Sejarah Hari Ini (20 Agustus 2000) - Museum Mobil Antik di Sentul

Sejarah Hari Ini (20 Agustus 2000) - Museum Mobil Antik di Sentul
info gambar utama

Museum Mobil Antik berdiri di Sentul, Kabupaten Bogor, pada 20 Agustus 2000.

Letak tepatnya berada di dalam kompleks Sirkuit Sentul, tempat biasa diselenggarakannya balapan bergengsi level nasional maupun internasional.

Penggagas berdirinya museum ini adalah Gunawan Chandra yang berkolaborasi dengan mantan pebalap nasional Tinton Suprapto.

Museum ini diresmikan oleh Mahadi Sinambela, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia pada saat itu.

Tujuan awal dibangun museum ini bukan hanya sekadar sebagai tempat berkumpulnya mobil antik semata, melainkan menjadi tempat bercerita sejarah lewat koleksi mobil di dalamnya.

Mobil Sukarno
info gambar

Salah satu koleksinya ialah mobil Chrysler buatan tahun 1962 yang pernah digunakan Presiden RI pertama, Sukarno.

Seperti yang disebutkan dalam Panduan Sang Petualang: 31 Museum di Jawa Barat - Banten karya Edi Dimyati, fasilitas mobil ini terbilang bagus pada masanya karena sudah dilengkapi power steering, AC, dan tape.

Maklum, yang menggunakan merupakan orang nomor satu di Indonesia.

Museum Mobil Sentul ini juga terdapat mobil antik yang menjadi masterpiece yaitu jenis mobil Packard Super 8 yang diproduksi pada tahun 1948 dengan mesin berkapasitas 5.833 cc 8 silinder.

Walaupun mobil jenis ini kurang dikenal masyarakat, merk Packard dulunya merupakan mobil yang cukup terkemuka di Amerika Serikat.

Mobil dengan desain keindahan dan memiliki daya tahan tinggi ini tidak diperuntukan serta tidak dipakai oleh kalangan umum pada masa itu.

Museum Mobil Sentul tutup permanen.
info gambar

Sayangnya tidak jelas apakah Museum Mobil Antik di Sentul masih beroperasi atau tidak.

GNFI pun menelusuri jejak digital museum ini lewat mesin pencari di mana Google Maps memberi keterangan museum ini sudah tutup permanen.

---

Referensi: Tempatwisata.co | Intersport.id | Edi Dimyati, "Panduan Sang Petualang: 31 Museum di Jawa Barat - Banten"

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini