Anak Muda! Temukan Inspirasi dan Asah Kemampuanmu di Tengah Pandemi

Anak Muda! Temukan Inspirasi dan Asah Kemampuanmu di Tengah Pandemi
info gambar utama

Kawan GNFI, tanggal 31 Oktober hingga 8 November 2020 lalu ada acara yang seru banget untuk anak-anak muda Indonesia yang diinisiasi oleh jenama Bear Brand dan Inspigo, khususnya untuk anak muda yang masih menjalankan kebijakan PSBB atau bahkan santai di rumah.

Acara yang diberi nama ''Generasi #BisaBanget Skill Up Project–Empower Yourself in a Changing World'' ini dibagi dalam 4 episode, 2 episode sudah terlaksana di tanggal 1-2 November 2020, dan membahas tentang bagaimana mencapai goal kamu dan menjaga kesehatan mental kamu di tengah pandemi ini. Lalu 2 episode lagi tayang pada tanggal 7-8 November.

Konsep acara ini adalah virtual live talkshow dengan fokus utama adaptasi atas kondisi saat ini yang mengharuskan kita meminimalkan aktivitas di luar rumah.

Kresna Julio, sang moderator mengatakan, “Generasi bisa banget, pantang berdiam diri dan galauin kondisi!”. Seolah ia juga berpesan bahwa meski kondisi yang serba tak memungkinkan seperti saat ini, semangat anak muda untuk terus maju tak boleh berhenti.

Beberapa narasumber lain yang juga mengisi acara, adalah Youtuber Petite Diva yang membahas soal tip menjaga kesehatan untuk tetap fit (healthy tips to stay fit), serta financial hack tips dari konten kreator, Felicia Putri Tjiasaka.

Penuh pesan-pesan positif

Pada episode pertama, acara dibuka oleh Lizzie Parra (Founder of BLP), dan Samuel Ray yang berbicara tentang bagaimana meraih pencapaian di tengah pandemi ini. Seperti yang dipaparkan oleh Lizzie agar selalu berpikir positif tentang apa yang bisa dilakukan dalam kondisi seperti sekarang ini, serta terus menjaga kesehatan.

Lizzie pun berpesan dan memotivasi untuk para anak muda, ''yang bikin kita takut adalah kita sendiri dan keterbatasan kita sendiri. Yang bikin kita takut adalah goal-nya, kita ubah mindset kita dari kesuksesan goal kita menjadi keberprosesan goal kita. Instead of fokus pada capaian goal-nya, kita fokus ke proses goal itu. Cari tahu keinginan kita, cari tahu apa yang kita bisa dan apa yang kita suka agar kita bisa menjalaninya secara maksimal.''

Sementara Samuel Ray memberi tip untuk mengambil Langkah mundur, mundur sebentar untuk melihat kita sudah sejauh mana, melihat kondisi mental kita apakah masih sehat atau tidak dan harus jujur soal kapasitas diri.

Ia bilang, jangan terlalu terobsesi untuk membuat banyak goal yang akhirnya tidak fokus dan tidak ada yang tercapai. Jadi melakukan hal yang kita sukai pun akan ada tantangannya.

''Jangan lari, pelan-pelan saja. Berpikir dan mempunyai scenario, coba tetep punya long term view, setelah pandemic apa yang ingin dilakukan, apa yang bisa gue optimalkan, tetep punya mimpi dan lihat probabilitasnya after pandemi,'' demikian pesannya.

Skill up talent
info gambar

Kemudian pada episode kedua dibuka dengan acara Talkshow dari Marcella FP dan Dr. Jiemi Adrian. Marcella FP, penulis buku NKTCHI itu berbagi tip tentang bagaimana mengatasi kecemasan di era pandemi ini.

Marcella menyebut, adaptasi menjadi hal yang penting ketika semua yang tadinya serba cepat dan banyak kegiatan, menjadi hilang tiba-tiba di tengah kondisi ini. Pada akhirnya menjadi penting untuk mengetahui dari mana sumber kegelisahan untuk mengatasi kecemasan, dan belajar untuk mencari kegiatan lain untuk pengalihan energi yang cocok untuk diri kita masing-masing.

Selanjutnya ada dr Jiemi, Psikiater di RS Siloam Bogor yang memberikan banyak kiat seputar menjaga kesehatan mental di tengah pandemi ini. Ia menyebut, 63 persen sebab kecemasan saat ini datang dari pandemi.

Pandemi juga menjadi biang keladi stress saat ini, yang penyebabnya antara lain kebutuhan sosial menjadi terganggu di era pandemi ini, seperti pembatasan sosial yang memang sangat mengganggu kita untuk berinteraksi secara langsung.

Ia juga menyarankan agar kita menerapkan pola pikir yang ramah dengan diri sendiri saat melakukan kesalahan juga menjadi penting

''Jangan menyiksa diri sendiri dengan menuntut kesempurnaan, kesalahan adalah bagian dari menjadi manusia. Kadang menjadi kuat bukan berusaha lebih keras tapi tahu cara beristirahat dengan tepat” demikian pesannya.

Beragam tip dari narasumber tadi tentunya berguna bagi anak-anak muda dan kita pada umumya yang harus sehat secara mental selama pandemi ini.

Nah, kawan, semoga informasi ini membantu diri kita dan orang lain, ya.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini