Bangga! Bahasa Indonesia Tembus Sebagai Bidang Studi di Negara Lain

Bangga! Bahasa Indonesia Tembus Sebagai Bidang Studi di Negara Lain
info gambar utama

Mungkin kedengarannya banyak yang cukup ragu jika ada yang bilang kalau Bahasa Indonesia ternyata juga dijadikan mata pelajaran di negara lain. Masih ragu? Tentu saja saat ini tak perlu ragu lagi, dan harus berbangga diri sebagai rakyat Indonesia karena beberapa negara sekarang sudah memberi program untuk belajar Bahasa Indonesia.

Hal ini tentu saja merupakan sebuah kemajuan, lantaran sekarang sudah banyak sekali orang dari luar negeri yang sedikit demi sedikit bisa Bahasa Indonesia. Selain menjadi kemajuan, hal ini juga menjadi pencapaian yang sungguh membanggakan karena kita sebagai warga Indonesia tak perlu minder lagi lantaran Bahasa “ibu” ini sudah sampai di berbagai negara, bahkan sudah dijadikan sebagai bidang pelajaran di beberapa sekolah.

Alasan mengapa Bahasa Indonesia patut masuk ke jajaran bahasa internasional ialah karena pada 28 Oktober 1928 Bahasa Indonesia dinobatkan sebagai bahasa pemersatu. Sehingga seiring berjalannya waktu, Bahasa Indonesia perlahan-lahan sudah mulai memasuki kancah internasional. Saat ini saja Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa resmi kedua di Vietnam.

Nah, setelah mengetahui jika Bahasa Indonesia sudah berhasil menembus internasional, sekarang giliran Kawan GNFI harus tahu jika Bahasa Indonesia juga menjadi mata pelajaran di sekolah-sekolah luar negeri. Berikut beberapa sekolah dan universitas yang memiliki bidang pelajaran Bahasa Indonesia.

Australia

Australia | Foto: Unsplash
info gambar

Negara yang bertetangga dekat dengan Indonesia ini ternyata memiliki program pelajaran Bahasa Indonesia di setiap sekolah dan Universitasnya. Universitas terkenal, seperti University of Southern Queensland dan Deakin University saja menawarkan program studi Bahasa Indonesia.

Selain universitas, sekolah Loyala College Watsonia juga menggunakan Bahasa Indonesia sebagai pelajaran agama Katolik di sekolah ini.

Fakta menarik selanjutnya, Bahasa Indonesia ternyata masuk pertama kali sebagai bahasa asing di benua Australia pada tahun 1700 yang diperkenalkan oleh para nelayan kota Makassar dan menjadi Bahasa terpopuler urutan kelima di Australia.

Jepang

Jepang menganggap bahasa Indonesia merupakan bahasa yang penting sehingga beberapa Universitas ternama di Jepang terdapat bidang study bahasa Indonesia
info gambar

Tak perlu sakit hati dengan negara Jepang yang pernah menjajah Indonesia, karena saat ini Jepang memprioritaskan Bahasa Indonesia di sana. Jika di Jepang banyak mahasiswa Indonesia yang mengambil mata kuliah jurusan Bahasa Jepang, maka di Jepang juga banyak mahasiswa lokal yang mengambil mata kuliah Bahasa Indonesia yang ternyata cukup banyak peminatnya.

Tiga Universitas ternama di Jepang menawarkan program studi berbahasa Indonesia, antara lain Kanda University of International Studies, Nihon University College of International Relations, dan Tokyo University of Foreign Studies.

Adapula satu-satunya sekolah yang memiliki jurusan Bahasa Indonesia, yaitu SMA Internasional Kanto yang sempat menampilkan beberapa tarian tradisional khas Indonesia di acara tahunan mereka.

Korea Selatan

Bahasa Indonesia merupakan bidang study terpopuler di salah satu kampus ternama Korea
info gambar

Siapa yang tak kenal dengan Korea Selatan? Orang Indonesia saja 95% mengidolakan artis-artis dari negara Ginseng tersebut. Tak heran juga jika presiden Indonesia berteman baik dengan presiden Korea Selatan.

Berkat hubungan baik antara Indonesia dan Korea Selatan, kini Bahasa Indonesia tembus menjadi Bahasa yang juga digunakan sebagai bidang studi paling populer dan banyak peminatnya di salah satu Universitas kondang Korea Selatan, Hankuk University. Ada sekitar 700 mahasiswa yang bersaing untuk bisa masuk ke dalam jurusan Bahasa Indonesia.

Hal ini tentunya sangat mempengaruhi hubungan perekonomian antara Indonesia dan Korea Selatan, karena Bahasa Indonesia dinilai dapat memudahkan mahasiswa dalam mencari pekerjaan lantaran banyaknya perusahaan Korea Selatan yang bekerja sama dengan Indonesia.

Bagaimana? Sudah merasa bangga dengan Indonesia yang berhasil menembus dunia Pendidikan di luar negeri? Tentu harus bangga, ya, karena pada kenyataannya untuk berhasil mengudara sebagai bahasa asing di negara lain itu tidaklah mudah.

Akan tetapi, Indonesia sendiri sudah membuktikan jika bahasa ini membawa pengaruh positif pada dunia Pendidikan di sekolah maupun universitas negara lain.

Selain ketiga negara di atas, ada beberapa negara lain juga yang membuka program studi Bahasa Indonesia, antara lain Kanada, Ukraina, Suriname, Vietnam, dan Amerika Serikat (Hawaii).

Di beberapa universitas di Indonesia sendiri juga dibuka program B.I.P.A atau singkatan dari Bahasa Indonesia bagi penutur asing. Melihat banyaknya orang dari negara lain yang tertarik dengan segala hal tentang Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akhirnya memutuskan untuk membuat program B.I.P.A ini demi memperkenalkan dan membimbing orang yang berasal dari negara lain untuk lebih tahu dan paham tentang Indonesia, bukan hanya dari segi bahasa namun dari segi kesenian juga.

Program ini diharapkan dapat membuat Indonesia semakin maju dan dikenal oleh dunia luar, mengingat ada sekitar 4.463.950 lebih orang Indonesia yang tersebar luas di seluruh penjuru dunia.

Dengan begitu, diharapkan nantinya bisa membawa nama baik Indonesia dan bisa membawa Bahasa Indonesia lebih mendunia lagi.

Referensi: Merdeka.com | Republika.co.id | Malangtimes.com | Kompas.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini