Dari Barat ke Timur, Ini 7 Destinasi Wisata #DiIndonesiaAja Wajib Kunjung Sekali Seumur Hidup

Dari Barat ke Timur, Ini 7 Destinasi Wisata #DiIndonesiaAja Wajib Kunjung Sekali Seumur Hidup
info gambar utama

Kawan, sudah sejauh mana kalian menjelajah Indonesia? Jika ditelusuri soal keindahan alam Indonesia, sepertinya tak akan cukup usia kita menjelajah semuanya.

Dari Sabang sampai Merauke, tempat wisata di Indonesia bagai hamparan permadani dengan keindahan alam yang elok dan memesona. Mulai dari kekayaan alam bawah laut hingga gugusan pegunungan, Indonesia adalah juaranya.

Lain itu kawan, tak hanya kekayaan alamnya yang melimpah, budayanya pun sangat beragam. Setiap daerah memiliki budaya khas yang menjadikan negeri ini semakin berwarna.

Berikut rangkuman 7 tempat wisata di Indonesia yang wajib kawan kunjungi #DiIndonesiaAja, minimal sekali seumur hidup.

Ekowisata Tangkahan

Tangkahan
info gambar

Tangkahan merupakan salah satu Kawasan wisata ekosistem (ekowisata) yang terletak di wilayah Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), yang masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Wilayah ini terkenal dengan hutan hujan tropisnya.

Tangkahan juga dijuluki The Hiden Paradise in Sumatra, yang jadi salah satu tempat wisata andalan di Sumatra Utara, selain Danau Toba, Berastagi, dan Bukit Lawang tentunya.

Di Kawasan itu, kawan bisa menjelajahi hutan, jelajah arus sungai, memandikan gajah, berkemah, dan menikmati panorama dari atas jembatan gantung.

Kepulauan Belitung

Kepualauan Belitung
info gambar

Nama Belitung makin populer sejak munculnya novel “Laskar Pelangi” karya Andrea Hirata. Pulau yang dulunya terkenal sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia ini nyatanya menawarkan surga wisata yang memesonakan mata.

Ciri khas pantai di Kepulauan Belitung adalah batu granit raksasa yang tersebar di segala penjuru. Air laut yang biru jernih, pasir putih, dan pepohonan kelapa di bibir pantai adalah kombinasi sempurna untuk menciptakan momen liburan tak terlupakan.

Dieng Plateau

Dieng Plateau
info gambar

Bergeser ke Jawa Tengah, nama tempat ini pun telah populer dikalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Adalah Dataran Tinggi Dieng yang selalu jadi tujuan favorit wisatawan sepanjang tahun.

Kawasan wisata yang berada pada ketinggian 2.000 mdpl yang juga dikenal sebagai Dieng Plateau ini merupakan sebuah kaldera yang dikelilingi gunung aktif. Di sana, hawa dingin nan menusuk tulang memang sudah menjadi ciri khas kawasan tersebut.

Bahkan pada waktu-waktu tertentu, suhunya bisa mencapai minus. Jika beruntung, kawan GNFI bisa menemukan salju pada pucuk-pucuk daun di sana.

Secara umum, banyak spot menarik yang bisa kawan temui di sana, seperti Telaga Warna, Kawah Candradimuka, Kompleks Candi Arjuna, Bukit Sikunir, dan lainnya.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran
info gambar

Jika kawan sedang mencari tempat liburan berupa wisata alam terbaik di Indonesia dengan pesona ala padang sabana Afrika, maka bisa sambangi Taman Nasional Baluran. Di taman nasional ini akan kawan temukan padang sabana yang sangat luas.

Lain itu, di sana juga kawan bakal menemukan aneka ragam satwa yang sulit ditemukan di wilayah lain. Meski begitu, waspada jika berinteraksi langsung dengan mereka.

Selain tampil dengan sabana yang memesona, kawan juga akan ditemani pemandangan laut yang tak kalah cantik. Kawasan itu juga terkenal dengan terumbu karang yang bisa dinikmati ketika kawan melakukan renang permukaan (snorkeling).

Trio Gili

Gili Trawangan
info gambar

Trio Gili merupakan tiga pulau cantik yang ada di Pulau Lombok. Ketiga pulau tersebut adalah Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Ketiganya tak hanya dikenal oleh wisatawan domestik, tapi juga oleh pelancong mancanegara.

Di wilayah perairan ini, tentu banyak kegiatan yang bisa kawan lakukan, semisal berjemur, menyelam (diving), dan snorkeling. Ketiga pulau itu memiliki pemandangan bawah laut yang cukup kalah menarik dan menunggu kawan untuk dikunjungi dan menikmati citarasa eksotisnya.

Pulau Komodo

Pulau Komodo
info gambar

Masuk ke kawasan Indonesia bagian timur ada Pulau Komodo, yang masuk dalam wilayah Taman Nasional Komodo. Pada tahun 1986, UNESCO telah menetapkan tempat wisata di Indonesia ini sebagai salah satu situs warisan dunia.

Pulau ini merupakan tempat tinggal habitat kadal purba, Komodo, yang tentunya amat sangat dilindungi. Atas keunikannya itu, Pulau Komodo menerima salah satu penghargaan tertinggi yang masuk dalam jajaran tujuh kejaiban alam di dunia atau yang lebih dikenal dengan New Seven Wonders of Nature pada 2011.

Di sekitaran pulau juga ada daya tarik lain, yakni dengan hadirnya pantai merah muda, atau tenar disebut Pink Beach. Warna ini diduga berasal dari serpihan koral yang hancur dan tercampur dengan pasir pantai. Saat terkena ombak, warna merah muda semakin terlihat jelas karena basah.

Raja Ampat

Raja Ampat
info gambar

Raja Ampat boleh jadi merupakan primadona baru di dunia pariwisata Indonesia. Pesona tempat wisata di Indonesia ini mulai banyak dikenal baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Raja Ampat sendiri merupakan kumpulan dari pulau-pulau di ujung Papua. Ada empat pulau utama di sana, yakni Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta. Soal kekayaan alam bawah lautnya, jangan ditanya kawan.

Perairan di Raja Ampat juga dikenal sebagai salah satu lokasi menyelam dan snorkeling terbaik di dunia. Bahkan The Nature Conservancy menyebut sekitar 75 persen biota laut yang ada di dunia, bisa ditemukan di perairan ini.

Jika kawan berkunjung ke sana, warga setempat akan dengan senang hati menawarkan jasa sebagai pemandu. Selama perjalanan, kawan bisa mampir ke rumah-rumah adat dan berinteraksi secara langsung untuk membeli kerajinan tangan mereka, seperti patung suku Asmat dan alat musik tradisional sebagai buah tangan.

Nah kawan, bagaimana? Menarik bukan. Yuk siapkan rencana liburanmu untuk menyambangi tempat-tempat tadi. Ketimbang liburan ke luar negeri, mending #DiIndonesiaAja.

Meski begitu, jika akan melakukan liburan dengan keluarga, kawan, sejawat, atau pasangan, ada baiknya kawan GNFI tetap mengikuti semua protokol kesehatan yang ditentukan pemerintah. Seperti selalu menggunakan masker, menghindari kerumunan, menjaga jarak dengan orang asing, dan yang tak kalah penting sesering mungkin untuk cuci tangan.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini