Air Serbat, Sajian Pedas Manis untuk Mengusir Tamu yang Datang

Air Serbat, Sajian Pedas Manis untuk Mengusir Tamu yang Datang
info gambar utama

Mungkin minuman yang satu ini terdengar asing di telinga Kawan GNFI. Air serbat namanya, minuman tradisional khas Melayu Kalimantan Barat ini menyerupai jamu yang rasanya manis, dan agak pedas. Minuman ini juga dapat ditemui di daerah-daerah Sumatera dan Jawa.

Air serbat dibuat dari aneka rempah-rempah yang disebut juga air sepang, karena menggunakan serutan kayu sepang sebagai pewarna alami. Kayu inilah yang membuat warna minuman menjadi kemerahan. Selain itu bahan tambahan seperti seperti kapulaga, kayu manis, jahe, daun pandan, cengkeh serta gula pasir adalah bahan yang menjadikan minuman ini menghasilkan bau dan rasa yang khas.

Air Serbat sebagai Pengusir Tamu dalam TradisiSaprahan

Tradisi saprahan (makan dalam kebersamaan) adalah sebuah jamuan makan yang melibatkan banyak orang, yang duduk di dalam satu barisan dalam ciri khas suku Melayu Kalimantan Barat. Saling berhadapan dalam duduk satu kebersamaan, dialas dengan kain putih maupun hijau yang membentang panjang, dan ada yang ditumpuk pada satu talam (baki yang tidak berkaki). Para undangan dilarang mengambil bagian yang bukan di hadapannya. Panjang kain saprahan minimal 2 meter untuk ukuran yang dapat menampung 10 atau 5 orang yang saling berhadapan.

Dalam acara saprahan suguhan makanan tersaji dalam tiga gelombang. Acara pertama yaitu makanan hidangan, terdiri dari nasi putih, sayur ikan pedas, sambal belacan, ayam, ikan asin, pisang raja atau pisang hijau, bahkan juga ada ditambah dengan makanan khas cencalok (anak udang halus yang diberi sambal).

Tradisi saprahan suku Melayu Kalimantan Barat. Sumber Foto: Opini.id
info gambar

Acara kedua hidangan pencuci mulut, terdiri dari kue-kue dengan segelas kopi dalam ukuran cawan kecil disebut dengan kopi mak jande, kue berupa bingke berendam, belodar, roti kap.

Acara ketiga hidangan yang dikeluarkan ialah air serbat (air yang terbuat dari ramuan berwarna merah hati). Air serbat atau juga biasa yang disebut air pengusir sebagai tanda, bahwa acara sudah berakhir bagi para tamu undangan agar segera meninggalkan tempat jamuan, diakhiri dengan membaca salawat nabi.

Dalam acara makan saprahan tak bisa dikerjakan sembarangan. Karena setiap tata cara mengandung kearifan lokal, dan penuh dengan nilai-nilai. Dalam hal ini, jika dihayati dan diambil arti dan maksudnya maka akan lebih bermakna.

Khasiat Air Serbat Khas Melayu Kalimantan Barat bagi Kesehatan Tubuh

Air serbat, selain menjadi minuman tradisional, air yang biasa dihidangkan sebagai minuman penutup dari jamuan makan atau syukuran ini juga memiliki banyak khasiat. Berikut ini beberapa khasiat air serbat bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga Sistem Pencernaan

Dengan kandungan cengkeh dan kapulaga di dalamnya, air serbat dipercaya dapat mengatasi masalah sistem pencernaan, seperti sembelit, diare, bahkan disentri. Hal ini dikarenakan cengkeh dan kapulaga mengandung serat tinggi dan dapat merangsang sekresi enzim pencernaan sehingga sistem pencernaan pun dapat berfungsi dengan maksimal.

2. Meningkatkan Imun Tubuh

Salah satu bahan utama lain dalam air serbat adalah kayu secang. Kayu secang dipercaya sebagai ramuan obat tradisional yang andal untuk berbagai macam penyakit sejak berabad-abad silam. Salah satunya karna senyawa fenolik dan flavonoid yang bersifat antioksidan tinggi dan mampu meningkatkan imun tubuh agar tidak mudah sakit.

3. Meredakan Tubuh

Kalau disajikan hangat, air serbat akan mengeluarkan aroma harum yang khas. Aroma rempah-rempahan yang tercium akan membuat kamu merasa rileks dan merasa tenang. Hal ini tentunya akan memperbaiki mood kita dan mengurangi stres.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Selain meredakan stres. Aroma air serbat juga dapat meningkatkan proses kognitif seseorang sehingga membantu dalam hal berkonsentrasi dan mengingat berkat kandungan kayu manis di dalamnya.

5. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat remah-rempah memang bagus untuk kesehatan. Air serbat juga dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengurangi risiko terkena kanker. Seperti gingerol dalam jahe yang memiliki sifat anti kanker atau kayu manis yang menurut penelitian University of Texas dapat mengurangi proliferasi kanker.

Cara Membuat Air Serbat Khas Melayu Kalimantan Barat

Jika Kawan GNFI penasaran bagaimana cara membuat air serbat, pertama-tama jangan lupa siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu ya! Setelah itu jangan lupa juga siapkan peralatan dapur ketika ingin memasak air serbat. Berikut ini adalah cara untuk membuat air serbat. Masak semua bahan rempah dengan air hingga mendidih, kemudian disaring. Lalu, masak air gula hingga larut (mendidih). Campurkan air rempah ke dalam air gula, aduk hingga tercampur rata. Setelah itu hidangkan selagi hangat, atau sajian ini dapat pula dinikmati dalam keadaan dingin dengan menambahkan es batu.

Bahan untuk membuat air serbat. Sumber Foto: Alya-Kitchen.blogspot.com
info gambar

Langkah-langkah tersebut bisa sekali untuk Kawan GNFI lakukan di rumah, sebab pembuatannya tidak terlalu rumit. Selain pembuatannya yang mudah, air serbat ini juga bisa menjadi pilihan minuman sehat untuk menemani waktu bersantai di rumah.

Bagaimana, kawan GNFI penasaran dengan rasa air minum khas Melayu Kalimantan Barat ini, atau tertarik untuk membuat sendiri air serbat, tanpa harus pergi ke Kalimantan Barat?

---

Referensi: gempita.co | Hi!Pontianak - Kumparan | Santy Mayda Batubara, "Kearifan Lokal Dalam Budaya Daerah Kalimantan Barat (Etnis Melayu dan Dayak)" | Yusriadi, "Orang Bugis di Sungai Kakap Kalimantan Barat"

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini