6 Rasa Es Krim ‘’Nyeleneh’’ yang Indonesia Banget

6 Rasa Es Krim ‘’Nyeleneh’’ yang Indonesia Banget
info gambar utama

Buat Indonesia yang merupakan negara tropis, kudapan es krim pasti jadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Apalagi kalau makanan ini disantap saat kemarau tiba yang suhunya memang lebih panas dari biasanya.

Menilik dari sejarahnya, baik es krim maupun gelato ternyata sudah menjadi kudapan favorit sejak ribuan tahun lalu. Dipercaya keberadaan es krim ditemukan pada abad ke-7 di dataran China dengan bentuk awalnya berupa susu beku.

Berkat jalur perdagangan China (Jalur Sutera), pengetahuan soal membuat es krim ini akhirnya menyebar ke seluruh dunia dari Timur Tengh sampai ke daerah Eropa, serta sampai juga ke Indonesia. Sedangkan untuk gelato sendiri juga diperkirakan sudah ada sejak tahun 1500 dan dipercaya Italia yang pertama kali menciptakan gelato.

Baik es krim maupun gelato, makanan ini seperti tak pernah absen dari tren kuliner. Setiap tahun selalu ada saja inovasi rasa gelato yang membuat penasaran untuk dicicipi. Memang dasar orang Indonesia kreatif, ya. Berikut GNFI rangkum enam rasa es krim nyeleneh yang ternyata menggambarkan Indonesia banget.

Es Krim Kemangi

Dari warnanya, sekilas es krim atau gelato rasa kemangi ini pasti dikira memiliki rasa matcha khas Jepang. Saat dicicipi, sekilas juga sensasi rasa dedaunan memang akan dominan saat menjilat eskrim atau gelato ini. Namun setelah dua suap mencicipi, akan ada rasa khas kemangi yang langsung terasa seperti saat kita makan lalapan yang berbentuk mentah.

Dari beberapa yang sudah pernah mencoba, rasa es krim ini masih bisa untuk dinikmati. Apalagi jika kualitas gelato yang saat dikunya, tekstur gelato yang padat dan elastis, akan semakin menambah kenikmatan menikmati gelato kemangi ini.

Kawan GNFI bisa menemukan rasa es krim dan gelato kemangi ini di kedai Tempo Gelato Yogyakarta yang terkenal itu atau di kedai Locarasa yang ada di Bandung dan Jakarta.

Es Krim Bumbu Pecel

Es Krim Pecel
info gambar

Biasanya racikan bumbu dari kacang tanah, cabai, bawang, kencur, dan daun jeruk ini akan mantap jika disajikan bersama dengan aneka sayuran seperti bayam, kangkung, tauge, kol, hingga kembang turi yang direbus. Pecel memang merupakan makanan khas yang banyak ditemui di berbagai daerah. Dan selalu menjadi ciri khas makanan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Tapi apa jadinya jika bumbu pecel justru dijadikan bahan utama untuk membuat es krim?

Salah satu hotel bintang lima JW Marriott, Surabaya, pernah menyajikan varian es krim unik ini. Sekilas tidak ada yang terlalu aneh dengan bentuk es krimnya. Warnanya memang tidak coklat pekat seperti bumbu pecel aslinya. Tapi ketika dicium aromanya, aroma khas pecel akan terasa.

Es Krim Rendang

Kalau udah bicara rendang, sudah pasti ini adalah lauk nasi paling favorit kalau ke warung masakan Padang. Olahan daging sapi ini bahkan sudah mendunia setelah pernah dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia. Bumbu rendang yang meresap ke dalam daging, ditambah sensasi rasa tajam rempah, serta rasa pedas memang cocok disajikan dengan nasi hangat.

Salah satu kedai gelato di Sleman bernama Ademuy Gelato justru menyajikan makanan terenak di dunia ini ke dalam olahan gelato. Ya, rasa rendang yang kaya akan rempah itu dijadikan bahan utama untuk salah satu menu unik dalam kedainya.

Kawan GNFI ada yang sudah pernah coba?

Es Krim Kelepon

Siapa yang suka banget sama jajanan tradisional ini? Rasa gurih dari taburan kelapa dan sensasi gula merah lumer yang seolah meletus saat di gigit membuat klepon masih jadi makanan tradisional favorit. Biasanya makanan ini memang lebih banyak ditemukan dan dijajakan oleh penjual-penjual jajanan pasar.

Salah satu kedai gelato bernama Locarasa juga ternyata menyuguhkan klepon dalam bentuk gelato loh. Rasanya yang diklaim sangat mirip dengan klepon ini pasti akan memberikan sensasi berbeda dibandingkan dengan makan klepon dengan cara biasa.

Es Krim Nasi Uduk

Es krim yang satu ini sepertinya cocok untuk dijadikan sarapan. Sama halnya dengan bahan utama es krim ini, yaitu nasi uduk. Atau kalau Kawan GNFI yang bosan makan nasi uduk dengan cara biasa, mungkin bisa mencobanya dengan rasa serupa namun dengan olahan berbeda.

Salah satu kedai yang pernah menyajikan eskrim unik ini adalah Eskimomo yang berada di pusat perbelanjaan di Jakarta. Untuk membuat agar rasa es krimnya mirip dengan nasi uduk, es krim ini dibuat lengkap dengan cookies melinjo, teri karamelisasi, puding santan, es krim kecap asin, serta selai cabai. Tidak lupa keripik emping yang menjadi garnish dan penyempurna sajian es krim nasi uduk ini.

Es Krim Tempe

Yang satu ini dari bahan dasarnya saja sudah Indonesia banget, ya. Salah satu makanan yang kaya akan protein dan terbuat dari kedelai ini memang jadi salah satu lauk pendamping nasi yang sehat. Tak jarang dari mereka yang sedang menjalani diet, kerap mengkonsumsi tempe untuk memenuhi kebutuhan proteinnya.

Salah satu kedai gelato bernama Gelato Secrets yang ada di Jakarta dan Bali ternyata mengolah makanan khas Indonesia ini ke dalam bentuk gelato. Tempe yang digunakan pun bukan tempe biasa, melainkan tempe organik sehingga menambah kesan istimewa dan unik dari gelato ini. Bagaimana ya rasanya?

Itulah beberapa rasa es krim yang memang agak nyeleneh tapi ternyata punya penggemarnya sendiri. Meski begitu, es krim atau gelato di atas memang memperlihatkan kekayaan berbagai jenis makanan khas Indonesia dengan sajian yang berbeda. Di daerah Kawan GNFI ada rasa es krim dan gelato apa lagi yang nyeleneh?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dini Nurhadi Yasyi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dini Nurhadi Yasyi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini