Kapan iPhone 12 Datang ke Indonesia? Awal Tahun Depan, Gan!

Kapan iPhone 12 Datang ke Indonesia? Awal Tahun Depan, Gan!
info gambar utama

Kira-kira demikian jawab penulis saat seorang kawan bertanya, kapan produk iPhone anyar itu bisa dibeli di Indonesia. Jawaban penulis tentu bukan asal, namun merujuk pada prediksi Risky Febrian, Market Analyst International Data Corporation (IDC) Indonesia, yang menyebut bahwa masyarakat Indonesia perlu bersabar.

''Untuk ketersediaan (iPhone 12), tentunya masih akan terkendala oleh masalah database IMEI dan juga proses TKDN (tingkat komponen dalam negeri). Kemungkinan baru akan tersedia awal 2021,'' ujarnya dalam Bisnis.com, Rabu (14/10/2020).

Selasa (13/10), Apple memang secara resmi meluncurkan jajaran iPhone 12 dalam acara virtual yang berlangsung di Apple Campus, Cupertino, California, Amerika Serikat.

Kaiann Drance, VP iPhone Product Marketing, mengatakan bahwa iPhone 12 memiliki desain tak biasa dengan model-model sebelumnya, yakni dengan bingkai aluminium pipih dan kaca yang berkilau di bagian depan maupun belakang. Desain ini mengingatkan kita pada desain iPhone 5 (2012).

"Baik di dalam maupun di luar, iPhone 12 didesain ulang untuk membawa teknologi baru ke dalam bodi yang lebih kecil," ujar Drance.

bingkai pada iPhoen 12
info gambar

Meluncurkan 4 varian sekaligus

Dalam acara itu, seperti dijelaskan laman perusahaan, Apple meluncurkan empat seri iPhone 12 sekaligus, yakni iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone 12 dan iPhone 12 Mini, yang semuanya sudah mendukung jaringan 5G dengan antena yang berada pada sekeliling bingkai ponsel.

Yang membedakan keempatnya adalah soal diagonal bentangan layarnya, yakni:

  • iPhone 12 Pro Max 6,7 inci,
  • iPhone 12 dan iPhone 12 Pro berlayar 6,1 inci, dan
  • iPhone 12 Mini 5,4 inci.

Salah satu fitur yang membedakan antara model Pro dan model non-Pro adalah, bahwa seri Pro memiliki lensa kamera tambahan ketimbang seri non-Pro. Lensa tambahan itu berupa lensa telefoto, selain lensa wide dan ultrawide, serta sensor kamera yang lebih besar.

kamera iphone 12
info gambar

Soal komposisi kamera, keempatnya memiliki perbedaan seperti disebutkan berikut ini:

  • iPhone 12 Pro Max: 4 kamera (triple 12 MP dan TOF 3D),
  • iPhone 12 Pro: 4 kamera (triple 12 MP dan TOF 3D),
  • iPhone 12: 2 kamera (dual 12 MP),
  • iPhone 12 Mini: 2 kamera (dual 12 MP).

Soal kamera swafoto (selfie), keempatnya setara dengan dibekali lensa kamera 12 MP yang mampu merekam video 4K@24/30/60 fps, serta dibekali fitur stabilisasi video (EIS).

Apple juga melengkapi night mode pada seluruh kamera seri iPhone 12, termasuk pada kamera depan. Sedangkan untuk video, Apple juga menambahkan night modetime-lapse.

Layar anyar, kecerahan lebih presisi

iphone 12
info gambar

Jika bicara soal teknologi layar, keempatnya dibekali layar Super Retina XDR OLED 1.200 nits, yang memiliki keunggulan kecerahan layar yang optimal meski berada di bawah pendaran cahaya matahari.

"OLED yang dikustomisasi Apple memiliki banyak keuntungan dibandingkan LCD," jelas Drance lagi.

Masing-masing piksel OLED memiliki lampu sendiri yang dapat dikontrol secara individu, membuat kecerahan piksel yang lebih presisi, kaya warna, serta perbandingan kontras rasio dua juta banding satu untuk warna hitam yang sebenarnya untuk foto, video, dan gim, serta mode gelap (dark mode).

Layar OLED yang baru dipasangkan ini juga memiliki resolusi lebih tinggi, dua kali lebih besar ketimbang seri iPhone 11, yang kini memiliki 460 ppi. Kecerahan dua kali lebih tinggi untuk konten HDR dengan 1.200 nits ditambah dukungan untuk format video HDR, yakni Dolby Vision, HDR10, dan HLG.

Sementara untuk proteksi layarnya, Apple menggandeng Corning yang terkenal dengan produk Gorilla Glass. Namun bukan produk itu yang digunakan Apple, melainkan Ceramic Shield yang diklaim lebih kuat dari iPhone 11, dan tentunya tahan lama. Demikian kabar yang ditulis GSM Arena.

Cipset A14 Bionic, diklaim lebih bertenaga

Untuk performa, iPhone 12 dibekali cipset terbaru dari Apple, yakni A14 Bionic. VP Engineering Program Management Apple, Hope Giles, mengatakan bahwa cipset anyar ini menandai sejarah baru produk iPhone.

"A14 Bionic chip smartphone pertama yang dibuat pada proses teknologi 5-nanometer (5 nm)," terang Giles. Ini tentu menarik, mengingat ponsel Android dengan cipset terbaiknya saat ini hanya berfabrikasi 7 nm.

Pengurangan ukuran transistor memungkinkan untuk menambah fitur dan meningkatkan performa, sekaligus memperbaiki efisiensi daya. Terdapat 11,8 miliar transistor dalam A14 Bionic, hal ini mampu meningkatkan performa cipset sebesar 40 persen ketimbang cipset A13 Bionic milik iPhone 11.

Cipset A14 Bionic juga dibekali 6-inti CPU untuk performa yang lebih baik dan 4-inti GPU untuk gambar lebih sempurna, serta memungkinkan kualitas tampilan gim dan machine learning yang lebih unggul.

"Ketimbang kompetitor, ini adalah GPU tercepat di ponsel yang ada saat ini, yang menghadirkan hingga 50 persen grafik yang lebih cepat," jelas Giles.

Cipset iPhone 12 series
info gambar

Lain itu, Apple juga meningkatkan performa Neural Engine, yang meningkat dari 8-inti menjadi 16-inti. Perubahan itu berdampak pada peningkatan performa sebesar 80 persen menjadi lebih cepat. Cipset A14 Bionic juga memungkinkan kualitas game konsol pada perangkat ini. Tak hanya itu, Apple juga menghadirkan MagSafe untuk seri iPhone 12.

"MagSafe adalah sistem baru, dengan meningkatkan pengalaman pengisian daya nirkabel," ujar VP Hardware System Engineering Apple, Deniz Teoman.

Kumparan kawat pada iPhone kini menampung magnet, dan kompatibel dengan Qi charges. Magnet tersebut kemudian dimaksimalkan untuk dapat merekat dan efisien. Apple juga meningkatkan desain pelindung dengn menggunakan nanocrystalline untuk menangkap fluks magnet, yang memungkinkan pengisian daya cepat hingga 15 watt.

Terakhir soal performa dan fitur, Apple juga menambahkan dua sensor baru, yakni NFC dan magnetometer untuk memperkuat medan magnet.

Perkiraan harga iPhone 12-series di Indonesia

Berikut harga keempat seri iPhone 12 di Amerika Serikat, dan perkiraan harganya ketika hadir di Indonesia.

iPhone 12 Mini:

  • 64 GB: 699 dolar AS (Rp 10,3 juta),
  • 128 GB: 749 dolar AS (Rp 11,1 juta),
  • 256 GB: 849 dolar AS (Rp12,6 juta).

iPhone 12:

  • 64 GB: 799 dolar AS (Rp11,8 juta),
  • 128 GB: 849 dolar AS (Rp12,6 juta),
  • 256 GB: 949 dolar AS (Rp14 juta).

iPhone 12 Pro:

  • 128 GB: 999 dolar AS (Rp14,8 juta),
  • 256 GB: 1.099 dolar AS (Rp16,3 juta),
  • 512 GB: 1.299 dolar AS (Rp19,3 juta).

iPhone 12 Pro Max:

  • 128 GB: 1.099 dolar AS (Rp16,3 juta),
  • 256 GB: 1.199 dolar AS (Rp17,8 juta),
  • 512 GB: 1.399 dolar AS (Rp20,8 juta).

Keempat model seri iPhone 12 itu bisa diakukan pra pemesanan (pre-order) mulai 16 Oktober dan 6 November 2020 (khusus iPhone 12 Pro Max) di AS. Sementara di iBox Indonesia hingga berita ini dibuat belum memberikan tanda untuk bisa melakukan pre-order iPhone 12-series.

Sayangnya, iPhone 12-series tak menyertakan kepala charger (adapter) dan earphone dalam boks paket pembelian, yang membuat konsumen harus membelinya secara terpisah.

Market share iPhone di Indonesia

Jika membicarakan ponsel iPhone di Indonesia, memang tak bisa dimungkiri jika dari kuartal ke kuartal, tercatat market share yang terus meningkat. Tak heran memang, karena salah satu alasan para pembeli iPhone adalah untuk mendongkrak status sosial mereka, selain tentunya secara fungsi iPhone itu sendiri.

Dari pantauan Statcounter, pada periode setahun terakhir, yakni pada September 2019 hingga September 2020 (13 bulan terakhir), tercatat pertumbuhan market share iPhone di Indonesia terus meningkat.

marketshare iphoen di Indonesia

Dari data di atas semenjak September 2019, meski terlihat fluktuatif, namun tren peminat ponsel ini di Indonesia cenderung naik. Dari 5,54 persen market share pada September 2019, menjadi 7,93 persen market share pada September 2020.

Walau market share-nya terlihat menurun pada Juni-Juli 2020, namun pada Agustus-September 2020 kembali naik dengan market share tertinggi sepanjang 9 bulan di 2020.

Jika prediksi di atas benar bahwa iPhone 12 baru akan hadir awal tahun depan, maka bisa diduga pula bahwa market share pada Q4 akan kembali menurun, mengingat para peminat iPhone 12 di Indonesia akan menyimpan uangnya hingga perangkat iPhone 12 tersedia secara resmi di gerai iBox Indonesia.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini