Garxia, Fitur Chatbot Cerdas yang Mampu Mendiagnosis Penyakit

Garxia, Fitur Chatbot Cerdas yang Mampu Mendiagnosis Penyakit
info gambar utama

Kawan GNFI, sudah banyak yang membahas soal perubahan pola kerja dan aktivitas selama pandemi Covid-19 melada Indonesia. Hal itu juga menciptakan kebiasaan baru soal kehidupan masyarakat saat menjalani beraktivitas.

Tentunya pandemi ini juga membuat adanya pergeseran gaya hidup yang lebih mementingkan faktor kesehatan dan pola hidup sehat ketimbang hal lainnya.

Namun untuk memperbaiki pola hidup yang lebih sehat, ada pola-pola tertentu yang harus dilakukan secara benar, sehingga gaya hidup sehat yang ingin dicapai dapat berjalan lebih efektif, sehingga manfaatnya dapat segera kita rasakan.

Di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung sampai saat ini, Garda Medika, produk asuransi kesehatan dari Asuransi Astra selalu berusaha menaruh perhatian lebih dalam urusan kebutuhan kesehatan para pelanggan, serta menjaga komitmennya untuk selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya.

Tak hanya bagi pelanggan, jargon ''Peace of Mind'' yang merupakan tagline perusahaan pun memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas, salah satunya melalui sesi webinar yang diadakan dengan tema-tema terkait kesehatan.

Pada webinar yang bertema ''Keeping Wellness During Pandemic'' yang diselengarakan, Jumat (9/10/2020), di sana dibahas soal cara-cara terbaik dalam menjaga imunitas dan stamina agar tubuh tetap prima walau masih harus terus beraktivitas saat pandemi masih berlangsung.

“Tak bisa dimungkiri, masa pandemi yang masih berlangsung saat ini telah mengubah sebagian besar dari kebiasaan hidup kita. Semakin banyak orang yang mulai memperhatikan kesehatan mereka dan mencoba untuk memperbaiki kualitas hidup melalui gaya hidup yang sehat,” jelas Christopher Pangestu, Chief Marketing Officer Commercial & Health Business Asuransi Astra, pada acara tersebut.

Untuk mencapai gaya hidup yang sehat, sambungnya, memang tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Ada pola-pola tertentu yang harus dilakukan agar pola hidup sehat yang kita inginkan dapat berjalan terarah sesuai dengan proses yang dijalani, sehingga manfaatnya dapat terasa secara nyata.

''Keeping Wellness During Pandemic''
info gambar

Ciptakan terobosan baru

Tidak hanya tip dan trik cara menjaga kesehatan, pada sesi webinar tersebut Garda Medika dari Asuransi Astra juga memperkenalkan terobosan terbaru dari Garda Mobile Medcare, yakni melalui fitur Find My Doctor & E-Claim yang berada pada aplikasi Medcare yang bisa diunduh pada Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Dengan fitur Find my Doctor, Garda Medika berharap dapat mengurangi rasa cemas pengguna akibat informasi yang keliru ketika mencari diagnosis gejala medis secara mandiri.

Adalah Chatbot Garxia yang berada dalam fitur itu ikut berperan membantu pengguna untuk menemukan diagnosis sementara secara tepat, mereferensikan dokter yang sesuai dengan hasil diagnosis yang dirasakan, hingga mencari klinik dan rumah sakit terdekat agar pengguna bisa mendapatkan penanganan yang lebih cepat.

Boleh jadi, fitur ini hadir untuk mempermudah pelanggan yang masih sering bingung dan ragu saat ingin memeriksakan diri bertemu langsung dengan dokter.

Lalu fitur E-Claim adalah fitur yang dapat membantu soal pengurusan pengajuan penggantian biaya pengobatan kini dapat dilakukan secara digital. Pelanggan cukup mengisi data pengobatan, mengunggah foto kuitansi biaya, dan klaim akan segera diproses oleh tim Garda Medika.

Uang pelanggan akan ditransfer dalam kurun waktu yang relatif jauh lebih cepat hingga hanya menjadi H+2 setelah pengajuan berkas-berkas lengkap. Garda Medika pun ingin memangkas waktu proses klaim yang biasanya memakan waktu 14 hari kerja.

Menjembatani kebutuhan masyarakat

Alasan Garda Medika menghadirkan dua fitur terbaru ini karena melihat adanya kebutuhan pelanggan yang terus berkembang, terutama saat pandemi seperti sekarang ini. Aplikasi Medcare merupakan sebuah terobosan baru dalam industri asuransi umum, khususnya industri asuransi kesehatan.

Medcare didesain tidak hanya sebagai aplikasi yang dapat membantu penggunanya membuat kondisi kesehatan tetap fit, tapi juga bisa menjadi panduan pola hidup sehat berdasarkan tiga siklus kesehatan tubuh, yang dimulai dari siklus pertama, yakni menjaga kesehatan.

Aplikasi ini juga memiliki fitur reminder untuk menjaga kesehatan, seperti daily water intake, maintainingideal weight, dan daily exercise.

Kemudian siklus kedua, yakni fitur medicine intake reminder dan medical control appointment yang memberikan peringatan waktu meminum obat atau berobat jalan saat penggunanya jatuh sakit.

Terakhir adalah siklus saat pelanggan melalukan proses klaim Garda Medika yang terdiri dari fitur benefit dan e-claim dengan proses yang lebih mudah dan cepat.

Aplikasi Medcare dapat digunakan baik oleh peserta Garda Medika maupun masyarakat umum. Bagi peserta asuransi kesehatan Garda Medika dari Asuransi Astra, Medcare juga menyediakan fitur khusus Garda Medika untuk memudahkan peserta mengetahui berbagai informasi penting seperti benefit, kemudahan klaim, dan promo-promo menarik terkait kepesertaan di Garda Medika.

Terobosan-terobosan yang dilakukan tersebut, kata Chief Operating Officer Asuransi Astra, Hendry Yoga, dilakukan demi memenuhi kebutuhan masyarakat. Semuanya cukup dijangkau dalam satu mobile apps saja, yakni Medcare 3.0.

Layanan asuransi kesehatan online meningkat saat pandemi

Soal kebutuhan masyarakat atas layanan asuransi, terlihat memang melonjak drastis sejak masa pandemi. Pendek kata, masyarakat lebih ingin ''sedia payung sebelum hujan'' ketimbang ''mengobati''. Jadi tak heran jika kunjungan ke aplikasi asuransi kesehatan maupun laman online meningkat tajam.

Pada laman Astra Life misalnya, yang mencatatakan kunjungan hingga hampir tiga kali lipat sejak masa pandemi, dan mencapai tujuh kali lipat sejak dibukanya laman ini pada April 2019.

kunjungan ke situs asuransi

Direktur Astra Life, Sri Agung Handayani, menjelaskan bahwa calon nasabah tetap dapat melakukan pembelian produk layaknya belanja online dan tanpa harus melakukan medical check-up, sehingga proses pembelian bisa dilakukan lebih cepat.

Tidak hanya soal proses pembelian, nasabah juga dapat melakukan proses klaim secara onlinemelalui fitur yang tersedia pada laman tersebut. Pendek kata, konsuman makin diberikan kemudahan terkait hal ini.

“Astra Life yakin bahwa dengan fitur online yang memungkinkan nasabah membeli asuransi tanpa ke luar rumah, jalur distribusi digital ini dapat terus tumbuh dan menjadi pilihan masyarakat,'' tandasnya.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini