Nafas Panjang Yamaha Indonesia Jelang Akhir Tahun

Nafas Panjang Yamaha Indonesia Jelang Akhir Tahun
info gambar utama

Kawan GNFI, akhir tahun 2020 ditutup PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (PT YIMM) dengan nafas panjang melalui rangkaian produk. Setelah sebelumnya melakukan peluncuran All New Aerox 155 Connected, dilanjutkan All New NMax 155 Connected Standard Upgrade beberapa bulan lalu.

Rentetan peluncuran itu diteruskan pada Selasa (25/11/2020), melalui peluncuran virtual produk penutup akhir tahun melalui skuter matik (skutik) Yamaha GEAR 125. Yamaha Indonesia mengklaim bahwa motor ini sangat cocok untuk anak muda dengan gaya hidup aktif (active lifestyle) yang ingin tampil beda.

''Yamaha berkomitmen untuk tetap terhubung dengan konsumen kami. Kami sangat senang dapat mempersembahkan 3 model terbaru kami di penghujung tahun ini, jika sebelumnya ada All New Aerox 155 Connected, All New Nmax 155 Connected Standard Upgrade, dan kini produk konsep terbaru kami Yamaha GEAR 125,'' kata Minoru Morimoto, selaku Presiden Direktur dan CEO PT YIMM.

''...Melalui konsep produk terbaru Yamaha GEAR 125, kami ingin Anda semua GEAR UP pada keseharian Anda dengan #NaikYamahaAja. GEAR sebagai tools yang bisa menjadi partner handal dalam mendukung aktivitas sehari-hari, dengan kelengkapan fitur, desain, dan teknologi baru yang menunjang gaya hidup aktif.''

Dominasi Yamaha di segmen skutik 125

Yamaha yang mengklaim telah mendominasi pasar motor skutik kelas 125 cc, menghadirkan Yamaha GEAR 125 untuk melengkapi varian produk Yamaha Blue Core 125 cc. Sejatinya, Yamaha GEAR 125 mengusung konsep “Matic Multiguna” dengan desain baru yang tangguh dan mengutamakan fungsionalitas untuk pengendaranya.

Soal namanya sendiri, GEAR secara definisi dapat diartikan sebagai tools atau alat, yang bermakna sebagai alat transportasi andalan yang bisa menjadi partner handal dalam mendukung aktivitas sehari-hari, dengan kelengkapan fitur, desain dan teknologi baru yang menunjang gaya hidup aktif.

3 Konsep Yamaha GEAR 125

Yamaha menyebut, produk skutik GEAR 125 hadir dengan tiga konsep dasar, yakni sebagai berikut:

Yang pertama adalah ''Generasi desain baru'', melalui tampilan baru yang tangguh dan sporty. Dibalut dengan aksen pelindung (side protector) serta desain lampu LED yang membuat tampilan semakin tangguh dan sporty.

Lalu yang kedua adalah ''Atur sendiri bawaanmu'', melalui rak depan berkapasitas besar yang adjustable dengan tambahan gantungan barang ganda (double hook) yang dapat membuat pengguna bebas mengatur kapasitas rak depan sesuai kebutuhan, terutama saat membawa banyak barang.

Lain itu, dengan inovasi pijakan kaki (foot peg) yang fleksibel membuat posisi kaki pengendara lebih nyaman dan leluasa saat berkendara, bahkan ketika membawa banyak muatan.

Dan yang terakhir, atau yang ketiga adalah ''Rasakan gaya hidup aktif'', melalui ragam teknologi yang disematkan. Selain performa mesin Blue Core 125 cc yang membuat motor mampu melibas beragam kondisi jalanan, semisal jalanan menanjak, Yamaha juga mengklaimmesin ini lebih irit dan kuat.

Tentunya, motor ini juga didukung oleh fitur-fitur kekinian yang dibutuhkan para pengendara. Beberapa di antaranya adalah:

  • Teknologi Smart Motor Generator (SMG), yang membuat suara starter halus saat motor dinyalakan,
  • Teknologi Stop Start System (SSS), untuk memberikan performa berkendara yang bertenaga dan tetap irit.
  • Charger gawai/ponsel, melalui Electric Power Socket yang saat ini menjadi fitur vital pendukung para pengendara.
  • Fitur Answer Back System, yang merupakan fitur untuk menemukan motor saat di parkiran.
  • Lampu depan LED dan lampu hazard, guna memberikan pencahayaan lebih optimal.

Banderol dan ketersediaan

Soal harganya, motor ini dibanderol mulai dari Rp16,7 juta hingga Rp 17,3 juta on-the road Jakarta (OTR Jakarta), dan tersedia dalam dua varian, yakni S-Version dan Standard Version.

Untuk tipe S-Version yang merupakan varian paling mahal, hadir dalam dua pilihan warna, yakni perak (Prestige Silver) dan merah dof (Matte Red). Sedangkan tipe standard hadir dalam lima pilihan warna, yakni perak (Matte Silver), abu-abu (Metallic Grey), merah (Metallic Red), putih (Metallic White), dan hijau dof (Matte Greenish).

Yamaha menyebut bahwa motor ini sudah hadir di gerai-gerai Yamaha di seluruh Indonesia jelang akhir tahun ini, yang bisa dicek langsung oleh pelanggan melalui aplikasi Yamaha (Yamaha App). Sekali lagi, ini menjadi kabar baik bahwa manufaktur otomotif di Indonesia sudah cenderung membaik meski pandemi masih berlangsung.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini