Selain Pantai, Ini 5 Destinasi Wisata Instagenic di Lampung

Selain Pantai, Ini 5 Destinasi Wisata Instagenic di Lampung
info gambar utama

Kawan GNFI, destinasi wisata di Indonesia memang tak pernah ada habisnya. Tanah Nusantara selalu menawarkan pesona alam yang luar biasa indah, salah satunya adalah Provinsi Lampung, yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatra.

Selain destinasi wisata pantai, Lampung juga memiliki ragam panorama lainnya yang tak kalah elok dan populer. Hal ini tak lepas dari upaya pemerintah daerah melalui sektor pariwisata yang terus menggenjot para wisatawan baik domestik maupun mancanegara ke sana.

Data Dinas pariwisata Provinsi Lampung mencatat bahwa sejak 2014 hingga 2018, kunjungan wisata di kawasan itu tumbuh pesat.

Jika melihat perkembangan dari tahun ke tahun, kunjungan wisatawan ke Lampung naik cukup signifikan. Tahun 2014, kunjungan wisatawan nusantara hanya 4,32 juta, tahun 2015 naik 5,37 juta, tahun 2016 naik jadi 7,38 juta, tahun 2017 jadi 11,39 juta, dan di tahun 2018 naik hingga 13,93 juta kunjungan.

Sementara untuk kunjungan wisatawan mancanegara, tahun 2014 mencapai 95 ribu, tahun 2015 naik jadi 114 ribu, tahun 2016 155 ribu, tahun 2017 245 ribu, dan tahun 2018 274 ribu.

Jumlah wisatawan Lampung

Meski begitu, nyatanya jumlah kunjungan pelancon menurun pada 2019. Dari target 14 juta kunjungan domestik, hanya terkoreksi 12 juta kunjungan saja. Sementara kunjungan wisman belum tercatat secara rinci.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Edarwan, mengatakan pada Antara bahwa kunjungan wisata menurun pada awal tahun 2019 akibat bencana tsunami Selat Sunda pada akhir 2018.

Namun kabar baiknya adalah kunjungan wisatawan pada akhir tahun 2019 yang tercatat di angka 10 juta kunjungan, turut membantu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan secara keseluruhan.

Lonjakan wisatawan untuk berlibur di berbagai objek wisata pantai Lampung pada libur akhir tahun 2019 terjadi akibat adanya perbaikan akses menuju Provinsi Lampung.

''Pemerintah mencoba memperbaiki akses menuju objek wisata secara perlahan, pada tahun 2020 ini akses jalan menuju objek wisata pantai di Kabupaten Pesawaran akan dibangun, dan pada saat ini pariwisata Lampung terbantu dengan adanya jalan tol, dermaga eksekutif, dan international airport,'' tandasnya.

Lokasi wisata Lampung yang instagenic

Secara umum, Lampung terkenal dengan destinasi wisata nan elok di kawasan pantai. Meski begitu, ternyata banyak sekali kawasan lain selain pantai yang asik untuk disambangi kawan GNFI, baik dengan keluarga maupun pasangan.

Saking menariknya, kawasan-kawasan wisata ini pun tenar dengan panorama alam yang instagenic atau layak posting di instagram. Berikut beberapa di antaranya;

1. Bukit Pangonan

Kawan yang pernah berkunjung ke kawasan Dieng, mungkin tak asing dengan nama Bukit Pangonan. Dataran tinggi di Jawa Tengah itu memang merupakan salah satu destinasi wisata favorit para pelancong. Ternyata, nama Bukit Pangonan juga ada di Lampung dan memiliki pesona alam yang tak kalah memesona.

Bukit Pangonan berada di daerah dataran tinggi di Kabupaten Pringsewu. Kawan bisa menikmati pemandangan barisan gunung di Sumatra dari kejauhan, sekaligus menghirup udara yang segar dan bersih. Panorama yang indah ini layak untuk didokumentasikan sebagai unggahan wisata di Instagram.

2. Muncak Tirtayasa

Bagi kawan yang menggemari lokasi wisata bertema perbukitan, bisa juga mendatangi Muncak Tirtayasa. Destinasi ini merupakan salah satu lokasi yang tidak boleh kawan lewatkan saat menyambangi Lampung.

Sama seperti Bukit Pangonan, kawan pun bisa menyaksikan indahnya pemandangan alam dari ketinggian di kawasan Muncak Tirtayasa seraya menikmati udara yang sangat sejuk atau sekadar menjernihkan pikiran.

Berkunjung pada pagi maupun malam hari pun tak soal. Jika kawan datang pada siang hari, maka bisa memanjakan mata dengan lansekap indah, seperti pemandangan dataran hijau, laut, dan perkotaan dari kejauhan.

Sementara bagi yang datang pada malam hari, kawan bakal terpana dengan pemandangan temaram langit bertabur bintang serta indahnya permainan sinar lampu kota.

3. Kampung Pelangi

Jika selama ini Kampung Pelangi tenar di kawasan Semarang, maka Lampung juga memiliki objek wisata dengan mana yang sama. Namun Kampung Pelangi di Lampung terletak di lokasi yang rimbun dengan pepohonan.

Kawasan ini menampilkan pemandangan yang unik, yakni warna-warni ragam dekorasi yang sengaja disusun agar terlihat lebih memikat. Kemudian, ada hammock dan barisan payung yang ditata sedemikian rupa sehingga nampak menarik.

Alhasil, kawasan ini pun tepat untuk menjadi latar belakang foto Instagram yang atraktif.

4. Outbond Camp 91

Sesuai dengan namanya, Outbond Camp 91 adalah kawasan perkemahan yang bisa dimanfaatkan untuk menggelar kegiatan luar ruangan (outbond). Kawasan ini cocok sekali untuk melakukan kegiatan kelompok dari sekolah, universitas, atau kantor yang ingin menguji keterampilan serta kerja sama tim.

Selain itu, di lokasi ini kawan juga dapat menikmati pemandangan yang terhampar indah dan menjadi salah satu lokasi favorit para penggemar fotografi untuk berburu rangkaian gambar nan menawan.

Mengambil foto pemandangan dari ketinggian juga tak jadi soal karena tersedia banyak gardu pandang yang bisa memudahkan kawan utuk memotret dan kemudian mengunggahnya ke instagram.

5. Puncak Mas Sukadanaham

Tempat lain yang dapat dijadikan destinasi untuk menghabiskan waktu sepanjang hari adalah Puncak Mas Sukadahanan. Serupa dengan wisata perbukitan pada umumnya, di lokasi ini juga banyak spot foto menarik yang bisa memperkaya konten akun instagram menjadi lebih semarak.

Salah satu yang menjadi favorit para pengunjung adalah rumah pohon berbentuk unik dengan tangga berwarna merah di bawahnya.

Nah, Bagamana kawan, menarik bukan. Yuk segera bergegas!

Baca juga:

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Mustafa Iman lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Mustafa Iman.

Terima kasih telah membaca sampai di sini