Cari Tahu Deretan Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Cari Tahu Deretan Makanan Penurun Kolesterol Tinggi
info gambar utama

Kolesterol tinggi adalah suatu kondisi saat kadar kolesterol yang terdapat dalam darah mengalami peningkatan melebihi batas normal. Kolesterol termasuk jenis senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi oleh hati, dan sebagiannya lagi dihasilkan dari makanan tertentu.

Orang yang menderita kolesterol tinggi jika tidak segera diatasi dapat meningkatkan risiko serangan berbagai jenis penyakit serius. Penyakit yang umum diderita oleh penderita kolestrol tinggi sering dikaitkan dengan penumpukan kadar kolesterol berlebih pada pembuluh darah, seperti penyakit stroke dan serangan jantung.

Lalu, bagaimana cara alami untuk menurunkan kolesterol tinggi? Ada banyak cara yang bisa Kawan lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat penurun kolesterol tinggi. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah.

Makanan Sehat | pixabay.com
info gambar

Bayam

Bayam mengandung zat yang bernama lutein. Zat lutein sangat baik untuk melindungi kesehatan tubuh, mencegah serangan jantung, dan juga stroke. Selain dapat menurunkan kolesterol tinggi, ternyata rutin mengonsumsi bayam juga dipercaya efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat.

Buncis

Buncis dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang di dalamnya mengandung lemak sangat rendah. Bahkan di dalam sayuran ini memiliki kandungan karbohidrat baik dan dibutuhkan oleh mereka yang menderita penyakit diabetes dan resistensi insulin. Dengan mengkonsumsi jus buncis secara rutin satu gelas sehari mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Kacang Kedelai

Kacang kedelai adalah jenis makanan yang sering dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan makanan olahan, seperti tahu, tempe, dan bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat minuman, seperti susu kedelai yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan Isoflavin yang terdapat pada kacang kedelai dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Beras Merah

Di dalam beras merah memiliki kandungan vitamin B, fitonutrien, magnesium, dan juga selium. Beras merah ini sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang menderita kolesterol tinggi, bahkan jenis makanan penurun kolesterol tinggi ini juga mampu menurunkan kadar gula darah bagi para penderita diabetes.

Gandum

Gandum merupakan jenis makanan seral yang sangat bergizi dan bernutrisi tinggi, sehingga dengan mengonsumsi gandum setiap hari mampu membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah, serta dapat mengendalikan kadar gula darah.

Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari sering ditemukan pada jajajan yang sering disebut kuaci. Percaya atau tidak, ternyata kuaci ini sangat ampuh untuk membantu menurunkan kadar kolesteri tinggi dalam darah. Hal ini dikarenakan, kuaci memiliki kandungan sterol yang mampu menekan produksi kolesterol jahat dalam darah.

Aneka Buah Penurun Kolestrol Tinggi

Buah-bauhan Via Pixabay
info gambar

Selain jenis makanan sehat di atas, aneka jenis buah berikut juga dapat berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol berlebih. Ada apa saja, ya?

Alpukat

Alpukat adalah salah satu jenis buah-buahan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal. Jenis lemak ini berperan penting dalam membantu menurunkan kadar kolesterol baik (HDL), dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan di dalam buah alpukat mengandung Beta-Sterol, sejenis dengan nabati yang dipercaya mampu menurunkan jumlah kolesterol yang bisa diserap dari makanan.

Anggur

Manfaat buah anggur untuk kesehatan memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Anggur memiliki kandungan senyawa bernama flavonoid yang mampu menurukan kadar kolesterol tinggi, mencegah terjadinya penggumpalan darah, dan menangkal serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan.

Hal ini dikarenakan, di dalam buah anggur terdapat kandungan serat dan juga mengandung zat catechin yang terbukti sangat efektif menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah.

Tomat

Buah tomat adalah jenis sayuran yang memiliki sumber likopen. Kandungan senyawa ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

Kawan bisa mengonsumsi buah tomat secara langsung atau bisa juga dijadikan jus tomat yang menyegarkan. Selain dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi, ternyata buah tomat juga sangat baik untuk penderita maag kronis.

Buah Mangga

Buah ini memiliki banyak sekali kandungan serat prebiotik yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam darah. Selain mengandung serat, buah tomat juga mengandung vitamin C dan pectin yang dapat mengikis kadar kolesterol jahat dalam darah. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah tomat ini mampu mencegah kadar kolesterol jahat yang teroksidasi, sehingga dapat membantu mencegah penumpukan plak dalam pembuluh darah.

Jambu Merah

Jambur merah merupakan jenis buah yang tidak hanya baik untuk membantu mengobati penyakit demam berdarah, tetapi juga efektif untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah.

Hal ini dikarenakan, di dalam jambu merah mengandung banyak sekali vitamin dan senyawa yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti vitamin C, vitamin E, Flavanoid, Selenium dan juga Karotenoid.

Menurut hasil penelitian menunjukan bahwa dengan minum jus jambu merah secara rutin setiap hari selama 2 bulan, terjadi penurunan kadar kolesterol sebanyak 52.64% dari total kolesterol 82.23%.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan senyawa flavanoid yang menekan produksi kolesterol jahat, sehingga secara otomatis mampu mengurangi resiko terjadinya serangan jantung.

Adapun aneka jenis makanan penurun kolesterol lainnya, yaitu buah delima, blueberry, zaitun, strawberry, apel, biji ketumbar, kayu manis, teh hitam, brokoli, sanapis, rimpang jahe, minyak zaitun, bawang putih, bawang merah, kacang-kacangan, kacang hazelnut, ikan omega 3, dan ikan salmon.

Itulah informasi mengenai makanan penurun kolesterol tinggi. Semoga bermanfaat, ya, Kawan!

Referensi: Manfaat Kesehatan

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini