Melalui MP1, Indonesian Racing akan Debut di MotoGP 2021

Melalui MP1, Indonesian Racing akan Debut di MotoGP 2021
info gambar utama

Namanya memang belum begitu familar, kawan. Tapi boleh jadi, ini adalah satu-satunya perusahaan pengelola manajemen olahraga (sports management) saat ini di Indonesia yang merambah skala internasional.

MP1 yang dibangun pada 2019 akan melakukan debutnya di dunia internasional di Sirkuit Doha, Qatar, pada Maret 2021, yang merupakan balapan pembuka ajang MotoGP musim 2021.

''Ya, kita akan kick off di sana untuk ajang Internasional. Kenapa MotoGP yang dipilih? Karena siapa sih yang gak kenal MotoGP? Dan ini menjadi strategi awal kita untuk memperkenalkan company kita ke ajang internasional,'' ungkap CEO MP1, Rocky Soerapoetra, pada GNFI di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (11/11/2020).

Latar belakang dibangunnya MP1, sambung Rocky, adalah melihat potensi besar para anak-anak muda Indonesia yang memiliki minat tinggi pada dunia olahraga, namun belum memiliki manajemen yang tepat untuk menyalurkannya. Lain itu, belum ada pengelola manajemen balap yang serius untuk menghantarkan mereka ke ajang internasional.

Selain menjadi perusahaan manajemen olahraga, MP1 juga akan merambah industri media dan entertainment sebagai saluran yang efektif untuk mengibarkan nama Indonesia di ajang olahraga motorsport internasional.

''Nah, tugas kita adalah membuat rumah (pengelolaan manajemen) untuk mereka di bidang olahraga yang mereka sukai. Jadi jangan salah, kedepannya MP1 gak hanya merambah olahraga balap motor seperti MotoGP, tapi juga ke olahraga motorsport lain, seperti Reli Dakar, MXGP, World Superbike, dan lain-lain. Nah, untuk langkah awalnya, kita memang kick off di MotoGP dulu,'' beber mantan atlet jetski dan pereli ini.

Boleh jadi ini merupakan jawaban bagi anak muda yang memiliki cita-cita menjadi atlet motorsport yang ingin merambah ke kelas internasional, karena memang selama ini hal-hal semacam itu sulit sekali diwujudkan, entah karena prosesnya yang sulit atau belum ada pihak manajemen yang menaunginya.

Sekali lagi, ini adalah kabar baik bagi anak-anak muda Indonesia yang ingin memiliki karir di dunia motorsport dalam skala internasional.

Kerjasama strategis dengan Gresini Racing

Seperti dijelaskan Rocky, sebagai langkah awal MP1 akan mengelola tim-tim balap untuk terjun di empat kelas, yakni MotoGP, Moto2, Moto3, dan MotoE (balap motor listrik di ajang MotoGP).

Adalah Indonesian Racing yang akan menjadi platform awal untuk divisi motorsport kelas internasional itu. Indonesian Racing juga merupakan produk kolaborasi antara MP1 dan Gresini Racing yang berperan sebagai teknikal partner.

Sebagai informasi saja, Gresini Racing adalah tim balap motor yang saat ini berkompetisi pada kejuaraan dunia MotoGP, melalui tim:

  • Aprilia Racing Team Gresini (di kelas MotoGP),
  • Federal Oil Gresini (di kelas Moto2),
  • Kömmerling Gresini (di kelas Moto3),
  • Trentino Gresini (di kelas MotoE), dan
  • Total Gresini (tim junior di kelas CEV Moto3)

''Jadi, Indonesian Racing itu bukan tim balap, tapi platform untuk mengelola tim balap, dan ini yang akan menjadi portofolio kita dan timnya nanti bisa siapa saja. Itu yang harus diluruskan, biar tak salah persepsi. Tapi, kedepannya bahwa Indonesian Racing akan menjadi tim balap tak tertutup kemungkinan,'' tandas principal Indonesian Racing ini.

Kolaborasi kedua perusahaan itu sudah dikonfirmasi oleh Dorna Sport (Dorna SL) selaku penyelenggara MotoGP, bahwa MP1 menjadi salah satu manajemen tim balap di ajang MotoGP. Konfirmasi tersebut juga dilakukan secara terbuka di depan awak media pada, Rabu (11/11), melalui video konferensi saat acara peluncuran Indonesian Racing di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

preskon MP1 Indonesia Racing
info gambar

CEO Dorna Sport Carmelo Ezpeleta, dalam keterangan yang dibacakan tim Dorna Sport pada video konferensi tersebut mengungkapkan bahwa kerjasama MP1 dan Gresini Racing merupakan berita yang luar biasa.

Tentunya dengan membawa nama Indonesia ke ajang MotoGP, maka akan membuat fans MotoGP di Indonesia yang merupakan salah satu yang terbesar di dunia menjadi semakin menyukai olahraga balap ini. Apalagi MotoGP akan berlaga di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, tahun depan (direncanakan Oktober 2021).

''Pengumuman Gresini Racing menjalin kerjasama strategis dengan MP1 dari Indonesia merupakan berita yang luar biasa. Indonesia adalah pasar utama bagi semua orang yang terlibat dalam balap sepeda motor dan bermitra dengan tim MotoGP yang begitu sukses dengan kehadiran di semua kelas, duduk sempurna di samping kembalinya balap MotoGP ke Indonesia yang akan datang.”

''Kami menyambut manajemen dan staf MP1 untuk olahraga ini dan berharap untuk melihat bagaimana kemitraan tumbuh dalam beberapa bulan mendatang.''

Kerja sama antara MP1 dan Gresini Racing ini juga akan menjadi jembatan bagi tim balap Indonesia di masa depan untuk berlaga di semua kelas di ajang MotoGP.

''Dorna Sport, tertarik dengan konsep kita, makanya kita bisa masuk. Mungkin banyak yang melihat prosesnya terlalu cepat, namun perlu saya tegaskan untuk prosesnya ini dibutuhkan visibility studies dan riset yang gak sebentar,'' ungkap Rocky.

Sementara Fausto Gresini yang merupakan pendiri Tim Gresini sekaligus manajer tim, berharap pihaknya akan terus memiliki hubungan langgeng dengan Indonesia.

''Indonesia sudah menjadi rumah kedua bagi kami, karena kami menikmati kemitraan yang hebat. Dan juga kami mencintai orang-orangnya, mereka semua tergila-gila dengan MotoGP. Karena itu kami sangat senang menyambut MP1,'' tutur Fausto.

''Selain itu, kami telah berbagi dengan MP1 melalui sebuah visi dan niat bersama di tahun depan dan bertujuan untuk menumbuhkan kemitraan lebih jauh dan membuatnya lebih kuat. Tujuan utamanya adalah, suatu hari nanti, memiliki tim dalam kejuaraan yang mewakili seluruh bangsa, budaya dan antusiasme mereka untuk MotoGP. Terima kasih saya kepada semua tim di MP1 karena telah memilih Gresini Racing untuk mengembangkan proyek yang luar biasa ini.''

Rocky juga mengatakan bahwa ketika konsep kerjasama ini telah masuk ke Dorna Sport dan diterima, pihaknya harus segera melakukan konferensi pers, namun karena pandemi Covid-19 konferensi pers itu ditunda.

''Seharusnya kita melakukan konferensi pers pada Maret lalu (Maret 2020), tapi karena mendadak ada pandemi, semuanya jadi mundur dan baru bisa dilakukan sekarang,'' jelas Rocky.

Pendek kata dari semua penjelasan di atas adalah, MP1 akan menciptakan proyek inovatif melalui perjanjian beberapa tahun dengan Dorna Sport, dan menjadikan MP1 sebagai salah satu pengelola tim balap di semua kelas pada ajang MotoGP dengan mitra strategis mereka, Gresini Racing.

Ia tak lupa mengingatkan bahwa pada tanggal 26-27 November 2020, akan dilakukan tes perdana untuk tim yang akan berada di bawah naungan Indonesia Racing, di Sirkuit Jerez, Spanyol. Ini sekaligus bukti keseriusan MP1 untuk membawa nama Indonesia ke ajang balap paling kondang sejagat itu.

3 pilar konsep yang akan terus dikembangkan

Rocky juga menegaskan tiga konsep pilar perusahaan MP1. Pilar pertama adalah Country Brand yang akan membawa nama perusahaan yang akan mewakili Indonesia di ajang balap internasional. Kemudian pilar kedua adalah Investment, yakni investasi yang akan dilakukan oleh berbagai pihak untuk memuluskan niat menjadikan Indonesia terlibat secara penuh untuk olahraga motorsport kelas dunia. Dan pilar yang terakhir adalah Tourism, yang akan membawa nama Indonesia makin moncer di industri pariwisata.

Ini sekaligus mengelaborasi program strategis yang akan dilakukan dimasa mendatang dalam rangka mendukung program pemerintah dan membawa efek berkelanjutan pada sektor pariwisata, investasi, dan membawa nama Indonesia mendunia pada olahraga balap skala internasional.

Indonesian Racing juga diharapkan mampu membangkitkan semangat baru bagi olahraga balap motor Indonesia, dan diharapkan menjadi inspirasi bagi pembalap muda Indonesia yang siap bergabung dan bertanding mewakili Indonesia di kancah nasional dan internasional dimasa mendatang.

Menyiapkan akademi balap

Selain memiliki produk Indonesian Racing, MP1 juga tengah mengembangkan akademi balap untuk mengidentifikasi bakat para pebalap muda dan membantu mereka maju ke ajang MotoGP. Proyek ini diperuntukkan untuk pengembangan talenta muda milik anak bangsa dalam olahraga balap motor.

Adanya Akademi ini juga membawa dampak berkelanjutan bagi promosi Indonesia dimata internasional tak hanya sektor olahraga, namun juga pariwisata yang mendukung pembangunan ekonomi dalam negeri.

“Proyek ini menjadi berkah bagi seluruh tim Manajemen MP1. MotoGP dianggap sebagai olahraga nasional di Indonesia dan kemeriahan seputar Grand Prix Mandalika yang akan datang. hal itu telah mempercepat minat kami untuk mengembangkan visi kami,'' kata Ance Dewianti, Managing Director MP1, dalam acara tersebut.

Ia juga bilang bahwa salah satu visi MP1 adalah untuk mendukung pembalap muda Indonesia, menemukan calon juara dunia Indonesia di masa depan, dan meninggalkan warisan kesuksesan Indonesia di bidang olahraga.

''Kami mengucapkan terima kasih kepada Fausto Gresini atas dukungannya dan berbagi visi kami. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Dorna Sport atas dukungan dan komitmennya untuk Indonesia dan membantu kami menciptakan proyek kebanggaan nasional.''

So, ditunggu gebrakan serunya tahun depan nih, kawan GNFI.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini