Pulau Saronde dan Keindahan Tempat Berlibur yang Wajib Dikunjungi

Pulau Saronde dan Keindahan Tempat Berlibur yang Wajib Dikunjungi
info gambar utama

Pandemi Covid19 benar-benar membuat kita tak bisa banyak mengunjungi tempat-tempat umum termasuk lokasi wisata.

Namun, jika keadaan sudah lebih membaik, berwisata menjadi sebuah pilihan wajib untuk menggugurkan semua rasa bosan kita. Dan jika berencana untuk menghabiskan waktu liburan di Gorontalo, jangan pernah lewatkan lokasi ini, Pulau Saronde.

Ini adalah salah satu destinasi wisata favorit wisatawan domestik dan juga wisatawan mancanegara. Banyak yang bilang jika alamnya mirip dengan pesona Maladewa atau Maldives.

Pulau ini terletak sekitar 65 kilometer dari pusat Kota Gorontalo dengan luas satu kilometer persegi. Pulau Saronde berlokasi di Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Untuk bisa sampai ke pulau ini, kita harus menempuh perjalanan selama 1,5 jam dari Kota Gorontalo menggunakan kendaraan via darat ke Pelabuhan di Kwandang. Setelah itu perjalanan dilanjutkan via laut dengan menaiki perahu kayu bermesin tempel selama satu jam sampai akhirnya sampai di Pulau Saronde.

(foto : Facebook Saronde Island)
info gambar

Bagi pengunjung yang memanfaatkan perahu, tak perlu khawatir dengan harga transportasi menuju ke pulau ini. Untuk sebuah perahu dengan kapasitas 13 orang, cukup membayar Rp400 ribu. Jika hanya bepergian sendiri atau berdua dan tak berada dalam rombongan besar, pemilik perahu akan menunggu hingga kapasitas perahu terpenuhi. Tentu saja, biaya Rp400 ribu tersebut akan dibagi rata untuk seluruh penumpang.

Begitu tiba di pulau Saronde, kita akan melihat pantainya yang begitu indah dengan pasir putih bersih. Belum lagi lautan yang berwarna biru jernih di sekitarnya yang membuat setiap pengunjung ingin segera mengabadikan foto diri di lokasi.

Suasana panas di pantai yang biasa kita temui tak akan terlalu berpengaruh disini. Ini karena puluhan pohon jenis cemara dan angsana bertebaran di atas pulau ini yang memberi kesejukan dengan semilir angin saat beristirahat di cottage atapun fasilitas-fasilitas untuk istirahat yang disediakan oleh pihak pengelola.

pantai di pulau Saronde menjadi tempat favorit anak-anak untuk bermain karena kejernihan air lautnya. ( foto : Asriani )
info gambar

Jika datang pagi ke pulau ini dan tak berencana untuk bermalam, usahakan jangan pulang sebelum senja mulai mengeluarkan warnanya. Abadikan! Ini akan menjadi kenangan liburan yang tidak terlupakan. Kita akan mendapatkan pemandangan yang menakjubkan.

Namun, jika berencana untuk bermalam di pulau ini, harga cottage di area inipun tak menguras kantong bagi para pencinta traveling. Dengan range harga Rp550.000 untuk 2 orang hingga Rp1.320.000 untuk 4 orang per malam, masih berada dalam ukuran standar untuk keindahaln alam pantai dan laut yang luar biasa.

Bagi pencinta snorkeling alias menyelam, ini adalah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan. Saronde memiliki air yang bening dan jernih sehingga enak digunakan berenang untuk melihat keindahan alam di bawah laut. Kita bisa temukan banyak ikan berwarna-warni dan juga terumbu karang yang eksotis. Jangan lupa untuk membawa kamera darat dan kamera laut anda jika datang ke pulau ini.

Saronde di sore hari. (foto : Hendrik Saleh )
info gambar

Jika ingin menambah kenangan foto-foto indah, di sekitar pulau Saronde juga ada dua pulau kecil lainnya, yaitu pulau Bugisa dan pulau Mohinggito. Hanya menempuh waktu 5 menit dari Saronde, kita sudah bisa berada di salah satu pulau ini. Memang dua pulau ini lebih banyak sebagai salah satu alternative persinggahan untuk berfoto setelah dari pulau Saronde.

Pulau Saronde sepenuhnya dikelola oleh pihak swasta. Pemerintah Provinsi Gorontalo memberikan akses seluas-luasnya kepada investor untuk mengembangkan pariwisata Gorontalo. Untuk diketahui , “Pariwisata Lebih Mendunia” merupakan salah satu dari delapan program unggulan Pemprov Gorontalo.

Suasana sore di Pulau Saronde (foto : Hendrik Saleh)
info gambar

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo berkomitmen untuk menyediakan karpet merah bagi setiap investor yang akan mengembangkan sektor pariwisata.

“Kami akan menyiapkan karpet merah bagi investor yang datang untuk mengembangkan pariwisata Gorontalo. Perizinannya akan kami selesaikan satu minggu paling lama,” kata Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, dalam sebuah website seminar (webinar) tentang pariwisata berkelanjutan dan geopark Gorontalo beberapa waktu lalu yang dikutip dari laman resmi Humas Provinsi Gorontalo ( humas.gorontaloprov.go.id )

Pemprov Gorontalo juga telah membangun infrastruktur yang mendukung aksesibilitas ke destinasi wisata untuk mendukung program unggulan “Pariwisata Lebih Mendunia”

“Dari bandara udara, pelabuhan laut, jalan dan jembatan kami bangun untuk kelancaran akses menuju destinasi wisata. Mudah-mudahan ini bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan maupun investor yang akan datang ke Gorontalo,” ucap Gubernur Gorontalo

Saat ini sinergi antara Pemerintah Gorontalo dan swasta dalam mengembangkan pariwisata semakin ditingkatkan, seperti adanya dukungan informasi cuaca di tempat lokasi wisata dari BMKG Gorontalo, aktifnya berbagai komunitas/organisasi pariwisata yang dihuni oleh orang-orang muda sehingga informasi pariwisata di Gorontalo semakin mudah ditemukan dan tentu saja dengan informasi terbaru atau update.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini