Resmi Sudah, Google Buka Data Center di Indonesia

Resmi Sudah, Google Buka Data Center di Indonesia
info gambar utama

Bulan lalu, Google resmi mengoperasikan layanan Cloud pertamanya di Indonesia. Jakarta dipilih menjadi region pertama untuk Google Cloud Platform (GCP) di Indonesia dan kesembilan di Asia Pasifik.

"Kami sangat bersemangat untuk mengumumkan kehadiran Google Cloud Region Jakarta. Dengan ini, perusahaan dari berbagai bidang, akan lebih cepat dan mudah untuk memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan alat kami," kata CEO Google & Alphabet Sundar Pichai dalam keynote speech virtual di Jakarta, Rabu (24/6/2020)

Google Cloud adalah platform layanan komputasi awan yang ditawarkan oleh Google. Region Jakarta diluncurkan dengan disertai kemasan layanan standar Google, yakni Compute Engine, Google Kubernetes Engine, Cloud SQL, Cloud Storage, Cloud Spanner, Cloud Bigtable, dan BigQuery. Dengan ditambahkannya Jakarta, Google Cloud kini punya 24 regions dan 73 zones di 17 countries di seluruh dunia.

Menurut Megawaty Khie, server cloud Google kan ditempatkan di tiga wilayah (zona) di Indonesia, salah satunya sudah dipastikan di Jakarta. Kehadiran Cloud Region di Indonesia dikatakan Megawaty akan berdampak positif bagi perekonomian Indonesia. "Salah satunya, kami menyediakan hampir 350.000 lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat Indonesia," tuturnya seperti dikutip Kompas.com.

Di Indonesia, diketahui terdapat 18 perusahaan besar yang telah menggunakan layanan komputasi awan Google ini, termasuk CT Corp, Tokopedia, BliBli, Blue Bird, Bukalapak, BRI, Traveloka, dan XL Axiata. Dengan adanya Cloud Region di Jakarta, perusahaan berbasis digital bisa mengambil manfaat dari data dan workload mereka, berupa latensi yang rendah dan kinerja yang tinggi dalam penggunaan data berbasis cloud.

Maju Sama-sama

Maju Sama-Sama adalah motto Google Indonesia. Tahun ini, untuk membantu membangun tenaga kerja cloud-ready, tahun ini Google akan memberikan 150.000 laboratorium pelatihan langsung di Indonesia. Termasuk di dalamnya akses ke sesi pelatihan GCP tanpa biaya, kredit, dan berbagai inisiatif kesiapan karier seperti Juara GCP, pelatihan Cloud OnBoard kami, dan beasiswa digital dengan Kominfo RI untuk membantu siapapun mendapatkan sertifikasi GCP.

Sejak awal krisis COVID-19, Google telah menyediakan G Suite untuk Pendidikan ke ribuan sekolah di seluruh Jakarta untuk mendukung pengaturan pembelajaran jarak jauh. Untuk membantu mendapatkan yang terbaik dari "ruang kelas" yang baru, Google juga telah meluncurkan hub pusat Google Teach dari Rumah dalam Bahasa Indonesia, yang memberikan informasi, pelatihan, dan alat untuk membantu pengajar mengajar dari rumah. Google juga telah mengumumkan komitmen mereka untuk bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam membekali jutaan pendidik dan pelajar dengan menyediakan akses ke G Suite untuk Pendidikan secara nasional.

Referensi :

Dewi, Intan Rakhmayanti. “Google Resmi Buka Data Center Di Indonesia.” SINDOnews.com, SINDOnews.com, 24 June 2020, autotekno.sindonews.com/read/80086/207/google-resmi-buka-data-center-di-indonesia-1592985961.

“The New Google Cloud Region in Jakarta Is Now Open | Google Cloud Blog.” Google, Google, cloud.google.com/blog/products/infrastructure/new-google-cloud-region-in-jakarta-now-open.

Nistanto, Reska K. “Server ‘Cloud’ Google Di Indonesia Bakal Ditempatkan Di 3 Zona.” KOMPAS.com, Kompas.com, 4 Mar. 2020, tekno.kompas.com/read/2020/03/04/18054197/server-cloud-google-di-indonesia-bakal-ditempatkan-di-3-zona.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini