Digitalisasi UMKM Melalui Event MotoGP Mandalika 2021

Digitalisasi UMKM Melalui Event MotoGP Mandalika 2021
info gambar utama

Negara Indonesia dalam beberapa waktu mendatang tepatnya pada Oktober 2021, Indonesia akan membuka sejarah baru di dunia pariwisata yang berkolaborasi dengan event olahraga yaitu menjadi salah satu tuan rumah MotoGP di sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Event tersebut akan didukung dengan adanya pemanfaatan digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bekerja sama dengan dompet digital DANA.

Pemilik slogan Dompet Digital Indonesia, DANA memiliki komitmen untuk mendukung Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi melalui program digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta percepatan adopsi budaya non tunai di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Dikutip GoodNews From Indonesia Dedy Sahat, Direktur Business Development DANA saat berkunjung ke Mandalika dan berbincang-bincang dengan sejumlah pelaku UMKM di Lombok mengatakan bahwa Kawasan Ekonomi Khusus, seperti Mandalika, merupakan kawasan dengan keunggulan geoekonomi dan strategis wilayah yang perlu mendapatkan dukungan dari semua ekosistem, termasuk teknologi finansial.

“DANA meyakini bahwa transformasi digital menjadi kunci, fondasi vital, sekaligus nilai tambah yang diperlukan oleh Mandalika sebagai Kawasan Ekonomi Khusus. Sebagai salah satu daerah tujuan investasi, Mandalika membutuhkan dukungan berupa kesiapan dan kompetensi ekosistem sosio ekonomi lokal, termasuk para pelaku UMKM, dalam menjawab tantangan era digital. Kehadiran DANA di Mandalika dan NTB adalah untuk membantu UMKM menemukan solusi untuk menjawab tantangan tersebut melalui digitalisasi dan implementasi budaya non tunai,” ujar Dedy.

Mengenal Dompet Digital DANA

sumber:Dana.id
info gambar

Layanan DANA merupakan wadah untuk programer - programer muda Indonesia untuk mengembang skill dan kemampuan dan tidak bergantung pada kemampuan programer asing. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya transfer teknologi untuk anak muda Indonesia dalam menyambut teknologi pada masa depan. Ini juga dapat diartikan bahwa ekonomi masa depan adalah ekonomi digital. DANA hadir dengan sokongan investor kelas dunia PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK) sebagai pemegang saham mayoritas, dan Ant Financial. Meluncur pada tahun lalu, pemain baru dompet digital ini ingin berkontribusi pada program besar pemerintah, Bank Indonesia (BI), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

DANA menyediakan berbagai macam fitur untuk melakukan pembayaran, yang memungkinkan untuk mempermudah bagi penggunanya, baik dari sisi penjual maupun konsumen untuk melakukan transaksi secara non tunai dan non kartu secara mudah, aman, dan efisien. Selain itu, DANA telah terintegrasi dengan platform merchant dan mitra pembayaran lain. Sebagai dompet digital, DANA dapat dimanfaatkan oleh beragam sektor, termasuk pendidikan, layanan publik, layanan sosial, hingga pedagang kaki lima untuk mendukung setiap transaksi dengan mudah dan aman.

Dalam hal inovasi, DANA mengadopsi teknologi kelas dunia yang dikembangkan oleh para programer lokal, yakni anak-anak muda Tanah Air yang memiliki kompetensi global. Hal ini menjadikan DANA siap diandalkan oleh beragam sektor untuk mendukung peningkatan produktivitas dan efisiensi secara signifikan.

Keuntungan Pengguna DANA

Kawan GNFI, pemanfaatan teknologi digital sekarang ini akan memudahkan sekaligus menjamin keamanan bertransaksi bagi wisatawan yang akan datang berkunjung ke depannya semakin penting. Mengingat pada rencana pengembangan KEK Mandalika yang akan menjadikan kawasan itu sebagai kluster sportainment bertaraf internasional, yang di dalamnya terdapat sirkuit untuk ajang MotoGP 2021. Ajang balap motor dunia itu diperkirakan memberikan dampak ekonomi yang sangat besar terhadap sektor perekonomian di Lombok, mulai dari penciptaan lapangan kerja langsung bagi sekitar 7.500 orang, penambahan investasi, serta peningkatan jumlah kunjungan dan belanja wisatawan asing hingga 40 juta dolar AS per tahun.

Optimisme UMKM lombok untuk bisa mendunia sangat mempengaruhi segala aspek dalam masyarakat Indonesia. Selain itu, dengan adanya kolaborasi pemanfaatan teknologi digital DANA dapat membantu mempermudah bagi sektor UMKM di Lombok bisa lebih berkembang sampai ke mancanegara.

Karena layanan yang diberikan oleh DANA menyangkut uang, maka walaupun mudah, solusi yang dihadirkan harus sangat aman. Oleh karena itu, Infrastruktur yang dimiliki oleh DANA memiliki tingkat keamanan tinggi selevel dengan tingkat keamanan perbankan.

Saat ini, DANA sudah menjalin kerja sama sebagai mitra pembayaran dengan ribuan merchant di NTB. DANA terus berupaya untuk mendorong dan menjaring lebih banyak merchant, termasuk UMKM, sebagai mitra. Hal ini juga sebagai komitmen DANA dalam mendukung target pemerintah menghubungkan 2 juta UMKM dengan pemanfaatan metode digital hingga akhir tahun 2020.

sumber: Dana.id | Radarlombok.co | liputan6

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini