Peningkatan Pengusaha Diaspora Indonesia di Spanyol

Peningkatan Pengusaha Diaspora Indonesia di Spanyol
info gambar utama

Spanyol, 30 September 2020 – Di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi dunia, KBRI Madrid dan PPI Spanyol menggelar seminar daring bertajuk “Menjadi Pengusaha di Spanyol” untuk mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol menjadi duta produk Indonesia dengan menjadi pengusaha.

Banyak keuntungan bagi diaspora Indonesia di Spanyol yang ingin menjadi pengusaha. Terdaftarnya Spanyol dalam Pasar Tunggal Uni Eropa adalah satu di antaranya. Selain itu, Uni Eropa memiliki website yang sangat transparan untuk akses informasi. Dengan demikian, keterbatasan informasi tidak seharusnya menjadi hambatan untuk menjadi pengusaha di Spanyol.

Atase Perdagangan Indonesia untuk Spanyol, Novita Sari, memaparkan bahwa fungsi utama ATDAG ialah untuk menjalin kontak dan kerja sama dengan pemerintah negara setempat, meningkatkan dan mempertahankan pasar-pasar, penanganan produk yang megalami hambatan perdagangan, melaksanakan promosi, berperan aktif dalam proses perundingan perdagangan internasional, dan melakukan analisis informasi intelejen bisnis. Sejalan dengan fungsinya, ATDAG mendorong dan siap membantu pengusaha Indonesia di Spanyol. Ini menjadi kesempatan yang baik untuk meningkatkan kapasitas dan neraca ekspor Indonesia ke Spanyol. Lanjut Novita Sari, selama masa pandemi, ekspor produk makanan mengalami peningkatan yang signifikan dengan pertumbuhan 600%, termasuk diantaranya kopi, berbanding terbalik dengan produk kerajinan yang menurun seiring melemahnya kegiatan pariwisata di Spanyol.

Dalam seminar daring ini, hadir juga Kepala Indonesian Trade Promotional Centre (ITPC) Barcelona, Puri Listiyani serta perwakilan Centre for the Promotion of Imports from Developing Countries (CBI) Belanda, Dika Rinakuki. Puri Listiyani menyatakan ITPC siap membantu dan memfasilitasi pengusaha dalam bentuk market intelligence. Tak hanya ITPC, CBI juga akan terus berupaya agar produk Indonesia dapat bersaing dengan produk dari negara lain. Selain menyatakan siap memberikan dukungan, ketiga narasumber berpesan untuk terus belajar, melakukan riset sebelum memulai usaha, tidak cepat berpuas diri, dan untuk bersikap realistis.

Selaku Ketua Komisi Pendidikan PPI Spanyol, Rizky Lasabuda, menyampaikan apreasiasi terhadap dukungan yang diberikan KBRI Madrid, ITPC, dan CBI kepada diaspora di Spanyol untuk berwirausaha. “Semoga akan ada lebih banyak pengusaha muda Indonesia di Spanyol,” tuturnya.

Editor: Annisa Firdaus (Kasubid Redaktur Berita Kegiatan PPID)

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini