Obat Stres, Ini 10 Air Terjun #DiIndonesiaAja yang Bisa Dikunjungi untuk Cuci Mata

Obat Stres, Ini 10 Air Terjun #DiIndonesiaAja yang Bisa Dikunjungi untuk Cuci Mata
info gambar utama

Kawan GNFI, masa pendemi memang membuat stres dan memaksa kita untuk menghilangkan rasa stres tersebut dengn berbagai cara. Salah satu upaya untuk menghilangkan stres itu adalah dengan liburan atau piknik.

Lalu, bagaimana ceritanya jika bisa piknik namun beberapa akses tempat wisatanya masih ditutup?

Begini kawan, di masa pandemi seperti ini memang ada beberapa tempat wisata yang masih ditutup karena mengikuti protokol pemerintah daerah. Tapi sebagain tempat wisata juga sudah dibuka dan bisa dikunjungi, tentunya dengan memenuhi standar protokol kesehatan.

Kita tentunya sebagai masyarakat juga harus memenuhi berbagai standar protokol tadi, seperti selalu menggunakan masker, menjaga jarak dengan orang asing, dan tentunya harus sesering mungkin cuci tangan.

Nah, #DiIndonesiaAja banyak sekali lokasi wisata air terjun/curug yang bisa kawan GNFI kunjungi meski dalam kondisi transisi PSBB ini. Berikut daftarnya.

Air Terjun Tegenungan, Bali

Air Terjun Tegenungan, Bali
info gambar

Air terjun Tegenungan terletak di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Lokasinya berjarak sekira 30 km dari Kota Denpasar. Air terjun ini memiliki ketinggian 15 meter. Meski tidak begitu tinggi, debit airnya sangat deras. Airnya juga bersih dan jernih.

Lokasi air terjun ini bahkan sangat dekat dengan tempat parkir kendaraan. Hanya perlu menuruni belasan anak tangga, maka kawan akan menikmati deruan dan percikan air terjun yang memesona mata. Sayangnya, karena arusnya cukup deras, ada larangan untuk berenang di lokasi air terjun ini.

Tapi sebagai gantinya, kawan bisa menaiki ayunan untuk menguji adrenalin, atau menuju ke puncak bukit untuk menikmati pemandangan air terjun dari ketinggian.

Air Terjun Kanto Lampo, Bali

Air Terjun Kanto Lampo, Bali
info gambar

Lain itu, ada juga air terjun yang tak kalah elok di Gianyar, namanya air terjun Kanto Lampo. Wilayah administrasinya ada di Banjar Kelod Kangin, Desa Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali.

Saking indahnya, air terjun ini sempat menjadi foto instagram terpopuler di Bali. Para wisatawan yang adatang pun dipersilahkan untuk mengisi kotak donasi yang disediakan. Jumlahnya tak ditentukan. Namun, karena untuk kebutuhan kebersihan dan menjada agar alamnya tetap lestari, disarankan mendonasikan secara wajar.

Lain itu, karena air terjun ini menjadi sumber air minum dan juga dikeramatkan, maka pastikan kawan GNFI menjaga kebersihan lingkungan saat berkunjung.

Air Terjun Grojogan Sewu, Jogja

Air Terjun Grojogan Sewu, Jogja
info gambar

Air Terjun Grojogan Sewu menawarkan suasana sejuk pedesaan dan dinginnya air. Hal itu menjadikan tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke Jogja dan sekitarnya.

Kebanyakan yang berkunjung adalah kaum remaja yang menyenangi kegiatan petualangan (adventure). Di air terjun ini diperbolehkan berenang dan merasakan langsung dinginnya air Grojogan Sewu.

Kawan GNFI juga bisa langsung menikmati sensasi air yang menimpa kepala. Rasanya segar hingga mampu melupakan rumitnya pekerjaan keseharian. Lokasi ini pun dikatakan cocok untuk menyepi dan melepas semua aktivitas rutin harian.

Secara geografis, lokasi air terjun ini ada di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Air Terjun Sri Gethuk, Jogja

air terjun Sri Gethuk
info gambar

Jika kawan GNFI kebetulan ada di sekitar Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Air Terjun Sri Gethuk boleh jadi merupakan objek wisata yang bersih dan alami, sangat dirawat oleh sang pengelola.

Di sana juga sudah disiapkan beragam fasilitas untuk pengunjung, seperti toilet, tempat berbilas, maupun sekadar menikmati alam sambil menyantap kudapan.

Untuk sampai ke tempat nan indah ini, kawan GNFI harus menyebrangi sebuah sungai indah berwarna hijau jernih dengan menggunakan transportasi kapal yang sudah disediakan pihak pengelola.

Selain bisa untuk berenang, lokasi ini juga menyediakan area santai, seperti kolam pemancingan serta beberapa fasilitas lain, semisal rafting dan flying fox.

Air Terjun Kedung Pedut, Jogja

Air Terjun Kedung Pedut, Jogja
info gambar

Air Terjun Kedung Pedut atau biasa disebut Curug Kedung Pedut merupakan salah satu wisata alam yang berada di Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, dan cukup dikenal karena keindahan warna airnya.

Lokasi air terjun ini juga dekat dengan tempat wisata yang mengunggulkan air lainnya, seperti Ekowisata Sungai Mudal dan Air Terjun Kembang Soka.

Keunggulan dan keunikan Air Terjun Kedung Pedut adalah sumber mata airnya yang berasal dari dalam bumi, hingga tak pernah habis atau mengering meski musim kemarau. Siapa saja yang berkunjung ke sana, pasti akan merasakan kesejukan dan suhu dingin yang menyejukkan.

Pepohonan rindang di sekitar lokasi juga membuat pengunjung tidak merasakan panas. Selain lokasinya yang luas, ada banyak juga kolam pemandian alami yang bisa digunakan anak-anak untuk bermain air.

Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Air terjun Madakaripura, Probolinggo
info gambar

Tempat wisata air terjun Madakaripura salah satu tempat wisata air terjun yang terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BTS), Probolinggo, Jawa Timur.

Ketika pertama kali kawan datang ke tempat ini, maka kawan akan dibuat terkagum-kagum melihat air terjun yang mengalir di antara dua dinding tebing bebatuan.

Tebing-tebing ini seolah berusaha mencegah sinar matahari menembus ke bawah. Suasana tenang dihiasi suara air yang gemericik. Secara umum, air terjun ini berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebing seperti layaknya hujan.

Keindahan objek wisata ini memang tidak dapat dimungkiri, dan lokasi yang berada jauh di dalam pegunungan membuat tempat ini senantiasa asri dan alamiah.

Air Terjun Niagara Mini, Bondowoso

Air Terjun Niagara Mini, Bondowoso
info gambar

Bondowoso punya versi air terjun mini nan cantik bak Niagara. Kawan GNFI bisa datang ke Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso, Jawa Timur. Ada sekira 6 aliran air terjun dalam satu lubang yang sama dan melebar mirip seperti Niagara.

Tempat ini juga mudah ditemukan, karena berada di jalur menuju Kawah Ijen. Selain menyesap udara yang sejuk dan alam yang menawan, akan lebih sip jika melihat sejuknya air terjun sambil menyeruput kopi arabika khas Bondowoso.

Air Terjun Sumber Pitu, Malang

air terjun Sumber Pitu, Malang
info gambar

Jika biasanya satu lokasi hanya ada satu air terjun, lain dengan air terjun yang satu ini. Berlokasi di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Malang, Jawa Timur, Air Terjun Sumber Pitu menawarkan 7 air terjun sekaligus satu lokasi.

Untuk mencapainya, dari lokasi parkir kendaraan kawan GNFI masih harus mendaki sekitar 90 menit perjalanan. Treknya boleh dibilang sedikit menanjak. Tapi, di situlah serunya.

Kita akan melewati ladang warga dan perbukitan, dan sesekali bisa singgah sejenak untuk beristirahat. Ketika sampai di lokasi, maka kelelahan kita akan terbayar tuntas dengan pemandangan air terjun yang menakjubkan.

Air terjun berpadu dengan hijaunya tanaman yang tumbuh di sekelilingnya, cukup mampu menyegarkan mata ketika melihatnya dan membuat betah berlama-lama di sana.

Curug Kapas Biru, Lumajang

air terjun Kapas Biru, Lumajang
info gambar

Air Terjun Kapas Biru atau Coban Kapas Biru merupakan air terjun yang terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Objek wisata ini dibuka untuk umum sejak tahun 2015 dengan menawarkan keindahan alam yang memukau.

Suasana alam dan derasnya aliran membuat banyak pecinta alam jatuh hati dan jauh-jauh datang ke Lumajang untuk melihatnya secara langsung.

Tinggi air terjun mencapai 20 meter dengan tebing yang menawan. Meski begitu, fasilitasnya di kawasan air terjun ini masih seadanya dan dikelola oleh masyarakat setempat. Ada tempat parkir, pondok untuk istirahat, hingga warung makan, dan minuman.

Curug Cilember, Bogor

Curug Cilember, Bogor
info gambar

Terakhir adalah Curug Cilember, yang terletak di Kawasan Wisata Curug Cilember, Puncak, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Di komplek wisata ini sebenarnya ada tujuh curug, namun yang paling banyak pengunjungnya adalah curug ini karena lokasinya sangat strategis.

Curug ini memiliki lansekap yang lumayan memukau. Di samping curug utamanya yang lumayan tinggi, ada juga curug kecil yang hampir serupa dengan Air Terjun Niagara.

Di sekitar Curug Cilember, ada Taman Konservasi Kupu-Kupu, fasilitas outbound, dan yang paling menarik, ada taman cinta. Pas untuk liburan bersama keluarga dan pasangan.

Nah kawan, itu dia tadi beberapa curug maupun air terjun yang bisa membuat kawan GNFI lebih rileks dari berbagai tekanan di masa pandemi Covid-19, dan melupakan aktivitas keseharian, ataupun menikmati me time bersama orang tersayang.

Masa pandemi memang membuat stres, namun liburan dengan menikmati alam tentu mampu melenyapkan semuanya. Dan untuk melihat referensi lokasi wisata paling memukau #DiIndonesiaAja, kawan GNFI bisa pada tautan ini.

Selamat piknik kawan.

#wonderfulindonesia

#thoughtfulindonesia

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini