Terbaru! Inilah 10 Universitas Swasta Terbaik di Yogyakarta 2020

Terbaru! Inilah 10 Universitas Swasta Terbaik di Yogyakarta 2020
info gambar utama

Selain terkenal dengan budayanya yang khas, Yogyakarta juga terkenal sebagai kota pelajar. Terdapat puluhan kampus yang memiliki kualitas dan reputasi yang baik. Tak heran kota ini bisa disebut miniatur Indonesia karena setiap tahun selalu menjadi destinasi favorit bagi para pelajar dari seluruh wilayah di Indonesia.

Biaya hidup yang terjangkau, aneka kuliner yang beragam, tempat wisata yang hits, serta atmosfer intelektual dan kreativitas yang kuat menjadi alasan utama banyaknya mahasiswa yang kepincut untuk menetap dan menuntut ilmu di Jogja.

Tulisan kali ini akan mengulas mengenai peringkat universitas swasta terbaik di Yogyakarta 2020 versi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Pada pertengahan bulan Agustus 2020, Kemendikbud secara resmi mengumumkan peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Penilaian ini dibagi menjadi beberapa kluster sesuai indikator penilaian yang digunakan. Penilaian yang pada tahun ini melibatkan 2.136 kampus di Indonesia.

Hasil klusterisasi tersebut akan digunakan menjadi landasan bagi Kemendikbud dan perguruan tinggi dalam melaksanakan perbaikan terus-menerus yang bertujuan meningkatkan performa dan kesehatan organisasi.

Penyusunan klusterisasi ini memakai empat jenis sumber data, yakni:

  • Data dari Pangkalan Data Dirjen Pendidikan Tinggi (PD Dikti)
  • Data yang tidak tercakup di PD Dikti tetapi merupakan hasil penilaian dari unit kerja Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
  • Data yang belum tercakup di PD Dikti tetapi dikumpulkan secara terstruktur oleh unit kerja dan sangat relevan dengan klusterisasi perguruan tinggi.
  • Data dari eksternal Kemendikbud tetapi sudah mapan dan dapat menggambarkan kualitas perguruan tinggi, yakni data akreditasi, kinerja penelitian, inovasi, data pengabdian masyarakat, dan data publikasi terindeks Scopus

Kemendikbud memberlakukan empat indikator penilaian, yakni Input, Proses, Output, dan Outcome. Berdasarkan penilaian tersebut, inilah 10 Universitas Swasta terbaik di Daerah Istimews Yogyakarta:

  1. Universitas Islam Indonesia (peringkat 25 nasional)
  2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (peringkat 35 nasional)
  3. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (peringkat 38 nasional)
  4. Universitas Sanata Dharma (peringkat 43 nasional)
  5. Universitas Ahmad Dahlan (peringkat 52 nasional)
  6. Universitas Kristen Duta Wacana (peringkat 99 nasional)
  7. Universitas Amikom Yogyakarta (peringkat 116 nasional)
  8. Universitas Janabadra (peringkat 134 nasional)
  9. Universitas Alma Ata (peringkat 149 nasional)
  10. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (peringkat 158 nasional)

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini