Ternyata, Indonesia adalah Negara Penghasil Kelapa Terbesar di Dunia

Ternyata, Indonesia adalah Negara Penghasil Kelapa Terbesar di Dunia
info gambar utama

Kelapa atau dalam istilah ilmiah disebut Cocos nucifera, merupakan anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Amerika Selatan. Tanaman kelapa telah dibudidayakan di sekitar Lembah Andes, Kolombia, sejak ribuan tahun lalu. Selain itu, banyak pendapat para ahli yang menyatakan bahwa tanaman kelapa berasal dari pesisir Samudra Hindia tepatnya di kawasan Asia Selatan.

Kegunaan Pohon Kelapa

Kelapa dikenal karena kegunaannya yang beragam, mulai dari makanan, minuman, obat hingga kosmetik. Hampir semua bagiannya bisa dimanfaatkan, sehingga bisa dibilang kelapa adalah salah satu komoditi paling bernilai di dunia.

Akar kelapa mengandung lipid, asam laurat, miristat dan kaprilat yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan obat, pasta gigi, dan alat pencuci mulut. Kayu dari batangnya bisa dimanfaatkan sebagai kayu dengan mutu menengah dan dapat dipakai sebagai papan untuk bangunan.

Daun muda kelapa, atau yang biasa dikenal janur, bisa dipakai untuk bahan anyaman dalam pembuatan ketupat atau berbagai bentuk hiasan yang sangat menarik, terutama oleh masyarakat Jawa dan Bali dalam berbagai upacara. Selain itu, tangkai anak daun yang sudah dikeringkan, bisa juga dikumpulkan dan dihimpun menjadi sapu lidi.

Kandungan nutrisi yang melimpah pada air kelapa dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi dehidrasi, dan mampu menetralkan racun yang ada di dalam tubuh. Daging kelapa muda yang lezat dapat dikonsumsi secara langsung atau dicampurkan pada es buah dan jenis minuman lainnya. Daging buah kelapa yang sedikit tua juga dapat diolah menjadi santan, kopra dan minyak kelapa.

Tempurung dari buah kelapa sering kali digunakan sebagai arang untuk memasak serta menjadi bahan baku untuk pembuatan bahan bakar. Tidak hanya itu, sabut kelapa berupa serat-serat kasar juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan tali, karpet, boneka, keset, dan berbagai kerajinan tangan.

Negara Penghasil Kelapa Terbesar

Kelapa banyak terdapat di kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan dan Oseania. Sedangkan sisanya berada di kawasan Amerika Selatan dan Afrika. Mayoritas dari negara penghasil kelapa memiliki iklim tropis dan memiliki garis pantai yang panjang.

Indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki area perkebunan kelapa terluas di dunia. Pada 2018, luas area perkebunan kelapa di Indonesia mencapai 3,4 juta hektar. Area tersebut tersebar di seluruh wilayah Indonesia terutama di Pulau Sulawesi dan Maluku.

Sejak 1965, Indonesia, Filipina dan India secara konsisten mencatatkan total produksi terbesar di dunia. Area perkebunan yang luas didukung dengan iklim tropis yang cocok untuk perkebunan kelapa membuat ketiga negara tersebut mampu menguasai produksi kelapa dunia. Pada 1965, Filipina memimpin dengan total produksi sebesar 6,8 juta ton, diikuti Indonesia (5,5 jutan ton ) dan India (3,7 juta ton).

Pada 2018 posisinya sedikit berbeda, kali ini Indonesia berhasil menyalip produksi kelapa Filipina. Indonesia berhasil mencatatkan total produksi sebesar 18,6 juta ton. Filipina harus rela turun ke posisi dua dengan total produksi sebanyak 13,9 juta ton, sedangkan India tetap konsisten di posisi ketiga dengan total produksi sebesar 11,3 juta ton.

Negara Penghasil Kelapa Terbesar di Dunia
info gambar

Merujuk data terbaru yang dirilis oleh Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO), berikut 10 negara penghasil Kelapa terbesar di dunia pada 2018.

1. Indonesia

Regional : Asia Tenggara

Total Produksi : 18.747.003 ton

2. Filipina

Regional : Asia Tenggara

Total Produksi : 14.049.131 ton

3. India

Regional : Asia Selatan

Total Produksi : 11.166.772 ton

4. Sri Lanka

Regional : Asia Selatan

Total Produksi : 2.445.000 ton

5. Brasil

Regional : Amerika Selatan

Total Produksi : 2.210.139 ton

6. Vietnam

Regional : Asia Tenggara

Total Produksi : 1.449.228 ton

7. Papua Nugini

Regional : Oseania

Total Produksi : 1.203.796 ton

8. Meksiko

Regional : Amerika Tengah

Total Produksi : 1.157.614 ton

9. Thailand

Regional : Asia Tenggara

Total Produksi : 895.000 ton

10. Myanmar

Regional : 545.994 ton

Total Produksi : Asia Tenggara

Berdasarkan data di atas, sepuluh negara penghasil kelapa terbesar masih di dominasi oleh negara-negara Asia. Hanya Brasil, Meksiko dan Papua Nugini yang berasal dari luar Asia. Semua negara tersebut memiliki iklim tropis yang cocok untuk perkebunan kelapa.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini