Begini Cara Menyusun Strategi Bisnis yang Benar untuk Pemula

Begini Cara Menyusun Strategi Bisnis yang Benar untuk Pemula
info gambar utama

Rencana bisnis menjadi salah satu hal yang sangat penting sebagai sebuah peta untuk menuju kesuksesan. Dalam pencapaian itu, perlu memiliki konsep serta strategi bisnis yang matang. Perencanaan bisnis haruslah dibuat dengan sebaik-baiknya sehingga nantinya, bisnis akan memiliki potensi untuk meningkatkan keberhasilan usaha

Perusahaan yang merencanakan bisnisnya dengan baik akan lebih cepat mencapai kesuksesan daripada perusahaan yang tidak memiliki, atau bahkan tidak melakukan perencanaan bisnis. Lalu, bagaimana cara membuat rencana bisnis yang baik, apa saja yang perlu di siapkan dalam perencanaan bisnis?

Deskripsi Usaha

Ilustrasi | Foto: freepik.com
info gambar

Sebelum memulai sebuah usaha, sebaiknya tentukan dulu deskripsi usaha secara jelas dan mudah dipahami oleh semua orang. Deskripsi usaha bisa mencakup semua penjelasan tentang bentuk usaha yang dikelola, serta produk dan jasa yang ditawarkan. Tidak hanya itu, deskripsi usaha juga bisa menguraikan gambaran harga produk atau jasa, biaya operasional, target bisnis dan sistem kerja.

Mulailah dengan menyusun visi dan misi perusahaan dan rencana strategi perusahaan. Tuliskan juga tujuan yang ingin dicapai perusahaan hingga strategi marketing yang dilakukan, bagaimana target pasar perusahaan, keunggulan produk, lokasi, konsep manajemen, bentuk usaha, dan sebagainya.

Analisa dari Pesaing Usaha

Setelah selesai menyusun diskripsi usaha, sebaiknya lakukan analisa sederhana mengenai pesaing bisnis. Lakukan pengamatan sederhana terhadap kompetitor untuk dapat menciptakan strategi bisnis jitu. Selain itu ketahui juga kekuatan dan kelemahan pesaing bisnis.

Strategi Pemasaran Yang Tepat

Bisnis yang baik tentunya memiliki strategi pemasaran yang tepat. Hal ini akan menjadi poin penting dalam menentukan keberhasilan dari sebuah bisnis. Strategi pemasaran ini menggambarkan seberapa besar potensi bisnis yang Kawan jalankan.

Rencanakan strategi pemasaran dengan lengkap mulai dari promosi produk atau jasa, target pasar, biaya promosi, tempat dan waktu promosi, hingga media promosi. Pastikan selalu menerapkan 4P (Product, Price, Place, Promotion) dalam menjalani strategi pemasaran.

Sedikit tips, dalam membuat rencana pemasaran pastikan telah menyusun penjelasan pangsa pasar yang dipilih, bagaimana cara pemasaran produk yang telah di sesuaikan dengan target pasar, serta rencana biaya atau anggaran lain meliputi biaya promosi, penjualan, harga distribusi, dan sebagainya.

Membuat Laporan Keuangan

Ilustrasi | Foto: freepik.com
info gambar

Dalam sebuah bisnis, laporan keuangan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Maka dari itu, sebaiknya Kawan harus bisa membuat pembukuan keuangan bisnis secara rapi. Pastikan Kawan selalu membedakan antara modal usaha dengan keuangan pribadi.

Tata kelola bisnis yang baik akan mengantarkan usaha Kawan menuju kesuksesan. Pelajarilah segala macam pengelolaan keuangan mulai dari rencana anggaran belanja hingga laporan keuangannya.

Buatlah laporan khusus mengenai keuangan bisnis dengan menjelaskan laporan arus kas tahunan, harapan laba bisnis, modal yang diperlukan, biaya operasional, serta biaya-biaya tambahan lainnya.

Menjaga Kualitas Produk atau Jasa

Bisnis yang baik adalah bisnis yang selalu mengedepankan kualitas produk atau jasa kepada para pelanggan. Hal ini bertujuan sebagai pengembangan bisnis secara cepat, serta memiliki potensi keuntungan yang lebih besar.

Setiap bisnis atau usaha memang membutuhkan kerja keras demi meraih kesuksesan. Pastikan Kawan selalu menghadapi tantangan atau rintangan bisnis, termasuk melakukan analisa terhadap resiko bisnis ke depannya.*

Referenai: Vasiosta

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini