Meski Pandemi, AHM Tetap Luncurkan Honda Scoopy Generasi Ke-5

Meski Pandemi, AHM Tetap Luncurkan Honda Scoopy Generasi Ke-5
info gambar utama

Iya, judul di atas tak salah kawan GNFI. Meski pandemi, PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi meluncurkan generasi terbaru dari skuter matik (skutik) retro modern Honda Scoopy. Ini sekaligus menandakan roda ekonomi manufaktur otomotif yang berangsur pulih usai dihantam pandemi Covid-19 sepanjang 8 bulan belakangan.

Ini juga merupakan bentuk konsistensi AHM sebagai penjual resmi motor Honda di Indonesia untuk terus memberikan teknologi yang dibutuhkan pengendara atas motor yang beredar saat ini. AHM juga menyadari bahwa model Honda Scoopy memiliki segmen pasar khusus yang harus diperhatikan.

President Director AHM, Keiichi Yasuda, mengatakan sejak diluncurkan pertama kali pada 2010, Honda Scoopy memiliki daya tarik serta segmen market tersendiri bagi para pecinta skutik retro yang fashionable. Hal ini mengantarkan Honda Scoopy menjadi salah satu model skutik terfavorit di Indonesia.

''Pada generasinya yang ke-5 ini, kami ingin terus memenuhi harapan pecinta skutik unik dan fashionable melalui penyematan mesin dan rangka baru pada All New Honda Scoopy untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, serta beragam fitur baru yang menunjang gaya hidup penggunanya,'' terang Keiichi Yasuda, dalam peluncuran virtual AHM, Selasa (10/11/2020).

Sementara Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman, mengatakan bahwa Honda Scoopy telah menjadi bagian dari gaya hidup anak muda Indonesia yang ingin tampil unik dan berbeda dengan gaya yang modern.

''Terima kasih kepada lebih dari 4,5 juta pengguna sepeda motor selama satu dekade kehadirannya di Tanah Air. Kami berharap kehadiran generasi terbarunya melalui All New Honda Scoopy dapat semakin memberikan rasa bangga bagi pengendara yang menyukai gaya hidup sebagai trendsetter,'' ujarnya.

Semua serba baru

All New Honda Scoopy anyar ini hadir dengan mengadopsi perubahan menyeluruh pada desain, mesin, rangka, dan fitur. Secara keseluruhan, desain Honda Scoopy generasi ke-5 ini dibuat oleh anak-anak negeri dari AHM yang diklaim siap menjadi trendsetter dan menjawab kebutuhan pecinta motor skutik di Tanah Air.

Perbedaan desain paling mendasar dari generasi pendahyulunya dapat dilihat dari desain lampu depan dan belakang yang mengalami perubahan, namun tetap mencerminkan ciri khas motor ini--dengan lampu model retro membulat--sejak di luncurkan di Indonesia pada 2010.

Model ini juga kini disematkan mesin generasi terbaru berkapasitas 110 cc eSP (enhanced Smart Power) yang diklaim hemat bahan bakar, yang dipadu dengan teknologi sasis/rangka (frame) eSAF (enhanced Smart Architecture Frame).

mesin dan tangki bbm new scoopy 2020
info gambar

Lain itu, guna mendukung aktivitas penggunanya, generasi terbaru Scoopy ini ditambahkan dengan pengisi daya baterai ponsel jenis USB (USB charger), serta pilihan tipe baru yang dilengkapi fitur Smart Key.

Teknologi eSP terintegrasi dengan ACG Starter untuk menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara, serta menjadi dasar pengaplikasian fitur canggih Idling Stop System (ISS) yang mampu mematikan mesin secara otomatis saat berhenti lebih dari 3 detik, dan hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi.

Model ini hadir dengan kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar yakni 4,2 liter, serta konsumsi bahan bakar yang mempu menjelajah 59 km/liter melalui pengaktifan fitur ISS. AHM juga menyebut jika motor ini telah menggunakan teknologi Euro-3 berbasis ramah lingkungan.

desain lampu depan dan belakang yang serba baru
info gambar

Beragam fitur teranyar turut dihadirkan pada All New Honda Scoopy untuk semakin memberikan kenyamanan bagi pengendara. Penyematan lampu depan dan belakang dengan desain terbaru berbentuk oval sempurna sebagai simbol dari Honda Scoopy hadir dengan kombinasi sistem pencahayaan LED projector yang semakin menonjolkan kesan retro dari tampilan depan dan belakang motor.

Ada juga sematan Smart Key Sistem untuk tipe terbaru (varian Stylish dan Prestige) yang juga terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm, sehingga semakin menunjang keamanan serta kemudahan mencari motor ketika parkir di tempat luas.

USB Charger yang berada pada kompartemen boks di dek depan bagian kiri dapat dimanfaatkan oleh pengendara untuk pengisian baterai ponsel secara lebih praktis tanpa perlu menggunakan tambahan adapter.

USB charger dan keyless All New Honda Scoopy 2020
info gambar

Fitur baru lainya adalah Multi Function Hook (gantungan barang) yang bermanfaat untuk menggantungkan barang bawaan secara praktis dengan desain dapat ditutup apabila tidak digunakan.

Fitur unggulan lain pada All New Honda Scoopy juga dipertahankankan seperti desain pijakan kaki terbaru untuk pembonceng yang terintegrasi dengan bodi, memudahkan pengendara membonceng dengan tetap nyaman.

Model baru ini juga menyematkan pelek racing 12 inci yang dikombinasikan dengan ban tubeless untuk menghadirkan kenyamanan dan rasa aman pengendara. Sementara soal bagasinya, All New Honda Scoopy ini dibekali bagasi sebesar 15,4 liter dapat menyimpan helm dan perkakas kecil lainnya, semisal jas hujan, sandal, maupun tools ringan.

Hadir dalam 4 varian

varian all new honda scoopy 2020
info gambar

All New Honda Scoopy mulai dijual dengan menawarkan 4 varian dan 8 pilihan warna, yang menjadikan model ini semakin atraktif dengan hadirnya desain dan warna terbaru yang telah disesuaikan dengan karakter pengendara yang beragam.

Pada varian Sporty, hadir dengan 2 pilihan warna, yakni merah (Sporty Red) dan hitam (Sporty Black). Sedangkan varian Fashion hadir dengan warna biru (Fashion Blue) dan krem (Fashion Cream).

Varian Sporty dan Fashion hadir dengan harga On The Road (OTR) DKI Jakarta Rp19.950.000.

Sementara itu, untuk varian Stylish dan Prestige adalah tipe terbaru yang dilengkapi dengan fitur Smart Key. Karena keduanya merupakan tipe tertinggi, tentu banderolnya juga lebih mahal, yakni Rp20.750.000.

Untuk varian Stylish tampil dengan pilihan warna cokelat (Stylish Brown) dan merah (Stylish Red), serta varian Prestige yang hadir dengan warna putih (Prestige White) dan hitam (Prestige Black).

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini