Keren! Indonesia Jadi Salah Satu Negara Pemilik Startup Terbanyak di Dunia 2020

Keren! Indonesia Jadi Salah Satu Negara Pemilik Startup Terbanyak di Dunia 2020
info gambar utama

Apakah Kawan GNFI mengamati, belakangan ini jumlah perusahaan rintisan (startup) yang bermunculan semakin banyak? Perkembangan teknologi digital menjadi salah satu faktor penting mengapa kian banyak startup yang bermunculan khususnya di Indonesia dan menjadikan negeri kita sebagai salah satu negara dengan startup terbanyak dunia.

10 negara emilik startup terbanyak di dunia
info gambar

Berdasarkan data dari Startup Ranking, berikut 10 negara dengan Startup terbanyak di dunia 2020:

  1. Amerika Serikat (65.910)

Negeri Paman Sam ini berada di posisi pertama sebagai negara dengan jumlah startup terbanyak di dunia. Beberapa startup yang terkenal dari AS di antaranya Coursera, Teespring, Giphy hingga Tinder.

  1. India (8.504)

Posisi kedua diisi oleh India dengan total startup sebanyak 8.504. Tidak mengherankan mengingat India dikenal memiliki kualitas sumber daya manusia (SDM) yang cukup baik di bidang teknologi. Beberapa startup di India yang terkenal di antaranya HackerEarth, Magzter 84.225 dan ClearTax.

  1. Inggris (5.418)

Inggris berhasil bertengger di posisi ketiga dengan catatan 5.418 startup. Beberapa startup asal Inggris yang terkenal diantaranya Revolut, 4K Download, BTCClicks, Workable hingga KickOff.co.uk.

  1. Kanada (2.728)

Negara yang beribu kota Ottawa ini memiliki 2.728. Beberapa startup yang terkenal dari Kanada antara lain Kidoodle.TV, Thinkifc, Smart Flow dan masih banyak lagi.

  1. Indonesia (2.195)

Ternyata Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah startup terbanyak di dunia dengan total 2.195 perusahaan rintisan. Gojek, Tokopedia dan Ruangguru merupakan sederet startup yang paling populer di masyarakat.

  1. Jerman (2.137)

Menempati peringkat keenam, Jerman memiliki jumlah perusahaan rintisan yang tidak terpaut jauh dari Indonesia. Negara yang beribu kota Berlin ini memilki 2.137 startup. Beberapa startup yang bernaung di bawah bendera Jerman adalah Contetful, EyeEm, Blikist hingga Copytrack.

  1. Australia (1.653)

Australia berhasil menempati peringkat ketujuh dengan koleksi sebanyak 1.653 startup. Negri ini merupakan lahirnya aplikasi desain Canva dikembangkan, aplikasi tersebut kini menjadi startup peringkat pertama di dunia berdasarkan Startup Ranking dengan SR Score sebanyak 89.651.

  1. Prancis (1.484)

Posisi delapan diisi oleh Perancis dengan 1.484 startup. Beberapa startup yang berasal dari Perancis adalah Click&Boat, La Ruche qui dit Oui, Pixelixe dan Front.

  1. Spanyol (1.312)

Negeri Matador ini memiliki 1.312 startup yang terdaftar di Startup Ranking dan menempati posisi ke-9 dunia.

  1. Brasil (1.144)

Posisi kesepuluh diisi oleh Brasil dengan koleksi 1.144 startup. Beberapa startup dari Brasil yang terkenal di antaranya Hotmart, Sympia, PicPap dan Convenia.

Dari sekian banyak startup yang ada, produk startup mana yang paling sering Kawan GNFI gunakan?

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini