dunia, terutama di Kawasan Asia. Sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia, Cina, India dan Indonesia membutuhkan stok beras lebih banyak dibandingkan negara lain. Maka tak jarang negara – negara tersebut harus melakukan impor beras guna memenuhi kebutuhan domestiknya.

Sampai saat ini Cina dan India masih menempati peringkat atas sebagai negara penghasil beras terbesar di dunia, produksinya selalu diatas 100 juta ton/tahun. Area pertanian yang luas serta tanah yang subur menjadi faktor yang membuat produksinya selalu tinggi. Posisi selanjutnya diisi oleh Indonesia, Bangladesh dan beberapa negara ASEAN seperti Vietnam, Thailand, Myanmar, Filipina dan Kamboja.

Sementara konsumsi beras global mengalami sedikit peningkatan selama beberapa tahun terakhir. Pada 2018, sekitar 486,62 juta metrik ton beras dikonsumsi diseluruh dunia. Merujuk dari data yang dirilis oleh Food and Agriculture Organization (FAO) berikut daftar lengkap Negara Penghasil Beras Terbanyak 2018 :

1. Cina

Beras merupakan makanan pokok paling penting di Cina, negara dengan populasi penduduk sebanyak 1,4 miliar jiwa ini berhasil memproduksi sebesar 214.078.796 ton.

2. India

Negara penghasil beras kedua ditempati oleh India, Negara dengan mayoritas penduduk Hindu ini memproduksi beras sebesar 172.580.000 ton, naik 408.000 ton disbanding tahun sebelumnya.

3. Indonesia

Indonesia adalah produsen beras tebesar ketiga di dunia juga merupakan salah satu konsumen beras terbesar di dunia. total produksi pada 2018 mencapai 83.037.000 ton, naik sebanyak 1.888.406 dibandingkan produksi tahun sebelumnya.

4. Bangladesh

Negara yang beribukota Dhakka ini memproduksi sekitar 56.417.319 ton beras, menurut berbagai sumber meskipun memiliki populasi dibawah Indonesia (164 juta jiwa), namun tingkat konsumsi negara ini ternayata lebih tinggi dari Indonesia, sehingga Impor beras menjadi program rutin pemerintah Bangladesh dalam menjaga ketahanan pangan.

5. Vietnam

Vienam menempati urutan kelima sebagai negara penghasil beras terbesar di dunia, pada 2018 produksinya mencapai 44.046.250 ton. Dengan populasi penduduk yang masih dibawah 100 juta membuat tingkat konsumsi beras di Vietnam lebih rendah dari tingkat produksinya, sehingga lebih leluasa dalam melakukan kebijakan ekspor.

Produksi Beras Indonesia

Sejak dulu Indonesia sudah terkenal sebagai negara penghasil beras terkemuka, bersama Vietnam dan Thailand Indonesia disebut sebagai “Lumbung Padi” karena selalu mencatatkan total produksi yang tinggi.

Berdasarkan data Food and Agriculture Organization (FAO) 2018 yang dirilis awal tahun 2019, Indonesia memproduksi beras sebesar 83.037.000 ton, angka tersebut naik sebanyak 1.888.406 dari periode sebelumnya. Kendati total produksinya tinggi, namun pemerintah masih melakukan impor dengan alasan untuk menjaga ketersediaan stok beras.

Daerah penghasil beras terbesar di Indonesia berada di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan Sulawesi Selatan. Keempat wilayah tersebut memilki luas panen lebih dari 1 juta hektar dengan masing - masing produksi lebih dari 5 juta ton beras.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya.

IA
YF
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini