Sudah Tahu Belum? Ternyata Setiap Zodiak Ada Nama Indonesianya, Loh!

Sudah Tahu Belum? Ternyata Setiap Zodiak Ada Nama Indonesianya, Loh!
info gambar utama

Selama berabad-abad, manusia sebenarnya telah mempelajari pola kehidupan dan alam semesta ini melalui rasi bintang untuk membuat rencana dan prediksi demi bisa bertahan hidup. Bahkan untuk menentukan waktu yang tepat bercocok tanam, panen, berburu, hingga migrasi, manusia mengandalkan siklus bintang.

Sebagian besar ahli astrologi pada akhirnya percaya bahwa posisi benda-benda langit itu dapat memperkirakan masa depan dan memengaruhi kehidupan manusia. Salah satunya adalah bintang, yang pernah mendapatkan kedudukan tertinggi pada masa peradaban kuno.

Alasannya bintang dilihat sebagai konstelasi atau rasi bintang yang menempati tempat tertentu di langit. Ahli astrologi juga masih berpendapat bahwa astrologi bukanlah semata meramal kehidupan karena masih dipercaya sebagai alat prediksi yang sangat efektif.

Nah, dari situlah muncul istilah zodiak yang menggambarkan lingkaran atas dua belas divisi yang berpusat pada jalur matahari. Zodiak sendiri serapan dari bahasa Yunani, zodiakos kuklos yang artinya lingkaran bintang.

Beberapa bangsa di dunia seperti China, Mesopotamia, Lembah Indus, dan Mesir menggunakan zodiak untuk memprediksi atau mencerminkan karakteristik kepribadian seseorang. Mereka percaya bahwa zodiak mampu memberikan gambaran tentang sifat dan ciri personal, kekuatan, dan kelemahan diri.

Meski begitu, mereka justru memandang bahwa zodiak dapat dimanfaatkan sebagai metode untuk memahami potensi, meningkatkan kesadaran diri, dan sebagai pelajaran bahwa kehidupan semesta dan seisinya memang sudah terlahir harmonis.

Kalau selama ini Kawan GNFI mengetahui 12 nama zodiak dalam bahasa Inggris, ternyata nama-nama itu memiliki sebutan dalam Bahasa Indonesia-nya, loh!

Aries: Mesa atau Hamal

Aries Dalam Bahasa Indonesia

Astronomi: Rasi bintang di belahan langit utara khatulistiwa.

Astrologi: Zodiak pertama yang digambarkan dengan domba jantan sebagai lambang bagi orang yang lahir antara tanggal 21 Maret sampai dengan 19 April.

Taurus: Wrisaba atau Saur

Taurus Dalam Bahasa Indonesia

Astronomi: Nama gugus bintang di belahan langit sebelah utara khatulistiwa.

Astrologi: Zodiak kedua yang digambarkan dengan spi jantan sebagai lambang bagi orang yang lahir antara tanggal 20 April sampai dengan 20 Mei.

Gemini: Mintuna atau Jauza

Gemini Dalam Bahasa Indonesia

Astronomi: Rasi bintang di belahan langit utara khatulistiwa yang tampak pada malam hari antara bulan Januari-Mei.

Astrologi: Zodiak ketiga yang digambarkan dengan orang kembar sebagai lambang bagi orang yang lahir antara tanggal 21 Mei sampai dengan 21 Juni.

Cancer atau Kanser: Karkata

Cancer Dalam Bahasa Indonesia

Astronomi: Rasi bintang di belahan langit utara khatulistiwa.

Astrologi: Zodiak keempat yang dilambangkan dengan kepiting sebagai lambang bagi orang yang dilahirkan antara tanggal 22 Juni sampai dengan 22 Juli.

Leo: Singha atau Asad

Leo Dalam Bahasa Indonesia

Astronomi: Rasi bintang di belahan langit utara khatulistiwa.

Astrologi: Zodiak kelima yang digambarkan dengan singa sebagai lambang bagi orang yang dilahirkan antara tanggal 23 Juli sampai dengan 22 Agustus.

Virgo: Kanya atau Mayang atau Sunbulat

Virgo Dalam Bahasa Indonesia

Astronomi: Nama gugus bintang yang terletak di antara Leo dan Libra pada deklinasi 0 derajat.

Astrologi: Zodiak keenam yang digambarkan dengan wanita kembar sebagai lambang bagi orang yang dilahirkan antara tanggal 23 Agustus sampai dengan 22 September.

Libra: Tula atau Mizan

Libra Dalam Bahasa Indonesia

Astronomi: Rasi bintang di belahan langit selatan khatulistiwa.

Astrologi: Zodiak ketujuh yang digambarkan dengan neraca sebagai lambang bagi orang yang dilahirkan antara 23 September sampai dengan 22 Oktober.

Scorpio (Skorpio) : Kricika atau Kala

Scorpio Dalam Bahasa Indonesia

Astronomi: Rasi bintang di belahan langit selatan khatulistiwa.

Astrologi: Zodiak kedelapan yang digambarkan dengan kalajengking sebagai lambang bagi orang yang lahir antara 24 Oktober sampai dengan 21 November.

Sagitarius: Danuh atau Kaus

Sagitarius Dalam Bahasa Indonesia

Astronomi: Rasi bintang di belahan langit selatan khatulistiwa yang tampak pada waktu malam bulan April-Oktober.

Astrologi: Zodiak kesembilan yang digambarkan dengan orang memanah sebagai lambang bagi orang yang lahir antara 22 November sampai dengan 21 Desember.

Capricorn (Kaprikornus) : Makara atau Jadi

Capricorn Dalam Bahasa Indonesia

Astronomi: Rasi bintang di belahan langit selatan khatulistiwa.

Astrologi: Zodiak kesepuluh yang dilambangkan dengan domba jantan sebagai lambang bagi orang yang dilahirkan antara tanggal 22 Desember sampai dengan 19 Januari.

Aquarius (Akuarius) : Delu atau Kumba

Aquarius Dalam Bahasa Indonesia

Astronomi: Rasi bintang di belahan langit selatan khatulistiwa.

Astrologi: Zodiak kesebelas yang digambarkan sebagai orang menuangkan air sebagai lambang bagi orang yang lahir antara tanggal 20 Januari sampai dengan 18 Februari.

Pisces (Pises) : Hut atau Mina

Pisces Dalam Bahasa Indonesia

Astronomi: Nama gugus bintang di belahan langit sebelah utara khatulistiwa yang tampak pada waktu malam bulan September dan Oktober.

Astrologi: Zodiak kesebelas yang digambarkan dengan ikan sebagai lambang bagi orang yang lahir antara tanggal 21 Februari sampai dengan 20 Maret.

Jadi, apa nama zodiakmu, Kawan GNFI?

--

Sumber: Kamus Besar Bahasa Indonesia | Storialco | CNN Indonesia

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini