Aneka Buah Nusantara yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Aneka Buah Nusantara yang Bermanfaat bagi Kesehatan
info gambar utama

Seperti yang Kawan ketahui, Indonesia mempunyai kekayaan alam yang melimpah, salah satunya memiliki aneka buah-buahan. Aneka buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bisa Kawan temukan di negara ini.

Kandungan gizi yang terdapat di buah khas nusantara ini tidak kalah dengan buah impor. Bahkan, ada beberapa buah lokal berhasil diekspor ke luar negeri, seperti mangga, nanas, dan manggis.

Nah, oleh sebab itu kawan GNFI perlu mengetahui apa saja sih buah khas Indonesia yang mempunyai manfaat untuk kesehatan? Simak ulasan lengkap di bawah ini.

Sawo

Buah Sawo | Foto: Pixabay
info gambar

Sawo matang merupakan salah satu jenis warna kulit yang biasa diberikan bagi yang memiliki kulit sedikit gelap. Hal ini tidak mengherankan karena kulit dan daging buah sawo berwarna cokelat dengan rasa yang sangat manis.

Buah satu ini kaya akan karbohidrat, karena 20% bagiannya terdiri dari gula. Sawo mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan kandungan potasium yang tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah.

Kesemek

Kesemek merupakan buah yang seperti memakai bedak, karena pada bagian kulitnya terdapat bagian putih seperti bedak. Dapat digunakan untuk menjaga kesehatan gigi, karena mengandung fluoride serta berguna untuk menjaga kesehatan gusi dan mulut.

Kawan bisa menemukan buah kesemek dengan mudah di daerah dataran tinggi, seperti Jawa Barat.

Jeruk Bali

Buah Jeruk bali | Foto: Pixabay
info gambar

Jeruk bali merupakan buah khas asia tenggara termasuk Indonesia yang sudah tersebar luas di dunia. Buah ini memiliki kulit yang tebal seperti spons. Bentuknya seperti jeruk, tetapi dalam ukuran yang lebih besar dan mempunyai warna putih atau merah muda. Flavonoid, pektin, dan likopen merupakan senyawa yang terdapat di dalamnya.

Senyawa yang ada berfungsi untuk menurunkan kolesterol, mencegah anemia, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, kulit dari jeruk bali bisa dibuat menjadi berbagai kerajinan yang menarik.

Duku

Duku merupakan buah berasal dari Komering 150km di barst Kota Palembang dengan bentuk bulat kecil dan memiliki daging buah yang cenderung bening. Duku juga memiliki banyak mineral, seperti kalsium, fosfor dan zat besi. Mineral yang ada berguna untuk sistem pencernaan dan mengobati diare.

Jambu Air

Jambu air banyak dijumpai di Kota Semarang dan mempunyai warna merah atau hijau yang khas. Buah ini banyak mengandung air. Buah yang langsung dimakan dengan kulitnya ini memiliki kandungan vitamin A, C, kalsium, dan protein. Jambu air bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit dan serat untuk pencernaan.

Jambu Biji Merah

Berbeda dengan jambu biji, jambu ini merupakan buah dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi selain kandungan kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A dan B1. Sebaiknya, Kawan memakan buah ini beserta kulitnya, karena pada daging dekat kulit banyak mengandung vitamin C.

Belimbing Bintang

Belimbing atau starfruit ini memiliki bentuk seperti bintang dengan lima sudut. Kandungan vitamin E di dalamnya bermanfaat untuk kecantikan kulit. Buah ini juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Nanas

Nanas, buah yang berasal dari Brazil ini tumbuh subur di Indonesia sehingga menjadi salah satu buah khas nusantara. Daging buah nanas berwarna kuning dengan rasa asam manis, menjadi salah satu buah favorit dalam rujak.

Manfaat dari nanas antara lain dapat membantu masalah pada penyempitan pembuluh darah yang tertutup lemak, membantu pencernaan dan berguna untuk Kawan yang sedang diet.

Manggis

Buah Manggis | Foto: Pixabay
info gambar

Tebak-tebak buah manggis. Buah ini memang sering dijadikan bahan tebak-tebakan untuk menebak jumlah isi di dalamnya. Walaupun kulitnya berwarna hitam, tetapi dagingnya berwarna putih dan memiliki manfaat yang besar karena kandungan antioksidan, antibiotik dan antivirus yang tinggi. Buah ini juga dapat meredakan kelelahan dan mengatasi masalah vertigo.

Manggis ini dipercaya berasal dari semenanjung malaya dan ditemukan oleh orang Indonesia.

Mangga

Buah Mangga | Foto: Pixabay
info gambar

Salah satu buah yang banyak disukai, yaitu mangga. Buah yang masih muda biasa diidamkan wanita hamil karena rasanya yang asam. Tetapi, jika telah matang, dagingnya yang berwarna kuning akan terasa manis karena kandungan gula yang cukup tinggi. Bermanfaat sekali untuk kesehatan kulit dan mengendalikan tekanan darah.

Banyak sekali jenis mangga asli Indonesia yang bisa Kawan coba, seperti Binjai, Podang, Mana Lagi, dan lain-lain.

Salak

Buah Salak | Foto: Pixabay
info gambar

Salak pondoh merupakan jenis salak di Indonesia yang dikenal memiliki kualitas paling baik. Rasanya yang manis dan garing membuat buah ini cukup disukai. Buah bersisik coklat ini dapat meringankan buang-buang air yang terus menerus. Hal ini juga yang hendaknya membuat Kawan tidak terlalu banyak mengkonsumsinya, karena bisa-bisa Kawan jadi sulit untuk buang air.

Rambutan

Buah rambutan | Foto: Pixabay
info gambar

Buah rambutan dengan ciri khas memiliki rambut dapat ditemui dengan mudah pada musimnya. Buahnya yang berwarna putih manis ini disukai anak-anak sampai orang dewasa. Kandungan antioksidan pada dagingnya sangat besar, sehingga baik untuk kesehatan. Salah satu yang memiliki rasa yang nikmat adalah rambutan rapiah.

Pepaya

Buah pepaya | Foto: Pixabay
info gambar

Buah pepaya memiliki daging berwarna oranye dan berbiji hitam bulat kecil. Betakaroten merupakan kandungan gizi yang tertinggi di dalamnya. Buah ini juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Terdapar banyak jenis pepaya asli Indonesia yang bisa kalian konsumsi, seperti salah satunya pepaya california.

Itulah beberapa buah di Indonesia yang memiliki manfaat bagi tubuh. Meskipun harganya tergolong murah dari buah impor, beberapa buah di atas mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Jadi, jangan ragu lagi untuk mencicipi buah asli Indonesia yang identik dengan kesegarannya dan rasakan manfaatnya.*

Referensi: Dr Laser

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini