Trend 2020 : Bisnis Makanan Sehat Kekinian yang Tengah Viral

Trend 2020 : Bisnis Makanan Sehat Kekinian yang Tengah Viral
info gambar utama

Belakangan ini di masa pandemi ada beberapa orang yang mulai membuka bisnis kecil- kecilan. Sebagian dari mereka membuka bisnis karena kegemaran dan ingin mengembangkan bakat memasak mereka. Sebagian lainnya untuk menambah penghasilan dan tabungan.

Disamping karena penghasilan yang berkurang, mereka juga melakukan ini untuk mengurangi kebosanan selama di rumah. Salah satunya memutuskan untuk mencoba resep resep baru yang ada di internet. Salah satu contohnya adalah fenomena kopi dalgona yang menjadi sebuah tren di tengah masyarakat.

Kopi Dalgona sendiri adalah sebuah minuman dari India yang kemudian dipopulerkan oleh seorang aktor dari Korea Selatan bernama Jung Il Woo, dalam perjalanannya menuju Macau. Di Korea sendiri resep ini menjadi viral karena banyaknya warga yang mengaku depresi karena tidak bisa keluar rumah karena pandemi lalu memutuskan untuk mencoba berbagai macam resep baru di internet.

Di indonesia sendiri minuman ini menjadi tren karena sebuah aplikasi berbagi video singkat bernama tik tok dan platform sosial media Instagram. Cara membuatnya yang mudah dan bahannya yang gampang untuk dicari membuat minuman ini ditiru banyak orang, selain itu rasanya yang unik juga memilikki tempat tersendiri bagi orang orang yang meminum kopi tersebut.

kopi
info gambar

Tak lama berselang muncullah "Korean Garlic Bread" roti keju dengan krim di tengahnya. Pertama roti akan diguyur dengan "Cream Cheese" lalu dipanggang hingga sedikit mengembang. Kemudian roti akan dibaluri dengan adonan telur lalu dipanggang hingga kering dan berwarna kecoklatan seperti roti roti kebanyakan. Bedanya roti ini dengan roti bawang putih atau "Garlic Bread" lainnya adalah pada tekstur.

Jika roti bawang Eropa memilikki tekstur kering maka roti ini memilikki tekstur yang kering di luar namun lembut di dalam. Di beberapa kota roti bawang ala Korea ini sudah mulai diperjual belikan, namun untuk pemesanan masih dalam sistem PO atau "Preorder". Di negara asalnya, roti bawang keju ini sudah menjadi makanan kaki lima atau istilah kerennya streetfood, jadi kita akan mudah menemukan para pedagang kue ini di pinggir jalan daerah Gangneung, Provinsi Gangwon.

roti keju
info gambar

Lalu di tahun yang sama dan masih di bidang yang sama yaitu roti rotian. Jika di sisi roti dan makanan atau kudapan trendi ada "Kopi Dalgona" dan "Korean Garlic Bread", maka di sisi roti dan kudapan sehat ada Roti Awan atau "Cloud Bread" yang diklaim sebagai roti untuk orang diet dan makanan sehat lainnya seperti Sandwich Sehat. Roti awan sudah dikenal sejak tahun 1970-an terutama oleh penggiat diet keto, karena bahan pembuatnya yang dianggap sehat seperti putih telur, penggunaan gula yang cukup dan "Cream Cheese" yang tidak berlebihan dianggap lebih sehat. Sedikit berbeda dengan tren saat ini yang juga menambahkan sedikit pewrna ke dalamnya.

rotiawan
info gambar

Melihat beberapa tren makanan tersebut mengingatkan kita dengan tahun lalu saat bisnis makanan sehat masih menjadi sebuah tren yang digandrungi. Hingga tahun ini pun masih terlihat beberapa pelaku bisnis makanan sehat yang masih gencar melebarkan usahanya. Salah satu conyoh kecil dari pelaku bisnis makanan sehat yang bisa kita lihat saat ini adalah Aeon. Ia memutuskan untuk menjual sandwich sehat dengan isian yang berbeda dari sandwich pada umumnya. Isian dari sandwich ini adalah perpaduan dari beberapa jenis sayuran baik sayuran warna lain dan sayuran hijau. Penggunaan saosnya pun tidak berlebihan, sehingga dirasa cocok untuk selera dari semua kalangan usia.

sandwich
info gambar

Hal ini dilakukan karena baginya prinsip dari pembuatan dan penjualan sandwichnya adalah makanan tersebut harus enak dan sehat. Dari poin ini saja kita juga menyadari jika bisnis dan keperluan makanan sehat masih menjadi sebuah kebutuhan dan dapat menjadi sebuah bisnis yang relevan, apalagi berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh PBB di tahun 2019, menjual makanan sehat memberikan dampak positif baik itu untuk bumi maupun manusia yang memakannya.

Untuk Bumi manfaat dari membuka bisnis makanan sehat ini adalah mengurangi polusi. Pengolahan makanan tersebut meningkatkan jumlah polusi menjadi 20 hingga 30 persen polusi dunia. Sehingga masyarakat dunia disarankan untuk mengurangi konsumsi daging mereka karena kotoran binatang tersebut dapat menghasilkan polusi. Oleh sebab itu, masyarakat diharapkan untuk lebih mengkonsumsi sayur mayur atau tumbuhan. Maka dari itu tren bisnis plant based food juga bisa menjadi peluang.

Sayur mayur
info gambar

Tren bisnis makanan sehat menjadi sebuah langkah pencegahan krisis iklim dunia dan langkah untuk mengurangi dampak buruk terhadap global warming. Dengan begitu, manusia tetap dapat mencukupi kebutuhan pangan mereka tanpa merusak bumi. Selain mendapatkan manfaat yang bagus untuk tubuh kita juga bisa berkontribusi dalam menjaga kelangsungan planet kita dengan mengurangi limbah polusi.

Sedangkan bagi manusia atau masyarakat adalah mendapatkan kesehatan yang lebih prima dengan mengkonsumsi makanan sehat tersebut. Sekarang makanan sehat tidak hanya dikonsumsi oleh kelompok tertentu, tapi semua orang yang mulai sadar akan manfaat hidup sehat yang dimulai dengan memakan makanan sehat. Tentu saja hal ini memberikan ide bagi beberapa orang untuk membuka bisnis makanan olahan vegan, dengan olahan yang menarik dan dapat menarik minat pembeli untuk melirik hasil jualannya. Sehingga, makanan vegan bisa menjadi salah satu makanan lezat dan tidak membosankan bagi banyak orang nantinya.

Jadi saat ini makanan sehat sedang menjadi salah satu kebutuhan yang dicari oleh masyarakat juga bisa menjadi inspirasi dalam berbisnis. Apalagi di masa seperti ini makanan sehat merupakan salah satu keperluan esensial yang diperlukan oleh banyak orang. Sehingga bisa menjadi sebuah bisnis dengan penghasilan lumayan tapi modal sedikit.

Apakah kalian tertarik untuk menjalani bisnis ini sebagai penghasilan tambahan?

--

Sumber Foto :

https://seaofblush.com/cloud-bread-recipe/

https://pixabay.com/photos/salad-fruits-berries-healthy-2756467/

https://pixabay.com/photos/salad-fruits-berries-healthy-2756467/

https://unsplash.com/photos/BKuZg0mwiXc

https://pixabay.com/photos/dalgona-coffee-coffee-dalgona-drink-5489303/

https://pokethedough.com/2020/04/29/korean-cream-cheese-garlic-bread/

Sumber Artikel :

https://www.idntimes.com/food/dining-guide/tres/fakta-tentang-korean-garlic-bread-c1c2/5

https://www.paper.id/blog/bisnis/makanan-sehat-fnb/

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200717152811-262-525939/korean-garlic-bread-dari-kaki-lima-sampai-viral-di-indonesia

https://www.femina.co.id/food-trend/garlic-cheese-bread-ala-korea-yang-lagi-viral

https://newsmaker.tribunnews.com/2020/04/08/dalgona-coffe-viral-ini-sosok-yang-pertama-kali-mempopulerkannya-aktor-tampan-asal-korea-selatan?page=all#:~:text=Bahkan%20sederet%20selebriti%20juga%20mencoba,mulanya%20melakukan%20perjalanan%20ke%20Makau.

Catatan Redaksi:

Penulis merupakan peserta magang jurnalistik yang diselenggarakan GNFI untuk periode Agustus 2020.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

HD
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini