Siapa Sangka! 5 Merek Kosmetik Ini Ternyata Produk Indonesia

Siapa Sangka! 5 Merek Kosmetik Ini Ternyata Produk Indonesia
info gambar utama

Saat ini, tren make up (riasan wajah) tengah digandrungi oleh para wanita di seluruh belahan dunia, tak terkecuali negara kita tercinta, Indonesia. Berbagai macam tampilan make up mulai dari Flawless, Bold, Korea, Thailand, Jepang hingga barat tak luput dari perhatian.

Ditambah lagi sekarang banyak bermunculan tutorial make up pada platform media sosial, yang semakin menambah kesan kuat tren make up yang terjadi. Nampaknya make up juga bukan sekedar tren belaka, melainkan sebagai kebutuhan wanita untuk sehari-hari.

Hal tersebut tentu membuat produk kosmetik kian menjadi primadona, lantaran digunakan sebagai bahan utama dalam merias wajah. Tahun demi tahun, semakin banyak variasi produk dan merek kosmetik yang beredar di pasaran. Di Indonesia sendiri telah ada berbagai jenis merek kosmetik.

Tahukah Kawan GNFI? Ternyata, banyak lho merek kosmetik yang disangka produk luar ternyata adalah produk lokal asli Indonesia. Kira-kira merek kosmetik apa saja, ya? Berikut 5 kosmetik yang merupakan produk lokal Indonesia.

Make Over

Produk Make Over | Foto: journal.sociolla.com
info gambar

Kawan GNFI pasti sudah tidak asing bukan dengan merek satu ini? Dari namanya saja sudah memakai Bahasa Inggris, ditambah lagi dengan kemasan produk dari Make Over yang terlihat sangat elegan dan mewah bak produk-produk kosmetik dari luar negeri. Tak heran jika banyak masyarakat Indonesia yang salah kaprah dalam menyebut Make Over sebagai produk buatan luar negeri.

Sejatinya, Make Over merupakan produk lokal yang dirilis tahun 2010 oleh PT Paragon Technology and Innovation yang juga menaungi produk Wardah dan Emina. Sebagai informasi, Make Over telah mengantongi sertifikasi halal dari MUI dan juga lisensi aman dari BPOM.

Produk-produk dari Make Over sendiri tergolong lengkap dan profesional dan memiliki standar kelas internasional. Produk tersebut antara lain primer, foundation, palet eyeshadow, bronzer, lipstik, dan masih banyak lagi.

Harga tiap produk dari Make Over memang agak sedikit mahal dibanding dengan produk merek kosmetik yang lain. Namun jangan khawatir, kualitas yang didapat akan membuat Kawan terlihat mempesona.

PAC

Salah satu produk dari PAC | Foto: milkmochi.com
info gambar

Merek PAC hampir mirip dengan label luar negeri yang bernama MAC. Sehingga, banyak orang yang beranggapan bahwa PAC adalah produk dari luar negeri. Eits, jangan salah sangka dulu, ya. PAC adalah merek asli buatan Indonesia.

PAC adalah singkatan dari Professional Artist Cosmetics yang dikeluarkan pada tahun 1997. Adapun perusahaan yang menaungi merek ini adalah Martha Tilaar Group yang telah banyak mengeluarkan produk kosmetik, sesuai dengan kulit wanita Indonesia.

Produk-produk dari PAC diklaim memiliki kualitas terbaik berstandar internasional. Formula produknya juga dibuat dengan segmen profesional yang terbukti tahan lama, tahan air, serta tahan terhadap paparan sinar matahari.

Sebagai infromasi, PAC ini telah dipasarkan hingga ke mancangeara. Produknya pun pernah dipakai sebagai official make up dalam ajang Hongkong Fashion Week dan Islamic Fashion Festival di Kuala Lumpur.

Rollover Reaction

Liquid Lipstick dari Rollover Reaction | FOTO: beautynesia.id
info gambar

Merek kosmetik ketiga yang sering disangka produk luar negeri adalah Rollover Reaction. Awalnya, produk ini didirikan pada tahun 2014 oleh empat sahabat karib, yaitu Dinar Amanda, Sarah Novia, Naya Tinanda Nabila, dan Novianti Haryanto. Pada saat itu, mereka melihat peluang besar dan menjanjikan pada bisnis kosmetik di Indonesia. Akhirnya, tercetuslah merek Rollover Reaction.

Desain dari Rollover Reaction ini tergolong unik karena tampilan produknya mengandung unsur ceria, yang sangat cocok untuk para generasi milenial.

Salah satu produk kosmetik Rollover Reaction yang selalu menjadi incaran para wanita adalah Lip and Cheek Cream (krim untuk bibir dan pipi). Produk lip and cheek cream Rollover Reaction memilki dwifungsi karena bisa dipakai baik untuk pewarna bibir ataupun pipi. Tekstur krimnya yang ringan, lembut dan tahan lama seakan membuktikan bahwa kualitas produk dari Rollover Reaction ini sangatlah bagus.

Mizzu

Berbagai macam produk Mizzu | Foto: journal.sociolla.id
info gambar

Adakah dari kawan GNFI yang sering menganggap merek Mizzu adalah produk buatan Jepang? Hal ini bukanlah tanpa alasan, sebab kata Mizu dalam bahasa Jepang berarti nyonya atau air. Oleh karena itu tak heran jika banyak masyarakat Indonesia kerap menghubungkan Mizzu dengan produk buatan Jepang.

Padahal, Mizzu adalah merek kosmetik lokal yang lahir pada tahun 2012 di bawah naungan PT Maximus Makmur Mahardika. Harga produk Mizzu ini tergolong mudah dijangkau oleh para wanita Indonesia. Meskipun begitu, kualitas dari produk Mizzu tak perlu diragukan lagi.

Adapun beberapa produk kosmetik dari Mizzu yang selalu menjadi favorit di hati pelanggan setianya, yaitu liquid lipstick, pensil alis, blush on, eye primer dan juga contour.

Moko Moko

Ragam produk Moko Moko | Foto: beautynesia.id
info gambar

Desain dan produk-produknya yang tergolong lucu kerap membuat merek Moko Moko disangka oleh sebagian orang berasal dari Korea Selatan. Sebenarnya, Moko Moko merupakan produk asli Indonesia yang didirikan pada tahun 2015 dinaungi oleh PT Ayu Agung.

Terinspirasi dari Korea Selatan yang mana menjadi barometer pusat kecantikan di Asia, merek Moko Moko ternyata jug diformulasikan di negeri ginseng. Uniknya, Moko Moko ini mengeluarkan produk kosmetik yang lebih dikhususkan untuk para remaja putri di Indonesia. Beberapa produk kosmetik tersebut antara lain lip tint, lip gloss, bb cream, blush on, dan eyeshadow.

Moko Moko diklaim aman untuk kulit remaja yang normal bahkan sensitif. Harga tiap produknya pun tidak terlalu mahal, mulai dari Rp29 ribu hingga Rp65ribu, sehingga para remaja perempuan tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Nah, itulah 5 merek kosmetik lokal yang sering disangka produk luar negeri. Apakah kawan GNFI tertarik mencoba merek-merek kosmetik lokal tersebut?*

Sumber : Beautynesia.id | Journal.Sociolla.com | Qupas.id | Femaledaily.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini