Upaya Shopee Menjaga Roda Ekonomi di Indonesia Saat Pandemi

Upaya Shopee Menjaga Roda Ekonomi di Indonesia Saat Pandemi
info gambar utama

Kawan GNFI, Shopee yang merupakan salah satu platform e-commerce di Indonesia mengumumkan performa bisnis mereka pada periode kuartal II 2020 atau selama pandemi Covis-19 berlangsung. Beberapa di antaranya adalah meraih peringkat terbaik untuk aplikasi e-commerce dengan pengguna aktif terbanyak.

Berdasarkan riset dari App Annie, dari segi transaksi Shopee mencatatkan pencapaian lebih dari 260 juta transaksi selama kuartal II. Yang artinya jika di rata-rata dalam sehari e-commerce ini berhasil mencatatkan lebih dari 2,8 juta transaksi. Angka itu meningkat 130 persen ketimbang tahun 2019 pada periode yang sama.

Hal itu tentu menjadi sorotan Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia, yang mengatakan mengatakan bahwa selama kuartal II tahun 2020 pihaknya mencatat adanya perubahan perilaku masyarakat yang berdampak terhadap pertumbuhan transaksi khususnya di e-commerce.

PSBB dan pembatasan aktivitas disinyalir menjadi salah satu faktor makin banyaknya transaksi online yang diraih Shopee.

''Seperti yang kita ketahui, perubahan tersebut membawa kebiasaan dan anggapan baru akan mudahnya memenuhi kebutuhan melalui e-commerce. Hal ini menjadi indikator positif bagi industri e-commerce seperti Shopee, yang terbukti tetap bisa menyokong kebutuhan masyarakat, dan yang paling penting terbukti berperan sebagai penjaga berputarnya roda ekonomi Indonesia di tengah masa pandemi,'' paparnya dalam online media gathering Shoppe, Selasa (1/9/2020).

Upaya itu tentunya tak berhenti sampai di sana, karenanya Handhika menngatakan bahwa pihaknya akan terus mencoba menggenjot roda ekonomi masyarakat.

''Oleh karenanya, kini kami hadirkan kembali kampanye Shopee 9.9Super Shopping Day sebagai salah satu upaya kami mendorong pemulihan kondisi ekonomi Indonesia.”

media gathering shopee

Dukungan dan harapan pemerintah terhadap pelaku e-commerce

Di tengah kondisi pandemi Covid-19 khususnya di Indonesia, boleh jadi diperlukan kerja sama strategis dan sinergi antar berbagai pihak guna memulihkan dan menjaga roda ekonomi Indonesia agar stabil. Kerja sama itu bisa datang dari pemerintah, swasta, dan pelaku usaha atau UMKM.

Terkait hal itu, Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Agus Suparmanto, pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa saat ini memang dibutuhkan sinergi dan kerjasama yang erat antara berbagai pihak untuk mewujudkan pemulihan ekonomi Indonesia di tengah pandemi, dan pemerintah mendukung penuh upaya itu.

‘’Contoh nyatanya adalah tersedianya fasilitas jual beli bagi masyarakat. Kita harus tetap menjaga roda perdagangan tetap berjalan dengan baik melalui transaksi-transaksi, baik yang terjadi di pasar rakyat maupun di platform daring. Oleh karena itu, sinergi dan kerja sama antar berbagai pihak harus tetap terjaga dengan baik,’’ tandasnya.

‘’Kami berharap Shopee tetap senantiasa berkomitmen membantu pelaku UMKM di dalam negeri agar bisa memasarkan produknya ke pasar yang lebih luas, bukan hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri, khususnya di tengah situasi pandemi Covid-19 dan masa transisi menuju era adaptasi kebiasaan baru”.

menperindag

Metode logistik dan pembayaran berkualitas

Dalam menerapkan upaya itu, sederet fitur in-app dan layanan dari Shopee terus dikembangkan untuk memaksimalkan servis layanan. Hal itu juga diharapkan memberikan manfaat kepada konsumen dan memastikan tiap transaksi berjalan dengan baik.

Guna mengakomodir adanya permintaan membeludak terhadap transaksi online, Shopee menawarkan ekosistem logistik dan system pembayaran untuk membantu mitra brand dan penjual bertemu sesuai kebutuhan konsumen.

Shopee juga mengatakan akan terus berkomitmen untuk memperkuat performa kedua indikator tersebut. Mulai dari pelayanan di gudang hingga menggandeng mitra terpercaya.

Untuk itu, ada sederet layanan dan inovasi untuk memaksimalkan pengalaman belanja konsumen melalui metode logistik, di antaranya:

  • Tim Customer Service yang dapat dihubungi di pelbagai kanal (e-mail, call center, media sosial) yang beroperasi selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu.
  • Penguatan tim Fraud untuk terus melakukan pemantauan terhadap isu-isu yang sekiranya berpotensi merugikan pihak internal dan eksternal.
  • Menggandeng mitra logistik terpercaya guna menjamin pesanan sampai ke tangan konsumen dengan aman dan cepat. Saat ini disebutkan Shopee telah bekerja sama dengan ragam mitra logistik, salah satunya seperti J&T Express.
  • Layanan one stop solution untuk pengemasan dan pengiriman dengan mengedepankan kecepatan yang dibentengi sistem keamanan 24 jam, baik di gudang mengelola berbagai produk, stok, dan pesanan dari para mitra brand dan penjual.
  • Yang terakhir adalah layanan Shopee Xpress yang mengedepankan pengiriman cepat dengan rata-rata pesanan dikirim 2 jam setelah konsumen menyelesaikan transaksi.

Sedangkan yang terbaru dari layanan metode pembayaran yang ditawarkan, yakni;

  • ShopeePay yang merupakan layanan e-money guna memberikan variasi metode pembayaran lain bagi pengguna. Layanan ini telah dijamin keamanannya di bawah supervisi OJK dan Bank Indonesia. ShopeePay mencatat pertumbuhan e-money terpesat di Indonesia menurut riset YouGov.
  • Cash on Delivery alias CoD yang menjadi salah satu solusi metode pembayaran pengguna yang nyaman dan aman selama berbelanja online. Tercatat adanya kenaikan hampir 2,5 kali lipat untuk penggunaan layanan CoD selama kuartal II 2020.

pertumbuhan emoney shopee

Peningkatan layanan mitra logistik

Robin Lo, CEO J&T Express, pada kesempatan itu juga menjelaskan bahwa pihaknya selaku salah satu mitra logistik Shopee berupaya tak lelah memberikan layanan serta promosi terbaik bagi konsumen. Baik itu penjual maupun pembeli demi mendorong pemulihan ekonomi Indonesia di tengah pandemi.

‘’Hingga saat ini, J&T Express terus mendukung setiap program besar Shopee dan menjadi mitra resmi Cash on Delivery (CoD) Shopee di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, sebagai upaya kami untuk mendorong penjual tetap produktif dan semangat, kami menginisiasi program khusus penjual di Shopee, dimana penjual dengan pengiriman paket terbanyak menggunakan J&T Express dapat memenangkan berbagai Grand Prize.”

Nah, kawan GNFI pengguna platform Shopee tentu masih dapat menikmati kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day hingga 13 September 2020 dengan gratis ongkir XTRA, Late Night Sale Rp99, dan Shopee Tanam berhadiah 9,9 juta.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini