Inilah 10 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Indonesia 2020

Inilah 10 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Indonesia 2020
info gambar utama

Kawan GNFi, nampaknya pembangunan gedung pencakar langit saat ini sudah menjadi tren global. Selain difungsikan sebagai tempat perkantoran, hotel, atau sarana lainnya, bangunan tinggi juga bisa menjadi landmark.

Berdasarkan data The Skyscrapper Center, sejauh ini (2020) Indonesia memiliki 103 gedung pencakar langit dengan ketinggian lebih dari 150 meter.

Bangunan tersebut tersebar di beberapa kota metropolitan Indonesia, terutama Jakarta.

10 gedung tertinggi di Indonesia 2020
info gambar

Berikut 10 gedung penckar langit tertinggi di Indonesia yang sudah berhasil di bangun dan digunakan untuk umum.

1. Gama Tower (285,5 meter)

Gama Tower
info gambar

Gedung yang dikenal dengan nama Cemindo Tower atau Menara Rasuna ini memiliki tinggi 285,5 meter dan terdiri dari 64 lantai.

Gedung ini digunakan sebagai hotel dan perkantoran. Hotel yang berada di lantai atas gedung ini adalah The Westin sehingga membuatnya menjadi hotel tertinggi di Indonesia.

Gedung tertinggi di Indonesia ini sudah bersertifikat Greenship Gold, yaitu sertifikasi bangunan hijau. Menjadi nomor satu tertinggi di Indonesia, Gama Tower ternyata menempati peringkat 93 di benua Asia dan peringkat 162 dunia.

2. Treasury Tower (279,5 meter)

Treasury Tower merupakan gedung tertinggi di Indonesia selanjutnya yang berada di Sudirman Central Business District (SCBD) tepatnya di Lot 8.

Gedung ini satu kawasan dengan enam apartemen, tiga gedung perkantoran, dan satu hotel. Gedung ini memiliki 57 lantai yang berfungsi sebagai perkantoran.

Selain tinggi, gedung ini juga memiliki lift double decker pertama di Indonesia yang memungkinkan dua car (lift) yang berada pada satu hoistway (kabel) bekerja bersamaan. Dengan begitu, kapasitas mengangkutnya bertambah dua kali lipat dan lebih efisien.

Baca juga: Jakarta Masuk 10 Besar Negara Pemilik Gedung Tinggi Terbanyak di Dunia

3. Wisma 46 (261,9 meter)

Wisma BNI 46
info gambar

Menjulang setinggi 261,9 meter, Wisma 46 memiliki 46 lantai. PT Swadharma Primautama menyelesaikan pembangunan konstruksi tersebut pada 1996.

Wisma 46 beroperasi sebagai kantor dan berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Kavling 1. Saat ini, gedung yang dikenal dengan nama BNI City Tower ini berada di peringkat 266 di dunia dan 152 di Asia.

4. Astra Tower (261,5 meter)

Astra Tower
info gambar

Posisi keempat diisi oleh Menara Astra baru. Berfungsi sebagai perkantoran, pembangunan gedung ini baru saja selesai pada tahun 2018.

Gedung yang dimiliki PT Astra International Tbk. ini berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman.

Dengan ketinggian 261,5 meter, Menara Astra menduduki posisi 156 tertinggi di Asia.

Baca juga: Indonesia Menjadi Salah satu Negara Pemilik Gedung Pencakar Langit Terbanyak di Dunia

5. Sahid Sudirman Center (258 meter)

Sahid Sudirman Center
info gambar

Gedung ini pertama kali dibangun pada 2012 dan selesai pada 2015. KSO Sahid Megatama Karya Gemilang mengoperasikan gedung ini sebagai perkantoran. Seperti namanya, pencakar langit ini berlokasi di Jalan Sudirman.

Dengan 59 lantai dan tinggi 258 meter, Sahid Sudirman Center menempati posisi 170 untuk gedung tertinggi di Asia.

6. Hotel Raffles (257 meter)

Hotel Raffles
info gambar

Hotel Raffles atau yang juga dikenal sebagai Ciputra World Hotel Tower ini berada di segitiga emas Kuningan dan menjadi salah satu bangunan tertinggi di Indonesia.

Memiliki tinggi 257 meter dan 52 lantai di atas tanah serta 3 lantai basement. Hotel yang selesai dibangun pada tahun 2015 ini sangat dekat dengan Mall Lotte World sehingga kamu tak perlu pergi jauh untuk mendapatkan hiburan.

7. Millenium Centennial Center (254 meter)

Millennium Centennial Center atau yang juga dikenal sebagai Millenium Office Tower adalah gedung perkantoran yang berada di Sudirman.

Gedung ini memiliki 53 lantai di atas tanah dan 6 lantai basement dengan kapasitas parkir 750 kendaraan sehingga menjadikannya salah satu bangunan gedung tertinggi di Indonesia.

Baca juga: Indonesia Menjadi Salah satu Negara Pemilik Gedung Pencakar Langit Terbanyak di Dunia

8. The Pakubuwono Signature (252 meter)

The Pakubuwono
info gambar

The Pakubuwono Signature pertama kali dibangun pada tahun 2011. Gedung paling tinggi di Indonesai selanjutnya ini berlokasi di kawasan premium Jakarta Selatan ini memiliki ketinggian 252 meter dengan 50 lantai.

Saat ini, Pakubuwono Signature adalah salah satu gedung residential tertinggi di Indonesia.

Gedung tinggi ini lebih dikenal dengan nama Apartemen Pakubuwono dan memiliki 5 bangunan pencakar langit di dalam kawasannya: Eaglewood, Cottonwood, Sandalwood, Ironwood, dan Basswood. Total residential yang ada di Pakubuwono Signature berjumlah 639 unit.

9. Sinarmas MSIG Tower (245 meter)

Gedung pencakar langit yang juga dikenal sebagai Chase Tower ini adalah headquarter dari perusahaan asuransi Sinarmas MSIG.

Gedung tertinggi di Indonesia selanjutnya ini berdiri sejak tahun 2015 dengan ketinggian 245 meter dan terdiri dari 48 lantai. Gedung ini berfungsi sebagai perkantoran dan dekat dengan Stasiun MRT Setiabudi yang dapat dicapai dengan berjalan kaki.

10. World Capital Tower (244 meter)

World Capital Tower
info gambar

World Capital Tower berada di pusat kawasan bisnis Kuningan dan memiliki luas bangunan 57.000 m2. Gedung perkantoran ini memiliki ketinggian 244 meter dan terdiri dari 54 lantai. Kuningan City, Mal Ambassador, dan ITC Kuningan hanya bisa dicapai hanya dengan berjalan kaki.

Di gedung ini terdapat 25 lift yang dibagi menjadi empat zona: Low Zone, Mid Low Zone, Mid High Zone dan High Zone, serta lift layanan khusus dan lift eksekutif.

Fasilitas lain yang terdapat di gedung antara lain 800 tempat parkir, ATM, foodcourt dan juga bank.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini