Siapa Sangka! Indonesia Menjadi Salah Satu Negara Pemilik Gedung Pencakar Langit Terbanyak di Dunia

Siapa Sangka! Indonesia Menjadi Salah Satu Negara Pemilik Gedung Pencakar Langit Terbanyak di Dunia
info gambar utama

Merujuk data yang dirilis oleh The Skyscrapper Center pada tahun 2020, selama kurun waktu 1960-2020 telah terjadi peningkatan pembangunan gedung dengan tinggi lebih dari 150 meter yang begitu pesat di seluruh dunia.

Selama beberapa dekade, Amerika Serikat menjadi penguasa menara pencakar langit di dunia, nyaris tanpa lawan. Hingga pada 2004 China berhasil menyalip dan melesat jauh sampai sekarang.

Pada 2020 negara yang dijuluki “Tirai bambu” ini memiliki gedung pencakar langit sebanyak 2055, terpaut cukup jauh dari Amerika Serikat yang berada di posisi dua dengan 800 gedung.

Pembangunan gedung pencakar langit yang masif sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Cina yang terus meroket. Kota-kota seperti Shenzen, Shanghai dan Chongqing menjadi markas berdirinya gedung-gedung pencakar langit di Cina.

Posisi selanjutnya diisi oleh Jepang (251 gedung), Uni Emirat Arab (251), Korea Selatan (220), Australia (109) dan Kanada (108). Sementara itu Thailand menjadi negara ASEAN pemilik gedung pencakar langit terbanyak dengan total 104 gedung, diikuti oleh Indonesia (102) dan negeri jiran, Malaysia ( 91).

Secara keseluruhan Asia masih mendominasi jumlah gedung pencakar langit di dunia. Tujuh dari sepuluh negara dengan bangunan tertinggi di dunia berada di benua Asia. Mayoritas gedung-gedung tinggi tersebut berada di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara.

Gedung Pencakar Langit di Indonesia

Saat ini Indonesia mempunyai 102 bangunan dengan tinggi lebih dari 150 meter dan berada di posisi ke-9 sebagai negara pemilik gedung pencakar langit terbanyak di dunia. Sejak awal 2000 jumlahnya bertambah pesat seiring meningkatnya perekonomian Indonesia.

Gedung pencakar langit di Indonesia masih berpusat di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Batam. Beberapa gedung tertinggi di Indonesia di antaranya:

  • Thamrin Nine Tower (333 meter)
  • Indonesia One North & South Tower (303 m) – masih dalam proses pembangunan
  • Gama Tower (285 m)
  • Treasury Tower (279 m)
  • Astra Tower (261 m)
  • The Sahid Sudirman Center (258 m)
  • Hotel Rafles (253 m)

Semua menara di atas berada di Jakarta.

Pembangunan gedung pencakar langit saat ini sudah menjadi tren global. Selain difungsikan sebagai tempat perkantoran, hotel, atau sarana lainnya, bangunan tinggi juga bisa menjadi landmark.

Berikut Motion Grafik Perkembangan Gedung Pencakar Langit di Dunia

Baca Juga

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IA
YF
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini