Pasar Bertumbuh, Suzuki Indonesia Hadirkan Carry Seri Terbaru

Pasar Bertumbuh, Suzuki Indonesia Hadirkan Carry Seri Terbaru
info gambar utama

Kawan GNFI, kesuksesan penjualan Suzuki New Carry Pick-Up (Pikap) yang diluncurkan pada 2018 lalu, semakin menguatkan eksistensi mobil tersebut pada segmen mobil pikap. Bahkan, seperti dilaporkan Suzuki Indonesia, antusiasme yang besar dari konsumen membuat kebutuhan akan fungsi mobil pikap Suzuki semain beragam.

Lagi-lagi ini membuktikan pertumbuhan manufaktur industri otomotif Indonesia yang berangsur mulai membaik jelang tutup tahun 2020.

Sebagai catatan, di era pandemi ketika semua orang mengandalkan industri logistik untuk mengirimkan pesanan barang, Suzuki mencatat penjualan mobil tertingginya justru di segmen kendaraan niaga/pikap.

Melalui laporan asosiasi industri kendaraan bermotor di Indonesia (Gaikindo) pada Juni 2020, Suzuki Carry Pikap mencapai penjualan tertinggi dengan catatan 1.701 unit yang diboyong konsumen, mengalahkan segmen MPV maupun SUV yang biasanya cukup moncer penjualannya, Seperti Avanza, Xpander, Innova, maupun XL7.

Penjualan mobil Juni 2020

Sementara untuk catatan penjualan mobil sepanjang 9 bulan terakhir (Q1, Q2, dan Q3), mobil-mobil Suzuki mencatatkan pertumbuhan penjualan yang lumayan baik meski pandemi Covid-19. Datanya sebagai berikut:

  • Kuartal I (Q1, Januari-Maret 2020), catatan penjualannya mencapai 24.210 unit (posisi 5).
  • Kuartal II (Q2, April-Juni 2020), catatan penjualannya mencapai 4.576 unit (posisi 2).
  • Kuartal III (Q3, Juli-September 2020), catatan penjualannya mencapai 9.870 unit (posisi 2).

Penjualan mobil 9 bulan terakhir

Atas dasar catatan itu maka dibangunlah kerjasama antara mitra karoseri dan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk menghadirkan varian New Carry versi Minibus dan Blind Van.

''Saat ini, New Carry Pick Up berhasil menguasai 58,8 persen pangsa pasar di segmennya (kendaraan niaga/pikap). Keberhasilan ini membuat kami menerima banyak sekali permintaan dari berbagai bidang usaha yang memerlukan kendaraan niaga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan mereka,'' terang Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, dalam siaran pers perusahaan, Kamis (12/11/2020).

''…Untuk itu, sebagai produsen otomotif dengan reputasi yang baik, kami berupaya mengakomodasi kebutuhan dunia usaha yang beragam dengan menggandeng mitra karoseri untuk membuat New Carry Minibus dan New Carry Blind Van.''

Dikembangkan dengan ILMU

Didasari oleh kebutuhan pelanggan serta hubungan kerjasama yang baik antara Suzuki dan mitra karoseri yang telah terbukti kualitasnya, terutama dalam membuat angkutan umum pada model sebelumnya, kini Suzuki menghadirkan modifikasi untuk tipe New Carry terbaru.

New Carry Minibus dan Blind Van hadir dengan konsep yang sama dengan varian New Carry lainnya, yaitu ILMU. Apa itu ILMU?

  • Irit bensin dan perawatannya,
  • Lama umur pakainya,
  • Muatnya banyak, dan
  • Untung di ujung.

Secara umum, keduanya memiliki ukuran bodi yang cukup besar serta ruang kabinnya lega dengan panjang, yakni panjang 4.415 mm (4,4 meter), lebar 1.675 mm (1,6 meter), dan tinggi 2.150 mm (2,1 meter).

Sementara radius putar kendaraan-kendaraan ini adalah 4,4 meter, dan diklaim lebih mudah saat memutar balik atau bermanuver. Selain itu, New Carry Minibus dan Blind Van juga hadir dengan tenaga maksimum yang tercapai pada putaran rendah sebesar 97 PS/5600 rpm dan torsi yang lebih besar yaitu 135 Nm/4400 rpm.

Kedua varian terbaru New Carry ini juga dilengkapi dengan immobilizer agar mobil lebih aman, dan sensor parkir yang semakin memudahkan pengemudi.

Perbedaan keduanya

New Carry Minibus
info gambar

Perbedaan New Carry Minibus dan Blind Van terletak pada pintu di baris kedua. New Carry Minibus memiliki pintu tengah sisi kiri dan kanan dengan model sliding door, sedangkan Blind Van memiliki pintu tengah sisi kiri dengan model yang sama dan dinding samping yang ditutup dengan panel.

Keduanya didesain dengan bukaan pintu belakang swing ke atas yang lebih maksimal, sehingga memudahkan keluar masuk barang atau penumpang dan dapat memberikan perlindungan dari hujan saat memasukkan/mengeluarkan barang.

New Carry Minibus memiliki ruang kabin yang lega dan muatan hingga 10 orang dalam 4 baris dengan banyak pilihan konfigurasi kursi. Untuk meningkatkan kenyamanan, kursinya didesain modern, dilapisi kulit sintetis, dan dilengkapi charger conector untuk gawai/ponsel di setiap baris tempat duduk.

Lantai mobil didesain dengan model rata, dilengkapi plafon tertutup dan lampu interior di tengah, serta AC double blower. Hadir dengan varian AC P/S dan Non AC P/S, Suzuki New Carry Minibus menawarkan 3 pilihan warna, yakni putih (Superior White), perak (Silky Silver), dan hitam (Real Black).

Varian ini dibanderol dengan harga mulai Rp253 juta (varian terendah) hingga Rp268 juta untuk varian tertingginya..

Sedangkan New Carry Blind Van tampil dengan ruang kabin yang lega dan desain lantai yang rata guna memudahkan dalam menyusun dan memaksimalkan muatan barang. Bukaan pintu pun didesain lebih besar sehingga memudahkan akses keluar dan masuk barang muatan. Kendaraan ini pas untuk unit usaha pengantaran barang/kurir maupun ekspedisi.

Partisi atau pembatas antara ruang kabin dengan bagian belakang serta dinding samping, ditutup dengan panel agar dapat menjaga keamanan barang muatan. Model ini hadir hanya dengan warna putih (Superior White), Suzuki New Carry Blind Van ini juga menawarkan 2 varian yaitu AC P/S dan Non AC P/S. Suzuki Indonesia melego mobil ini mulai Rp221 juta hingga Rp228 juta.

''Tentunya konfigurasi dari kedua produk ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing konsumen. Kami harap kehadiran 2 varian New Carry ini dapat semakin membantu beragam bidang usaha yang membutuhkan kendaraan terpercaya untuk menjalankan usaha,” pungkas Donny.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini