Sejarah Hari Ini (7 November 1945) - Partai Masyumi Berdiri di Yogyakarta

Sejarah Hari Ini (7 November 1945) - Partai Masyumi Berdiri di Yogyakarta
info gambar utama

Partai Majelis Syura Muslimin Indonesia (Masyumi) adalah sebuah partai politik Islam terbesar di Indonesia selama era demokrasi liberal.

Masyumi adalah nama yang diberikan kepada sebuah organisasi yang dibentuk oleh Jepang yang menduduki Indonesia pada 1943 dalam upaya mereka untuk mengendalikan umat Islam di Tanah Air.

Partai ini dibentuk dalam Kongres Umat Islam Indonesia yang pertama di Yogyakarta pada 7 November 1945.

Pada awalnya Masyumi merupakan organisasi yang dibentuk pada 24 Oktober 1943.

Dalam tempo kurang dari setahun, Masyumi menjadi partai politik terbesar di Indonesia.

Masyumi termasuk dalam kategori organisasi Islam, sama seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

Namun, usia partai ini tidak panjang. Pada 17 Agustus 1960, partai ini dilarang oleh Presiden Soekarno karena diduga mendukung pemberontakan PRRI.

Setelah pelarangan tersebut, para anggota dan pengikut Masyumi mendirikan Keluarga Bulan Bintang (bahasa Inggris: Crescent Star Family) untuk mengkampanyekan hukum syariah dan ajarannya.

Sebuah upaya untuk membangkitkan kembali partai ini selama masa transisi ke Orde Baru sempat dilakukan, tetapi tidak diizinkan.

Setelah kejatuhan Soeharto pada tahun 1998, upaya lain untuk membangkitkan partai ini kembali dilakukan, tetapi para pengikut Masyumi mendirikan Partai Bulan Bintang, yang berpartisipasi dalam pemilihan legislatif tahun 1999, 2004, dan 2009.

---
Referensi: M. Fuad Nasar, "Islam dan Muslim di Negara Pancasila"

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini