Ini Dia! 10 Daerah dengan Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Tertinggi Tahun 2019

Ini Dia! 10 Daerah dengan Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Tertinggi Tahun 2019
info gambar utama

Indeks Demokrasi Indonesia atau yang lazim dikenal dengan istilah IDI adalah metode pengukuran tingkat perkembangan demokrasi, yang memberikan gambaran mengenai naik turunnya kualitas demokrasi di suatu provinsi. Sekaligus secara bersamaan menjadi instrumen dalam perencanaan pembangunan politik di Indonesia.

IDI sebagai agenda tahunan nasional, tidak hanya semata mengukur peranan pemerintah dalam membuat kebijakan pembangunan. Tetapi, peran peradilan, kepolisian hingga partai politik dan masyarakat pun sebagai institusi publik, juga turut berkontribusi bagi terciptanya tatanan demokrasi.

Adapun komponen perhitungan dalam IDI dikategorikan menjadi tiga aspek, yakni kebebasan sipil, hak-hak politik, dan lembaga demokrasi. Dari 3 aspek tersebut, secara keseluruhan terdapat 11 variabel dan 28 indikator yang diukur.

Hasil perhitungan IDI diinterpretasikan dalam bentuk rentangan skala 1-100. Skala ini merupakan skala normatif di mana 1 adalah terendah dan 100 adalah tertinggi.

Artinya, untuk mengklasifikasikan apakah sebuah daerah dikategorikan baik demokrasinya, sedang atau juga buruk, itu bisa dilihat dari angka indeksnya. IDI dengan skala >80 mengindikasikan demokrasi di suatu daerah kinerjanya baik, lalu rentangan 60-80 yang berarti sedang dan terakhir angka indeks <60 itu berarti buruk.

Menurut laporan data Badan Pusat Statistik (BPS) Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) terbaru 2019. DKI Jakarta masih menduduki peringkat tertinggi sebagai daerah dengan kinerja demokrasi yang baik yakni 88,92, naik beberapa poin dari dua tahun sebelumnya. Lalu diikuti oleh daerah Kalimantan Utara mencatatkan angka sebesar 83,99.

Peringkat berikut diisi oleh Bali (83,13), lalu diikuti Kepulauan Riau (81,35), Kalimantan Tengah (81,29). Sementara itu posisi keenam diisi oleh DI Yogyakarta yang mencatat angka sebesar 81,22, Nusa Tenggara Timur (80,39), Sulawesi Tengah (80,36).

Kemudian daerah dengan kategori angka indeks demokrasi sedang ditempati oleh dua daerah, yakni Aceh diposisi kesembilan mencatat angka 79,19 dan Kalimantan Selatan diposisi kesepuluh dengan catatan IDI sebesar 79,06.

Sumber: GNFI
info gambar

(pastikan sertakan sumber data berupa tautan asli dan nama jika mengutip suatu data)

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini