Ciptakan Solusi Digitalisasi Sekolah melalui Aplikasi di Tengah Pandemi

Ciptakan Solusi Digitalisasi Sekolah melalui Aplikasi di Tengah Pandemi
info gambar utama

Gerakan Menulis Buku Indonesia (GMB Indonesia) hadir memberikan solusi di masa pembelajaran jarak jauh melalui sebuah aplikasi DigiLite, yang dapat memudahkan sekolah dalam melakukan berbagai kegiatan mulai dari sistem presensi, video konferensi, hingga pembelajaran menggunakan Augmented Reality yang membuat visualisasi belajar siswa semakin terlihat nyata.

Founder GMB Indonesia, Lenang Manggala dalam wawancaranya mengatakan bahwa platform DigiLite akan sangat membantu para guru dan siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar selama pandemi.

Vice President GMB Indonesia, Khabib Bima juga memberikan keterangan bahwa setelah melakuakn riset bersama Pallawa Research Institue, pembelajaran daring ini adalah momentum bagi seluruh anak bangsa untuk bahu membahu menciptakan inovasi pembelajaran dengan konsep merdeka belajar di tengah masa pandemi.

Survey yang dilakukan oleh Pallawa Research Institue kepada 1.275 siswa yang terdiri dari 814 responden perempuan dan 461 responden laki-laki dari jenjang SD/Sederajat hingga SMA/Sederajat di seluruh provinsi di Indonesia, menyebutkan bahwa 1064 siswa menerima tugas yang didominasi dengan menyebutkan soal online, sisanya adalah presentasi, membuat penelitian, dan membuat karya.

“Melalui program GSMB Nasional yang telah selama 4 tahun membantu ribuan sekolah untuk berkarya dan menerbitkan buku bersama, dan kini ditambah penanaman sistem sekolah digital melalui platform DigiLite Indonesia, kita bersama-sama dapat melakukan inovasi revolusioner bagi perkembangan pendidikan di Indonesia,” ujar Lenang.

Melalui aplikasi DigiLite ini, siswa dapat melakukan aktualisasi diri dengan berbagai fitur yang tersedia. Dengan menggabungkan program literasi dan platform pendidikan yang terintegrasi dan terotomasi, kita bisa mendorong sekaligus memfasilitasi para pendidik dan peserta didik, untuk dapat senantiasa belajar, berkarya, terkoneksi, menginspirasi, serta berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan dunia,” pungkasnya.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini