Restoran Sederhana Ternyata Rumah Makan Terfavorit di Indonesia

Restoran Sederhana Ternyata Rumah Makan Terfavorit di Indonesia
info gambar utama

Kawan GNFI, pasti kalian disini sudah tidak asing dengan restoran besar seperti KFC, McDonald’s, Pizza Hut, dan Solaria. Beberapa restoran cepat saji yang mendunia ini, memang tak akan asing di telinga masyarakat Indonesia. Selain prosesnya yang instan, restoran ini juga menjadi pilihan ketika stok makanan di rumah sedang habis.

Dalam sebuah penelitian, lebih dari 55 juta masyarakat Indonesia membeli makanan di restoran keluarga dan restoran cepat saji. Penelitian tersebut mencakup orang-orang yang makan di restoran, membeli dengan layanan tanpa turun (drive thru), atau memesan dan mengirimkan makanan ke rumah.

Adalah lembaga riset Roy Morgan yang berhasil mengumpulkan data dari 2.000 wawancara setiap bulan di seluruh pelosok Indonesia terkait restoran yang paling digemari masyarakat. Michele Levine, CEO Roy Morgan, mengatakan bahwa Indonesia memberikan peluang besar bagi bisnis yang ingin berekspansi.

Namun ada hal yang tak disangka dari penelitian yang dilakukan Roy Morgan dalam kurun 6-12 bulan, yakni dari bulan April 2017 hingga Maret 2018.

Restoran pilihan orang Indonesia | Roymorgan.com
info gambar

Dari hasil penelitian tersebut, diperoleh data bahwa Restoran Sederhana menempati urutan pertama dengan peminat total 28,4 juta orang Indonesia, kemudian urutan ke-2 diisi oleh KFC dengan 24 juta peminat, dan McDonald’s berada pada urutan ke-3 dengan total disinggahi 7,7 juta pengunjung.

Hal ini membuat Restoran Sederhana sebagai restoran asli di Indonesia yang patut dibanggakan. Itu karena perusahaan waralaba Indonesia yang bergerak pada bidang jasa boga atau makanan dengan ciri khas masakan padang ini berhasil menempati urutan pertama, dan mampu menyaingi restoran-restoran top dunia.

Meski data ini dimutakhirkan pada tahun 2018, namun rasanya masih relevan untuk diinformasikan jelang penghabisan tahun 2020 ini.

Sejarah Restoran Sederhana dari awal

Hampir di setiap kota di Indonesia, Kawan GNFI pasti akan menemukan restoran masakan padang ini. Pasangan suami istri H Bustaman dan Hj Fatimah yang membangun restoran ini sejak 1972. Bustaman dan istri merupakan warga Sumatra Barat asli yang dulunya menetap di Lintau.

Restoran ini mulai dirintis dari hanya berjualan menggunakan gerobak, kemudian menggunakan tenda dan berkembang menjadi kios yang bertempat di kawasan Pasar Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta Pusat. Dan "Sederhana" cabang Benhil menjadi restoran pertama dari rumah makan ini. Sementara cabang Rawamangun menjadi salah satu ikon "Sederhana", yang beroperasi sejak tahun 1978 di Jakarta Timur.

Kini Restoran Sederhana dikelola langsung di bawah naungan perusahaan PT Sederhana Abadanmitra sejak 2006. Salah satu staf PT Sederhana, Abadanmitra Hari Purwanto, mengatakan bahwa nama "Sederhana" tidak memiliki arti khusus, pun logo "SA" tercetus begitu saja yang diambil dari huruf depan "S" dan huruf belakang "A".

Restoran Sederhana besar dengan 40-50 jenis menu masakan padang, yang 20 di antaranya menjadi makanan terfavorit. Adapun masakan tersebut seperti ayam gulai, ayam bakar, ayam pop, rendang, dendeng balado, dendeng batoko, guali kepala ikan kakap, dan lain sebagainnya.

Lika liku Restoran Sederhana

Dikutip dari Money.id, perjalanan rumah makan Sederhana menjadi rumah makan terkenal bukan tanpa sandungan. Bahkan penggunaan merek dagang Sederhana pernah disengketakan dan berakhir di pengadilan, karena nama "Sederhana" digunakan tanpa hak oleh pihak lain.

Menurut Hari, nama Sederhana tersebut sebenarnya sudah dipatenkan sejak tahun 1990-an, dan H Bustaman menjadi pemilik sah nama dagang itu. Hingga pada akhirnya melalui keputusan Mahkamah Agung pada 2014, ditetapkan bahwa H Bustaman sebagai pemilik sah merek dagang tersebut.

Nah, bagaimana mengenai informasi yang satu ini Kawan GNFI, tentunya kita sebagai orang Indonesia, patut berbangga dengan hal ini. Masakan asli di Indonesia dengan bumbu yang begitu beragam, membuat kita sebagai orang Indonesia, memang susah untuk berpaling dari menu masakan restoran yang satu ini.

Selain porsinya yang mengenyangkan, beberapa pilihan menu makanan yang banyak juga menjadi salah satu poin orang Indonesia memilih Restoran Sederhana menjadi restoran favorit.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AJ
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini