Sejarah Hari Ini (13 September 2013) - Renang Estafet Keliling Danau Toba

Sejarah Hari Ini (13 September 2013) - Renang Estafet Keliling Danau Toba
info gambar utama

Dalam memeriahkan Festival Danau Toba, sebuah event renang eksebisi digelar di Samosir, Sumatra Utara, pada 13 September 2013.

Pada kesempatan itu 12 perenang nasional melakukan renang estafet tercepat sejauh 120 km selama tiga hari mengelilingi Danau Toba.

kegiatan renang ini disebut-sebut merupakan yang pertama kali di dunia dan tercepat.

Christopher Guesdon, dari induk organisasi internasional olahraga air, Fédération Internationale de Natation (FINA), mengaku salut adanya eksebisi renang di Danau Toba yang disebutnya pertama kalinya di dunia.

''Kegiatan swim around Lake Toba adalah yang pertama di dunia dan patut diselenggarakan pada event tertentu,” kata Guesdon kala itu.

Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) lantas memberikan penghargaan pada pihak yang menggelar renang eksibisi tersebut.

Perwakilan MURI, Yusuf Ngadri, menyerahkan dua piagam penghargaan MURI kepada Pemrakarsa Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar dan Bupati Samosir Mangindar Simbolon selaku penyelenggara.

"MURI memberikan penghargaan rekor dunia kepada pemrakarsa dan panitia karena telah sukses melaksanakan kegiatan ini dengan cepat dan unik. Perenang sangat unik karena mampu berenang tanpa alat bantu seperti sepatu renang dan oksigen. Jadi rekornya ada di jarak terjauh, tercepat dan terunik,” jelas Yusuf.

---

Referensi: MURI.org

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini