Inilah 10 Provinsi dengan Angka Harapan Hidup Tertinggi di Indonesia

Inilah 10 Provinsi dengan Angka Harapan Hidup Tertinggi di Indonesia
info gambar utama

Angka harapan hidup (AHH) penduduk merupakan rata-rata kesempatan atau waktu hidup yang tersisa. Usia harapan hidup bisa diartikan pula dengan banyaknya tahun yang ditempuh penduduk yang masih hidup sampai umur tertentu.

Dalam hal ini berdasarkan serangkaian Age Specific Rate atau rata-rata umur spesifik dari kematian, besar kecilnya usia harapan hidup suatu generasi sangat dipengaruhi oleh banyaknya penduduk yang mampu melewati umur tertentu, dan banyaknya penduduk yang dilahirkan hidup dari suatu generasi sampai mencapai umur tertentu.

Angka Harapan Hidup merupakan alat untuk mengevaluasi kinerja pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan penduduk pada umumnya, dan meningkatkan derajat kesehatan pada khususnya.

Dalam peningkatan angka harapan hidup, harus diikuti dengan program pembangunan kesehatan, dan program sosial lainnya termasuk kesehatan lingkungan, kecukupan gizi dan kalori termasuk program pemberantasan kemiskinan.

10 Provinsi dengan angka harapan hidup tertinggi di Indonesia

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis pada tahun 2019 menempatkan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai provinsi dengan angka harapan hidup tertinggi di Indonesia. Angka harapan hidup DIY mencapai 74,95 tahun.

Posisi kedua ditempati oleh Kalimantan Timur dengan angka harapan hidup sebesar 74,27 tahun, diikuti oleh Jawa Tengah (74,25 tahun), Jawa Barat (72,92 tahun) dan DKI Jakarta di posisi kelima dengan angka harapan hidup sebesar 72,82 tahun.

Sementara itu Kalimantan Utara berhasil menempati posisi keenam dengan angka harapan hidup sebesar 72,48 tahun, diikuti oleh Bali di posisi ketujuh dengan angka harapan hidup sebesar 72,00 tahun.

Sedangkan Riau berada diposisi kedelapan dengan angka harapan hidup sebesar 71,67 tahun, diikuti oleh Sulawesi Utara dan Jawa Timur yang masing-masing mencatatkan angka harapan hidup sebesar 71,63 tahun dan 71,22 tahun.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini