Kenali Potensi dan Kembangkan Jiwa Kepemimpinan bersama AIESEC in Surabaya

Kenali Potensi dan Kembangkan Jiwa Kepemimpinan bersama AIESEC in Surabaya
info gambar utama

AIESEC in Surabaya menggelar webinar Join AIESEC Talk untuk mengawali proses rekrutmen anggota baru. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Future Begins Today,” yang merupakan dorongan bagi para pemuda untuk memaksimalkan kemampuan yang mereka miliki sejak dini.

Acara dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting pada Sabtu (12/9) lalu .Meskipun begitu, antusiasme para pemuda tetap terlihat. Kegiatan ini berhasil dihadiri oleh 200+ partisipan yang ternyata tidak hanya berasal dari wilayah Jawa Timur, tetapi juga berdomisili dari beberapa daerah lainnya.

Join AIESEC Talk kali ini menghadirkan empat narasumber yang merupakan perwakilan pengurus dan alumni AIESEC in Surabaya. Masing-masing narasumber memberikan materi tentang pengalaman dan manfaat yang di dapatkan setelah menjadi anggota AIESEC. Khususnya para alumni yang berbagi cerita tentang dunia professional.

Pemateri dalam Kegiatan JA Talk
info gambar

Fadhel Maulana, LC President AIESEC in Surabaya, menyampaikan materi tentang AIESEC Way yang merupakan pedoman dasar bagi organisasi dan menekankan bahwa setiap individu memiliki kemampuan untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan.

Di akhir sesinya, Fadhel menyampaikan sedikit pesan bagi para pemuda untuk selalu mengeksplorasi potensi diri dan mencari pengalaman.

Because in the end the only thing that really matters in our life are the experience you had taken. So, choose the path you want to take and hold on them tight,” ucapnya.

Peserta dalam Kegiatan JA Talk
info gambar

Sesi selanjutnya diisi oleh dua alumni AIESEC in Surabaya, yaitu Fauzia Dyah Ayu Paramitha (Co-Founder Pracena Indonesia) dan Merlyn Elizabeth (HR Project Manager, Uber Regional Afrika, Eropa, dan Timur Tengah).

Keduanya menyampaikan materi seputar pengalaman organisasi di AIESEC, dan juga kemampuan yang diperlukan untuk menjadi seorang pemimpin di era revolusi industri 4.0.

Menurut Mitha, kemampuan penyelesaian masalah dengan kompleks merupakan salah satu komponen penting untuk membangun kepemimpinan. Kemampuan tersebut juga harus didukung dengan pola pikir professional, self development (bagaimana kita bisa memberikan value untuk perkembangan diri sendiri), dan memberikam dampak positif bagi lingkungan sosial disekitar.

Serupa dengan Mitha, Merlyn juga menyampaikan beberapa karakteristik yang harus dimiliki seorang pemimpin, diantaranya kemampuan komunikasi dengan efektif, berpikir jangka panjang, dan mampu mengatur emosi dengan stabil.

Sesi terakhir diisi oleh Lydia Puspahati, Local Head of Talent Management yang menjelaskan beberapa departemen yang ada di AIESEC in Surabaya. Untuk Kawan para pemuda yang ingin mengembangkan kemampuan serta jiwa kepemimpinan, pendaftaran Join AIESEC masih dibuka hingga tanggal 17 September 2020, segera daftarkan diri kalian melalui aiesec.or.id/join-aiesec.*

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini